Baru dari AirAsia, Layanan 'Bagasi Otomatis'

Ilustrasi (Foto: en.wikipedia.org)
NEWS  |  30 Juni 2016 12:10

Saat check in di bandara untuk menaruh bagasi, penumpang tak perlu berdiri lama untuk antre. Maskapai AirAsia menawarkan dua menit saja dengan 'Auto Baggage Drop'.

Reporter : Puri Yuanita

Dream - AirAsia memperkenalkan layanan baru berupa teknologi otomatisasi penyerahan bagasi yang disebut 'Auto Baggage Drop'. Layanan yang bisa dinikmati di Bandara Ngurah Rai Bali diklaim sebagai inovasi pertama di Indonesia.

Auto Baggage Drop sendiri adalah semacam mesin bagasi otomatis. Jadi, calon penumpang dapat menaruh sendiri bagasi di conveyor belt dengan menggunakan mesin, tak perlu mengantre dan hanya memakan waktu sekitar 2 menit.

" Paling tidak sampai 2 menit. Ambil bag tags di self sheck-in kios, terus ke counter Auto Baggage Drop, scan dan bagasi langsung masuk. Nggak perlu lama mengantre," ujar Station Head DPS AirAsia, Garry Stefiano Wulyardhi dikutip dari Airasia.com.

Fasilitas Auto Baggage Drop itu dapat digunakan penumpang yang telah memiliki boarding pass tiga hingga satu jam sebelum jadwal keberangkatan internasional atau dua hingga satu jam sebelum keberangkatan domestik. Sebelum menuju konter penyerahan bagasi otomatis, penumpang terlebih dahulu harus melakukan pelaporan mandiri atau self check-in di kios yang telah disediakan.

Di Bandar Udara Internasional Ngurah Rai terdapat tujuh mesin kios dan konter yakni tiga di keberangkatan internasional dan empat di keberangkatan domestik. Di kios tersebut penumpang harus menimbang bagasi sebelum memasukkan kode pemesanan tiket untuk selanjutnya mengisi data sesuai dengan petunjuk yang tertera pada layar mesin kios pelaporan tersebut.

Penumpang juga harus melakukan konfirmasi beberapa pertanyaan khusus terkait barang yang ada di dalam bagasi. Apabila telah selesai, maka mesin otomatis akan mengeluarkan tanda atau label bagasi penumpang sekaligus boarding pass. Pemasangan label bagasi dipasang sendiri oleh penumpang.

Selanjutnya penumpang membawa bagasinya ke pojok Auto Baggage Drop dengan memindai boarding pass dan label bagasi untuk selanjutnya mengisi verifikasi pada layar monitor. Setelah proses selesai, bagasi siap dibawa masuk ke dalam pesawat.

Fasilitas baru ini diharapkan dapat mempersingkat waktu layanan konter secara signifikan sehingga penumpang dapat terhindar dari antrean panjang di konter konvensional.

Merawat Warisan [TEASER]
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Jokowi Resmi Lantik Pengisi Dua Kementerian Baru dan Kepala BRIN
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :