Benda-Benda Langka Peninggalan Perang Dingin Bakal Dilelang

News-travel | Senin, 9 November 2020 11:10

Reporter : Arini Saadah

Ada tas dengan kamera tersembunyi hingga rapor sekolah Che Guevara.

Dream – Museum adalah salah satu tempat untuk menyimpan berbagai peninggalan sejarah, penemuan penting, teknologi baru, hingga benda unik yang ada di dunia. Salah satunya adalah KGB Spy Museum yang terletak di New York, AS.

Namun, KGB Spy Museum sedang mengadakan lelang yang akan berlangsung pada Februari 2021. Lelang itu melibatkan koleksi peninggalan langka dan penting dari AS, Uni Soviet, dan Kuba pada masa Perang Dingin.

Mengutip dari laman Lonely Planet, perusahaan lelang Julien sedang melakukan pelelangan terhadap lebih dari 400 unit yang akan ditawarkan. Museum itu dikuratori oleh Julius Urbaitis yang telah melakukan penelitian selama 30 tahun di seluruh dunia untuk menemukan benda-benda ini.

Lantas apa saja benda-benda peninggalan masa perang dingin yang akan dilelang oleh KGB Spy Museum tersebut?

Benda-Benda Langka Peninggalan Perang Dingin Bakal Dilelang
Ilustrasi Benda Langka Peninggalan Perang Dingin Yang Akan Dilelang (Foto: Instagram/@kgb_espionage_museum)
2 dari 4 halaman

Kamera dan pistol

 Ilustrasi
© Instagram/@kgb_espionage_museum

Instagram/@kgb_espionage_museum

Barang-barang itu di antaranya adalah kamera operasi klandestin, detector kontra-intelijen, mesin telegraf yang menggunakan kode morse, radar pesawat, perekam suara dan dokumen resmi pemerintah.

Unit yang paling disorot adalah pistol yang dirancang agar terlihat seperti lipstick dan serangga rahasia kamar hotel yang bisa merekam peninggalan tahun 1964.

Selain itu juga terdapat replika payung jarum suntik mematikan yang diyakini telah digunakan untuk melakukan pembunuhan terhadap seorang penulis Bulgaria, Georgie Markov.

Barang-barang tersebut dibeli oleh sejarawan, kolektor sekaligus kurator museum bernama Julius Urbaitis yang bekerja sebagai konsultan seri HBO pemenang penghargaan Emmy dan Golden Globe 2019, Chernobyl.

Benda yang juga menarik adalah sebuah patung batu berukir gambar Vladimir Lenin yang berdiri tegak di markas besar KGB di Kaliningrad.

3 dari 4 halaman

Tas dengan Kamera Tersembunyi

 Ilustrasi
© Instagram/@kgb_espionage_museum

Instagram/@kgb_espionage_museum

Selain itu juga ada sebuah tas yang memiliki kamera tersembunyi dan peralatan penurup, mesin yang digunakan oleh penjaga perbatasan untuk mendeteksi orang yang bersembunyi di kendaraan, alat penyadap telepon Perang Dunia II Jerman, dan pintu baja asli dari bekas rumah sakit penjara KGB.

Sejumlah peninggalan kompetisi antariksa antara AS dan Uni Soviet juga akan ditampilkan, termasuk transporter pakaian antariksa asli rancangan NASA dari Mobile Biological Isolation System yang dibuat oleh David Vetter pada 1977.

Pakaian transporter antariksa ini menjadi inspirasi untuk film yang memenangkan nominasi Emmy yaitu The Boy in the Plastic Bubble yang dibintangi oleh John Travolta.

Selain itu juga ditampilkan kaos dan celana pendek NASA yang dikenakan oleh astronot Donn Eisele di Apollo VII ke antariksa.

Tak hanya itu, Museum KGB ini juga akan melelang tabung kopi luar angkasa yang dibuat oleh kosmonot Vostok 3, Andriyan Nikolayev.

4 dari 4 halaman

Rapor Sekolah Che Guevara

Ilustrasi
© Instagram/@kgb_espionage_museum

Rapor sekolah menengah milik Che Guevara, sebuah surat yang ada tanda tangannya Fidel Castro pada 1958 yang berisi rencana penyusupan ke ibukota Havana, sebilah pedang milik perwira militer Afrika-Amerika, Staf Kapten William Roderick yang ebrtempur di Kuba, serta dokumen pendaftaran merek dagang resmi perusahaan Coca-Cola dari tahun 1915 hingga 1917 di Havana.

“Benda-benda langka yang diambil dari arsip dan brankas rahasia AS, Rusia, dan Kuba ini akan menambah nilai luar biasa pada koleksi apapun dari museum kelas dunia hingga koleksi pribadi bagi penggemar sejarah,” ucap Darren Julien, CEO Lelang Julien.

“Dari seluruh koleksi KGB Espionage Museum hingga artefak perlombaan antariksa AS dan Soviet hingga benda-benda dari Kuba dan sejarah revolusinya yang belum pernah dilihat sebelumnya, benda-benda menakjubkan ini menawarkan tampilan menarik pada pergolakan geopolitik, ekonomi, dan budaya pada masa itu, yang dampaknya lebih bergema dari sebelumnya di tahun pemilihan ini,” tambahnya. (Beq)

 

      Lihat postingan ini di Instagram

We have closed the museum during the quarantine till the further notice. For your safety, we recommend you to stay at home, safe and sound. Your safety is our priority??Wash your hands and stay in a good mood ??#kgbespionagemuseum #kgbspymuseum #spymuseum #newyork #nyc #manhattan #coronavirusnewyork #quarantine #coronavirusny #travel #traveling #museum #newyorkmuseum #chelseamanhattan #washyourhands

Sebuah kiriman dibagikan oleh KGB Espionage Museum (@kgb_espionage_museum) pada

Join Dream.co.id