Fosse Dionne, Mata Air Aktif Yang Sumbernya Misterius Selama Berabad-abad

News-travel | Minggu, 14 November 2021 17:27

Reporter : Ahmad Baiquni

Tak ada yang tahu dari mana asal air di tempat ini.

Dream - Keberadaan Fosse Dionne, sebuah mata air di wilayah Burgundy, Prancis, menjadi daya tarik selama ratusan tahun. Namun, selama itu pula, misteri mengenai sumber air di sumur itu tak juga terpecahkan.

Fosse Dionne memiliki sumur yang tampak dangkal. Tetapi, hingga saat ini tidak ada satupun orang yang mampu mencapai dasarnya.

Fosse Dionne adalah sumber air di sekitar kota Tonnerre. Sepanjang yang bisa diingat, ia telah memuntahkan air dalam jumlah besar, dengan debit mencapai 311 liter per detik secara teratur dan meningkat menjadi 3.000 liter per detik saat hujan.

Bangsa Romawi menggunakannya untuk air minum, bangsa Celtic menganggapnya suci, dan Prancis menggunakannya sebagai pemandian umum selama 1700-an. Tetapi tidak ada yang pernah dapat menemukan sumbernya.

Banyak yang telah mencoba bahkan ada yang sampai meninggal, tetapi sumber Fosse Dionne tetap menjadi misteri. Sekitar abad ke-18 orang-orang yang memandang ke dalam kolam Fosse Dionne yang tampaknya tak berdasar mulai bertanya-tanya ke mana arahnya.

 

Fosse Dionne, Mata Air Aktif Yang Sumbernya Misterius Selama Berabad-abad
Fosse Dionne (Oddity Central)
2 dari 2 halaman

Klaim Klenik

Beberapa mengklaim itu adalah portal ke dunia lain. Sementara yang lain yakin bagian bawahnya adalah rumah ular raksasa.

Puluhan tahun yang lalu misteri Fosse Dionne hanya menjadi lebih menarik. Pada tahun 1974, dua penyelam profesional turun ke lorong sempit bebatuan kapur.

Alih-alih menemukan sumber mata air, mereka menemukan ujungnya, tidak mampu menavigasi jurang yang meruncing dengan benar. Kemudian, pada tahun 1996, kota Tonnerre menyewa penyelam lain untuk mencapai dasar, tetapi dia juga meninggal.

Sampai hari ini, tidak ada yang bisa mencapai sumber Fosse Dionne. Tahun lalu, walikota Tonnerre menyewa penyelam profesional Pierre-Éric Deseigne untuk akhirnya memecahkan misteri tersebut.

Dia turun lebih dari 70 meter di bawah tanah, menjelajah lebih dari 370 meter dari pintu masuk rongga, tetapi tidak dapat mencapai sumbernya.

Tidak dapat disangkal air mata air karst muncul dari jaringan gua kapur bawah tanah. Tetapi dalam kasus ini tidak ada yang dapat menemukan sumbernya, dan dengan kisah tiga penyelam yang meninggal saat mencoba melakukan hal ini, tidak mengherankan jika para penyelam tidak benar-benar mengantre untuk mencoba menyelam, dikutip dari Oddity Central.

Join Dream.co.id