Fakta Tersembunyi di Balik Kincir Air Kuno Ikon Hama Suriah

News-travel | Kamis, 22 Juni 2017 13:23
{IMAGE_NORMAL}

Reporter : Puri Yuanita

Beberapa Norias yang digunakan di dunia Islam abad pertengahan berukuran besar dengan diameter 20 meter dan bisa mengangkat sebanyak 2.500 liter air per menit.

Dream - The Norias adalah salah satu ikon terkenal dari kota kuno Hama, Suriah. The Norias merupakan tujuh belas kincir air bersejarah yang terletak di sepanjang Sungai Orontes yang berasal dari era Bizantium, meskipun penduduk setempat mengklaim bahwa usianya lebih tua dari itu.

" Roda air" , yang disebut Noria ini adalah bagian dari sistem irigasi yang sekarang tidak lagi berfungsi. Noria dirancang untuk mengangkat air dari sungai dan memindahkannya melalui saluran air ke ladang pertanian dan rumah-rumah penduduk.

 norias
© dream

Roda itu digerakkan oleh arus sungai yang mengalir. Saat roda bergerak, ember kayu diletakkan di pinggiran roda untuk menampung air yang keluar dari sungai dan memindahkannya ke saluran air. Gravitasi kemudian membawa air di sepanjang saluran air hingga ke tempat tujuannya di berbagai belahan kota.

Sulit untuk mengatakan kapan dan dimana Noria pertama muncul. Tulisan kuno Marcus Vitruvius Pollio, seorang insinyur militer Romawi, mengemukakan bahwa kincir air itu mungkin telah ditemukan oleh orang Romawi pada abad ke-1 SM.

 norias
© dream

Sumber lain menyebutkan bahwa Norias dikembangkan di India pada abad ke-5 atau ke-4 SM, setelah itu teknologi tersebut menyebar ke barat dan China. Kemungkinan lainnya, Norias berasal dari Yunani sekitar akhir abad ke-3 atau awal abad ke-2 SM, seperti yang tertulis dalam manuskrip kuno.

Namun bagaimanapun sejarahnya, Norias akhirnya diadopsi oleh para insinyur Muslim dan kemudian dikembangkan dengan melakukan perbaikan-perbaikan pada perangkat. Misalnya penambahan mekanisme roda gila yang digunakan untuk memperlancar pengiriman daya.

 norias
© dream

Norias kemudian menjadi semakin populer di seluruh Timur Tengah. Beberapa Norias yang digunakan di dunia Islam abad pertengahan berukuran besar dengan diameter 20 meter dan bisa mengangkat sebanyak 2.500 liter air per menit. Norias di Hama adalah contoh teknologi abad pertengahan yang paling banyak bertahan.

Sebenarnya ada lebih dari 30 puluh Norias di Hama, tapi hanya 17 roda air asli yang bertahan sampai abad ke-21. Mereka masih dalam kondisi kerja yang baik, meski air dari roda ini sudah tidak digunakan lagi.

 norias
© dream

(Sumber: amusingplanet.com)

{IMAGE_PAGING}
Join Dream.co.id