Awas, Kena Tipuan 'Mulus' Situs Pemesanan Hotel

Pemesanan kamar hotel (Foto: Shutterstock)
NEWS  |  16 Juli 2018 13:53

Bagi Sahabat Dream yang sering melakukan pemesanan hotel lewat internet berhati-hatilah dengan tulisan "only one room left".

Reporter :

Dream - Mencari hotel yang sesuai budget, lalu survei melalui foto dan review, kini memang sangat mudah. Tinggal mencari dan melihatnya di internet. Setelah itu pemesanan pun dilakukan.

Cukup ketik dan klik, masalah pemesanan hotel pun selesai. Nah, bagi Sahabat Dream yang sering melakukan pemesanan hotel lewat internet berhati-hatilah dengan tulisan " only one room left" atau 'hanya tersisa satu kamar' untuk kamar yang diinginkan.

Tak perlu langsung percaya denga tulisan yang muncul demikian. Biasanya tulisan berwarna merah dan berkedip serta sangat mencuri perhatian. Hal ini mempengaruhi mereka yang mencari hotel langsung melakukan pemesanan.

Faktanya, masih banyak kamar dan hal tersebut hanya trik bisnis saja. Rupanya kasus seperti ini menjadi sorotan serius di Amerika Serikat. Pengawas persaingan usaha Amerika Serikat, The Competition and Markets Authority (CMA) turun tangan melakukan investigasi selama delapan bulan terhadap situs pemesanan hotel.

Hasilnya, situs pemesanan hotel yang mencantumkan keterangan " satu kamar tersisa" dianggap sebagai tekanan penjualan. Transaksi beli-sekarang atau bayar-lebih dapat sebenarnya mendesak pelanggan untuk segera memesan kamar. Padahal, harga yang ditawarkan sama saja.

Penyelidikan juga menyimpulkan bahwa urutan hasil pencarian bisa saja tidak sesuai keterangan yang dicari. Hotel dapat muncul lebih awal di penelusuran hanya karena mereka telah membayar situs lebih banyak, sehingga dipromosikan.

" Para turis merasa yakin mereka mendapatkan kesepakatan yang diharapkan seperti diskon yang dijanjikan attau menerima informasi yang dapat dipercaya tentang ketersediaan kamar langsung dari situs hotel yang dipilih. Juga penting bahwa tidak ada yang merasa tertekan dengan pernyataan menyesatkan untuk membuat pemesanan," ujar Andrea Coscelli, kepala eksekutif CMA.

Selain itu, situs pemesanan seringkali menawarkan " harga murah" dalam iklan termasuk menulisa angkanya. Tapi ternyata saat pelanggan membayar, harganya lebih dari itu karena belum termasuk tax and service. Sebaiknya hubungi langsung hotel incaran jika akan melakukan pemesanan, untuk mendapatkan informasi dan harga yang akurat.

Laporan Qonita Lutfia

Sumber: Travel and Leisure.com

Nggak Ribet, Ini Cara Merawat Hijab Ala Prilia Nur Afrida
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Jangan Percaya Hoaks, Ini Kata Ridwan Kamil Tentang Kondisi Terkini Gunung Tangkuban Perahu
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :