Tips Tetap Aman Menginap di Hotel Selama Pandemi

News-travel | Rabu, 24 Juni 2020 13:10
Tips Tetap Aman Menginap di Hotel Selama Pandemi

Reporter : Arini Saadah

Virus corona masih menyebar, tentunya risiko tertular cukup tinggi. Nah, ikuti tips agar tetap aman dan sehat selama menginap di hotel.

Dream – Setelah diharuskan berada di rumah selama tiga bulan, sekarang masyarakat boleh keluar selama masa new normal. Banyak negara yang mulai memberlakukan pelonggaran pembatasan keluar rumah.

New normal membuat banyak tempat publik kembali dibuka. Transportasi umum pun secara bertahap sudah mulai beroperasi.

Masyarakat juga mulai terlihat bepergian ke luar kota untuk kepentingan mendesak. Tetapi jika harus pergi ke luar kota dan terpaksa menginap di hotel, apakah hal ini tidak mengkhawatirkan?

Ingin tetap aman tinggal di hotel saat ke luar kota selama pandemi? Mengutip Times of India, kali ini Dream akan memberikan tips yang harus dilakukan supaya tetap aman menginap di hotel selama pandemi Covid-19 belum hilang dari muka bumi.

2 dari 4 halaman

Seberapa Amankah Tinggal di Hotel?

Hotel menjadi tempat istirahat bagi orang yang datang dari luar kota untuk suatu keperluan. Dalam kondisi seperti ini, kemungkinan penyebaran virus menjadi berisiko tinggi.

Seperti diketahui, virus corona Covid-19 menyebar melalui sentuhan dan tetesan pernapasan dari orang yang terinfeksi. Oleh sebab itu menjaga jarak minimal satu meter sangat dianjurkan.

Jika berniat menginap di hotel, usahakan menjaga jarak saat menunggu di lobi atau tempat makan.

Kamar hotel telah digunakan banyak orang, tidak hanya kamu saja. Kamu juga tidak mengetahui siapa orang yang sebelumnya menggunakan kamarmu.

Status orang yang menggunakan kamarmu itu juga tidak diketahui apakah mereka terinfeksi virus ataukah tidak.

3 dari 4 halaman

Selalu Jaga Kebersihan Tangan

Sesuai dengan saran dari Pusat Pengendalian Penyakit (CDC), kamu harus tetap tinggal di rumah supaya tetap aman. Tetapi jika terpaksa harus keluar, maka keselamatan dan keamananmu berada di tanganmu.

Usahakan menjaga kebersihan tanganmu dan hindari menyentuh benda-benda selama bepergian.

Memang, manajemen hotel akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menjaga kebersihan area dan memastikan keamanan pelanggannya. Namun kamu perlu memerhatikan hal-hal untuk menjaga keselamatan secara mandiri.

Inilah tips menginap di hotel selama masa pandemi:

Pertama, selalu menggunakan masker dan selalu mencuci tangan setelah menyentuh permukaan benda atau sebelum makan.

Kedua, sebaiknya bawa disinfektan sendiri, sehingga saat memasuki kamar hotel kamu bisa membersihkan area yang sering disentuh dengan cepat, seperti gagang pintu dan meja.

4 dari 4 halaman

Berhati-Hati Menyentuh Permukaan Di Luar Kamar

Ketiga, berhati-hatilah sebelum menyentuh apa pun di luar kamar hotel seperti tombol lift. Bersihkan tangan kamu setelah memencet tombol lift dan hindari menyentuh wajah, mulut, dan hidung dengan tangan yang kotor.

Keempat, selain itu hal di atas, dari pada makan di restoran, lebih baik makan makanan di kamar hotel saja. Ini lebih baik untuk menghindari kerumunan dan kontak dengan orang lain di luar kamar hotel.

Kelima, penting juga untuk mengamati staff hotel yang sedang membersihkan area hotel. Dari ini kamu bisa melihat seberapa serius manajemen hotel menerapkan protokol kesehatan selama masa pandemi.

Itulah beberapa tips tetap aman menginap di hotel selama pandemi. Daripada mencoba hotel baru ketika bepergian ke luar kota, sebaiknya gunakan hotel yang sudah kamu ketahui tingkat kebersihannya dalam menerapkan protokol kesehatan selama masa pandemi belum usai. Stay safe, Guys!

(Beq)

Join Dream.co.id