Destinasi Wisata Buka Saat Larangan Mudik, Sandiaga: Wajib CHSE

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno
NEWS  |  28 April 2021 11:10

Destinasi dan sentra ekonomi kreatif harus menerapkan protokol CHSE secara ketat dan disiplin.

Reporter : Ahmad Baiquni

Dream - Selama larangan mudik Lebaran berlaku pada 6-17 Mei 2021, Pemerintah membolehkan destinasi wisata untuk tetap buka. Sehingga, masyarakat bisa mengisi libur Lebaran dengan wisata lokal.

Namun demikian, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengingatkan setiap destinasi wisata wajib mengikuti protokol CHSE secara ketat. Hal ini juga berlaku untuk sentra ekonomi kreatif.

" Jika memang destinasi wisata dibuka, tegas kami mengatakan bahwa harus dengan penerapan protokol kesehatan CHSE yang ketat dan disiplin," kata Sandiaga pada Selasa, 27 April 2021.

Sandiaga mengatakan dalam kerangka PPKM mikro, ada kegiatan masyarakat yang diperbolehkan. Keputusannya diserahkan ke pemerintah daerah sesuai dengan angka Covid-19 di daerah masing-masing.

Kemenparekraf telah menerbitkan buku panduan pelaksanaan CHSE di destinasi serta berbagai tempat bidang usaha di sektor parekraf. Panduan ini terus disosialisasikan kepada para pelaku parekraf.

Sandiaga mencontohkan protokol CHSE bakal diterapkan di Kota Tua Jakarta. Menurut dia, Kota Tua menjadi destinasi yang sangat diminati masyarakat saat libur lebaran,

" Seandainya dibuka oleh Pemprov DKI, kita ingin pastikan panduan protokol kesehatan dipatuhi secara ketat dan disiplin," kata dia.

Selanjutnya, Sandiaga mengatakan berdasarkan pengalamannya melihat langsung dan menyerap aspirasi di daerah, penerapan protokol kesehatan berbasis CHSE sudah berjalan dengan baik. Meski dia tidak menampik masih ada destinasi yang penerapan protokol kesehatannya harus terus ditingkatkan.

Dia juga memastikan ke depan pihaknya tidak hanya akan sebatas mendorong dan mengimbau penerapan protokol kesehatan. Tetapi juga memastikan kepatuhan.

" Akan ada mekanisme jika mereka tidak bisa penuhi (penerapan protokol kesehatan) akan diberi peringatan, dilanjutkan dengan denda, berkoordinasi dengan pemda kami juga tidak segan untuk merekomendasikan sanksi penutupan," kata Sandiaga.

Laporan: Yuni Puspita Dewi

Muhasabah bersama Ustaz Erick Yusuf
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
BERANI BERUBAH: Takjil Drive Thru Masjid Al Azhar
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :