Tips Aman Persiapkan Rencana Perjalanan di Tengah Pandemi Covid-19

News-travel | Jumat, 11 Desember 2020 11:10

Reporter : Ulyaeni Maulida

Sangat penting untuk mempersiapkan rencana cadangan karena banyak peraturan baru yang telah diterapkan.

Dream - Seiring perkembangan teknologi, mempersiapkan rencana perjalanan terasa lebih mudah. Seakan liburan impian dapat dilakukan hanya dengan ketukan jari.

Di sisi lain, teknologi membuat proses yang dilakukan juga menjadi lebih kompleks. Karena terdapat banyak pilihan yang harus dipertimbangkan. Seperti situs apa yang harus digunakan hingga bagaimana metode pemesanan terbaik.

Hal yang paling utama adalah upaya penghematan baik dari sisi waktu dan biaya. Terlebih setelah adanya pandemi Covid-19, perjalanan terasa lebih rumit karena tingkat kecemasan yang terus menghantui.

Sehingga tak sedikit yang menggunakan bantuan dari penasihat perjalanan dalam hal menggabungkan teknologi dan kenyamanan dalam pemesanan secara online.

Berikut tips untuk mendapatkan rasa aman dan nyaman saat akan melakukan perjalanan.

Tips Aman Persiapkan Rencana Perjalanan di Tengah Pandemi Covid-19
Ilustrasi (Foto: Freepik)
2 dari 4 halaman

Memesan tiket dari orang terpercaya

Tidak semua travel advisor memiliki kemampuan untuk memesan tiket pesawat. Terlebih penerbangan menjadi salah satu bagian rumit dalam sebuah perjalanan.

Sehingga penting untuk menyerahkan urusan pemesanan tiket pada orang yang mengetahui penerbangan apa yang paling nyaman hingga maskapai apa yang harus digunakan.

Gunakan satu agen travel

 Ilustrasi© Freepik

Untuk mempermudah koordinasi, sebaiknya gunakan satu agen travel yang sama. Terlebih banyak hal yang berubah semenjak adanya pandemi covid-19.

Peraturan dari berbagai negara harus diketahui dengan jelas. Sehingga dapat dilakukan persiapan lebih dini.

Semuanya akan lebih mudah dilakukan bila dikoordinasikan oleh pihak yang sama.

3 dari 4 halaman

Persiapkan rencana cadangan

Dengan adanya peraturan baru di setiap negara, sangat penting untuk mempersiapkan rencana cadangan.

Agar jika terjadi perubahan perjalanan, maka dapat diganti dengan rencana cadangan yang juga telah dipersiapkan sebelumnya.

Selalu bersikap positif

 Dolan© Freepik

Banyak kendala yang mungkin saja terjadi selama proses perjalanan. Seperti tempat-tempat yang ingin dikunjungi harus tutup sementara akibat pandemi Covid-19.

Hal ini tentu saja dapat berpengaruh pada suasana hati. Sehingga penting untuk selalu bersikap positif dalam setiap kondisi.

© Dream
4 dari 4 halaman

Tetap perhatikan kesehatan dan keselamatan

Kesehatan tetaplah yang terpenting dalam melakukan perjalanan. Kamu dapat menggunakan asuransi perjalanan dan asuransi evakuasi medis.

Beberapa negara bahkan mewajibkan pengunjung untuk memiliki asuransi. Tidak semua kebijakan menyertakan perlindungan dari Covid-19, jadi yang terbaik adalah mendapatkan perlindungan yang dapat mencakup semua aspek.

Persiapkan kontak yang harus dihubungi

 Dolan© Freepik

Sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya persiapkan siapa saja yang dapat dihubungi bila terjadi sesuatu yang mendesak. Baik nomor telepon atau pun email yang dapat digunakan.

Hal ini penting karena peraturan baru yang mulai diterapkan dari berbagai negara. 

(Beq, Sumber: travelandleisure.com)

Join Dream.co.id