Harus Ke Luar Negeri di Tengah Pandemi Corona? Ini 5 Cara Agar Aman

News-travel | Jumat, 10 April 2020 13:10

Reporter : Arini Saadah

Memutuskan perjalanan jauh di tengah pandemi, inilah cara tetap aman dalam perjalanan disaat pandemi COVID-19 yang perlu kamu perhatikan.

Dream – Semua orang saat ini sedang dalam masa sulit. Wabah yang belum diketahui kapan berakhirnya, membuat orang-orang sulit mengatur jadwal, termasuk rencana perjalanan ke luar negeri sekalipun.

Tetapi, sebenarnya kamu tidak perlu takut untuk melanjutkan perjalanan. Khususnya bagi kaum muda, karena kamu pasti bisa melawan virus mematikan itu.

Meski banyak orang yang menghkhawatirkan sebuah perjalanan, bukan takut tertular virus, tapi khawatir menularkannya kepada orang tua yang lanjut usia.

Tahu sendiri kan, usia lanjut menjadi masa yang paling rentan terinfeksi virus corona. Nah, jika kamu adalah salah satu yang terpaksa melakukan perjalanan jauh, ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan supaya kamu tetap aman dan terhindar dari virus.

Dilansir dari AsiaOne, inilah cara tetap aman dalam perjalanan disaat pandemi Covid-19:

Harus Ke Luar Negeri di Tengah Pandemi Corona? Ini 5 Cara Agar Aman
Ilustrasi (foto: Pixabay.com)
2 dari 6 halaman

Ketahui Aturan di Negara Tujuan Selama Pandemi Virus Corona

Sebelum kamu melakukan perjalanan ke luar negeri, alangkah baiknya kamu cek dulu seperti apa aturan di negara tujuanmu.

Ada tiga jenis aturan pembatasan, pertama adalah larangan selimut. Artinya negara itu benar-benar menolak warga asing memasuki negaranya.

Kedua, aturan masuk. Beberapa negara membolehkan warga asing masuk dengan syarat mengikuti karantina selama 14 hari di saat tiba disana. Itu pun juga harus melalui pemeriksaan medis sebelumnya hingga dinyatakan negatif.

Aturan pembatasan di setiap negara berbeda-beda dan terus di-update kapanpun. Jika kamu tidak ingin terlantar selama perjalanan, maka sebaiknya pahami hal itu dulu sebelum pergi.

3 dari 6 halaman

Gunakan Asuransi Perjalanan yang Fleksibel

Jika kamu telah memutuskan untuk tetap pergi, maka lebih baik gunakan asuransi perjalanan dengan kebijakan fleksibel. Karena di saat kondisi wabah seperti ini, penerbanganmu bisa saja dibatalkan kapan saja, bahkan beberapa saat sebelum keberangkatan.

Maka dari itu kamu perlu membeli asuransi perjalanan untuk mengurangi kerugian kantongmu. Karena kamu akan mendapatkan refund dari pembatalan itu.

4 dari 6 halaman

Siapkan Selalu Hand Sanitizer

Ketika biasanya tak pernah membawa hand sanitizer ketika bepergian, maka sudah seharusnya untuk saat ini kamu perlu membawanya ke mana-mana. Karena kamu perlu sering mencuci tanganmu selepas memegang permukaan benda apapun.

Permukaan benda umum menjadi sarang penyebaran virus corona. Maka jangan menyentuh wajahmu jika kamu belum mencuci tangan.

Siapkan selalu hand sanitizer di tasmu. Selain itu juga jangan lupa untuk menggunakan masker selama perjalanan. Selain itu terapkan jaga jarak, jangan ngobrol dengan orang asing termasuk resepsionis sekalipun dalam jarak kurang dari satu meter.

5 dari 6 halaman

Ketahui Cara Minta Bantuan Konsuler Luar Negri

Seringkali, masyarakat negara tujuan akan bertindak diskriminatif. Karena di saat sulit seperti ini, mereka juga takut orang pendatang seperti kamu akan menularkan virus ke meraka.

Memang bukan waktu yang mudah untuk adaptasi di tempat baru. Maka dari itu, kamu perlu mendaftar secara administratif ke konsulat negaramu.

Hal ini memungkinkan pemerintah untuk menghubungi dan membantumu jika kamu dalam keadaan darurat di luar negeri.

6 dari 6 halaman

Jika Ragu, Batalkan Perjalananmu

Baiklah, cara-cara supaya tetap aman dalam perjalanan selama pandemi Covid-19 sudah kami ulas di atas. Nah, jika kamu ragu dan takut melakukan perjalanan, maka lebih baik batalkan saja.

Cobalah untuk menerima kondisi pandemi ini dengan pikiran positif. Mungkin ini adalah saatnya kamu lebih mengenal negaramu sendiri, mengenal daerah tempat tinggalmu sendiri.

Mungkin kamu salah satu dari mereka yang sudah lama tidak melakukan perjalanan domestik. Wisata lokal sudah kamu lupakan, padahal disana menyimpan eksotisme dan sejarah masing-masing. Meskipun juga disaat wabah ini banyak tempat wisata lokal pun juga tidak beroperasi.

Untuk saat ini, apakah kamu harus pergi atau tidak, semua keputusan adalah dikembalikan kepada masing-masing. Karena tidak ada jawaban yang paling benar, ulasan di atas adalah rekomendasi buat kamu yang memang terpaksa ingin melakukan perjalanan internasional.

Join Dream.co.id