Bunga Sakura di Jepang Mekar Lebih Awal Tahun Ini, Kok Bisa?

Bunga Sakura di Prefektur Kyoto (Shutterstock.com)
NEWS  |  2 April 2021 18:41

Kejadian ini baru pertama kali terjadi sejak berabad-abad lalu.

Reporter : Ahmad Baiquni

Dream - Mekarnya bunga sakura di Jepang selalu menjadi daya tarik musim semi yang banyak dinanti banyak orang. Tetapi yang mengejutkan, setelah berabad-abad, bunga ini mekar lebih awal.

Dikutip dari Lonely Planet, sejumlah ahli menyebut hal ini mungkin disebabkan oleh perubahan iklim. Cuaca yang lebih hangat di Jepang membuat bunga-bunga di kota Kyoto mekar lebih awal dan mencapai puncaknya pada tanggal 26 Maret.

Menurut data yang dikumpulkan oleh Yasuyuki Aono di Universitas Prefektur Osaka, waktu ini merupakan tanggal paling awal yang pernah ada menurut pencatatan sejak tahun 812 M dalam dokumen dan buku harian istana kekaisaran.

Setiap tahun, Badan Meteorologi Jepang memperbarui ramalan Bunga Sakura serta memperkirakan tanggal berkuncup dan mekarnya pohon Someiyoshino di sekitar 1.000 lokasi pengamatan.

Tanggal mekarnya bunga sakura diketahui dari pola suhu musim gugur tahun sebelumnya. Daun pada pohon sakura biasanya akan mengeluarkan hormon untuk mencegah berbunga lebih awal, tetapi kondisi cuaca juga dapat mempengaruhi proses ini dan membuatnya mekar lebih awal.

 

Selanjutnya : Penyebab Mekar Lebih Awal
BERANI BERUBAH: Sayur Online Rezeki Puasa
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
BERANI BERUBAH: Sayur Online Rezeki Puasa
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :