Hore, Eropa Sudah Izinkan Kedatangan Traveler Sudah Divaksinasi

News-travel | Senin, 17 Mei 2021 20:36
Hore, Eropa Sudah Izinkan Kedatangan Traveler Sudah Divaksinasi

Reporter : Ahmad Baiquni

Ada beberapa informasi yang perlu kamu ketahui sebelum jalan-jalan ke Eropa di tengah pandemi.

Dream - Wisatawan yang sudah divaksinasi dari seluruh dunia dapat mengunjungi negara-negara di Uni Eropa (UE) pada musim panas ini. Sebelumnya, sejumlah negara anggota UE membatasi perjalanan yang dinilai tidak perlu untuk menekan penyebaran Covid-19.

Kini, Komisi Eropa cabang eksekutif UE telah mengajukan proposal untuk mengurangi pembatasan perjalanan yang tidak penting. Aturan ini tidak hanya berlaku untuk semua orang yang datang dari negara dengan situasi pandemi yang baik.

Semua orang yang telah menerima suntikan vaksin dosis terakhir yang direkomendasikan akan bisa jalan-jalan di UE. Sehingga pariwisata bisa kembali pulih.

Soal pemberlakukan aturan ini tidak ada jadwal pasti yang diberikan oleh masing-masing negara. Karena proposal harus dibahas oleh duta besar dari 27 negara anggota UE yang akan menerapkan rekomendasi baru.

Tetapi, pengumuman terbaru datang setelah Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen, mengatakan dalam wawancara 25 April dengan The New York Times, wisatawan AS yang sudah divaksinasi diharapkan diizinkan melakukan perjalanan ke Eropa pada musim panas.

Beberapa negara Eropa yang bukan anggota UE, seperti Islandia, sudah mengizinkan wisatawan yang divaksinasi.

 

2 dari 3 halaman

Vaksin Harus Disetujui European Medicines Agency

Penting untuk diperhatikan, vaksin yang diterima harus telah disetujui oleh European Medicines Agency. Vaksin yang sudah mendapat persetujuan mencakup vaksin Moderna, Pfizer/BioNTech dan Johnson & Johnson.

Persetujuan ini berpotensi dapat diperluas ke vaksin yang disetujui oleh proses daftar penggunaan darurat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Soal perlu tidaknya paspor vaksin, belum diklarifikasi. Wisatawan diharapkan menguatkan vaksinasi dengan dokumentasi yang kompatibel dengan Sertifikat Hijau Digital yang diusulkan UE yang diperkirakan dapat digunakan pada bulan Juni.

Selain itu, Presiden Prancis, Emmanuel Macron, mengungkapkan Pemerintahnya dan Gedung Putih sedang menyelesaikan diskusi teknis seputar pemberian " izin khusus" . Izin ini untuk memungkinkan warga AS masuk sebagai bagian dari pembukaan kembali pariwisata yang lebih luas.

Karena munculnya kekhawatiran varian Covid-19, Komisi mengusulkan mekanisme 'rem darurat' baru untuk membatasi risiko varian tersebut memasuki UE. Ini akan memungkinkan negara-negara anggota untuk bertindak cepat untuk mencegah para wisatawan dari negara-negara di mana varian kekhawatiran menyebar masuk, termasuk mereka yang divaksinasi.

 

3 dari 3 halaman

Eropa Masih Bergejolak

Situasi pandemi di Eropa masih bergejolak di beberapa tempat akibat gelombang ketiga Covid-19 selama sebulan terakhir. Karena jumlah kasus terus meningkat di beberapa daerah, pembatasan tetap diberlakukan.

Prancis telah menerapkan jam malam lain misalnya, peluncuran vaksin tidak berjalan secepat yang diharapkan, sebagian karena komplikasi yang dilaporkan di sekitar vaksin tertentu, tetapi situasi ini diharapkan akan membaik karena lebih banyak vaksin tersedia dalam beberapa bulan mendatang.

Meskipun ada lebih sedikit penerbangan yang tersedia dibandingkan dengan jadwal sebelum pandemi, ada sejumlah maskapai masih terbang ke Eropa dari banyak negara. Mengingat negara-negara yang sekarang mengizinkan wisatawan AS untuk masuk dengan bukti vaksinasi atau tes PCR, United Airlines telah menambahkan penerbangan baru ke Kroasia, Islandia, dan Yunani.

Delta juga meluncurkan penerbangan langsung antara Boston dan Islandia. Karena peraturan dan batasan sering diperbarui, dianjurkan menghubungi kedutaan terkait untuk negara mana pun yang ingin kamu kunjungi untuk mendapatkan informasi perjalanan terbaru, dikutip dari Lonely Planet.

Join Dream.co.id