Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Cara Kekinian Malaysia Gaet Wisatawan

Cara Kekinian Malaysia Gaet Wisatawan Deputy Director General Tourism Malaysia, Dato Mohmed Razip Hasan (Foto: Dream.co.id/Ahmad Baiquni)

Dream - Gelaran ASEAN Lifestyle Week yang berlangsung pada 13-14 September 2019 di Kuala Lumpur mendapat dukungan penuh dari sejumlah kementerian dan lembaga negara. Acara ini dinilai dapat memberikan dampak besar bagi Malaysia, terutama pada sektor pariwisata.

Deputy Director General Tourism Malaysia, Dato Mohmed Razip Hasan, mengatakan ASEAN Lifestyle Week dapat menjadi jalan bagi pertumbuhan sektor pariwisata Malaysia. Menurut dia, gelaran ini dapat menjadi sarana untuk memperkenalkan sektor pariwisata Malaysia ke kawasan ASEAN.

"Kawasan ASEAN memiliki lebih dari 600 juta populasi. Lalu ini merupakan pasar terbesar setelah China," ujar Razip kepada Dream, akhir pekan kemarin.

Razip menjelaskan perlu adanya upaya serius untuk mempromosikan sektor pariwisata ASEAN khususnya Malaysia. Ini karena ASEAN memiliki keterhubungan yang baik antar negara anggotanya.

"Sehingga, acara ini sangat penting bagi kami untuk mempromosikan #VisitMalaysia2020," kata dia.

Jadi Penarik Wisatawan Datang ke Malaysia

Dampak dari acara ini, kata Razip sangat luas. Tidak hanya untuk iklim pariwisata namun juga gaya hidup sekaligus melestarikan tradisi.

Lebih lanjut Razip mengatakan ASEAN Lifestyle Week yang mulai digelar pada 2018 memberikan kontribusi terhadap visi pariwisata Malaysia. Jumlah traveler ASEAN yang masuk ke Malaysia September 2019 mencapai 27 juta orang, salah satunya berkat gelaran ini.

"Ini akan berkontribusi untuk menciptakan ketertarikan traveler untuk datang ke Malaysia," ucap dia. 

Menyusuri Putrajaya, Sisi Lain Malaysia

Dream - Mungkin selama ini kita mengenal Kuala Lumpur sebagai Ibu Kota Malaysia. Anggapan ini tidaklah salah, karena hingga saat ini status tersebut tetap diemban oleh Kuala Lumpur.

Selain itu, Kuala Lumpur selalu jadi destinasi wajib bagi traveler yang berkunjung ke Malaysia. Salah satu tempat yang begitu populer yaitu Twin Tower atau menara kembar.

Tetapi, jangan pernah berharap menemukan gedung pemerintahan di Kuala Lumpur, apalagi Istana Perdana Menteri. Karena, sejak 10 Mei 1999, pusat administrasi Malaysia berpindah ke Putrajaya.

Putrajaya merupakan kawasan yang dibangun dengan konsep smart city. Tata ruangnya dibuat demikian rupa dengan mengutamakan konsep taman kota.

Bersama Kementerian Pariwisata Malaysia, Dream berkesempatan mengunjungi kawasan Putrajaya. Destinasi yang dituju adalah Alun-alun Putra.

Alun-alun Putra

Alun-alun Putra, Putrajaya (Dream.co.id/Ahmad Baiquni)

Alun-alun Putra merupakan taman umum yang dibangun dengan konsep artistik. Pada bagian tengah taman ini terdapat satu tiang bendera tertinggi dikelilingi beberapa tiang bendera lebih rendah.

Tiang utama berisi Bendera Malaysia, sedangkan sembilan tiang lainnya dipasangi Bendera Negara Bagian. Ini melambangan Negara Malaysia menaungi 11 Negara Bagian dan tiga wilayah persekutuan.

Pada sisi utara Alun-alun Putra, terdapat bangunan megah dengan gaya arsitektur khas Melayu. Bangunan tersebut merupakan Istana Perdana Menteri.

Istana Perdana Menteri Malaysia

Istana Perdana Menteri Malaysia (Dream.co.id/Ahmad Baiquni)

Di tempat inilah, Perdana Menteri Malaysia berkantor. Juga menerima tamu-tamu kenegaraan.

Laiknya Istana Negara, tempat ini juga tertutup untuk umum. Hanya mereka yang memiliki identitas khusus saja bisa mengakses ke dalam.

Sedangkan di sisi barat, terdapat Masjid Putra. Masjid ini dibangun dengan konsep megah dua lantai dan mengapung di atas danau.

Masjid Putra

Masjid Putra, Putrajaya (Dream.co.id/Ahmad Baiquni)

Masjid ini kerap menjadi destinasi traveler, terutama Muslim. Desain yang megah dengan unsur Melayu yang kuat menjadi daya tarik tersendiri Masjid Putra.

Sedangkan di sisi selatan Alun-alun Putra terbentang Boulevard. Di kanan kiri boulevard berdiri gedung-gedung Kementerian dan Lembaga Negara.

Beberapa di antaranya yaitu Istana Keadilan yang merupakan gedung Mahkamah Agung Malaysia serta Istana Para Hakim. Juga terdapat gedung Jabatan Anti Rasuah Malaysia atau Komisi Anti Korupsi Malaysia.

Sedangkan di ujung Boulevard terdapat Putrajaya International Convention Center. Gedung pertemuan yang didirikan di atas bukit selatan.

Putrajaya International Convention Center

Putrajaya International Convention Center (Dream.co.id/Ahmad Baiquni)

Gedung ini memiliki desain unik, terinspirasi dari bentuk pending perak yang merupakan kepala ikat pinggang Raja Melayu. Dari tempat ini, kita bisa menyaksikan pemandangan Putrajaya yang indah dari ketinggian.

Menjelajah Destinasi Alam dan Budaya Malaysia yang Eksotis

Dream - Sebagai negara serumpun, Malaysia memiliki sejumlah kesamaan dengan Indonesia. Mulai dari kondisi alamnya, budayanya, hingga kulinernya. 

Malaysia menjadi destinasi favorit traveler dunia, termasuk dari Indonesia. Kamu bisa menikmati pemandangan alam yang mempesona, berinteraksi dengan tradisi masyarakat yang unik serta menikmati kuliner yang menggoda selera. 

Jika berlibur ke Malaysia, jangan hanya menghabiskan waktu di Kuala Lumpur. Masih ada banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi.

CNN Travel merangkum sejumlah destinasi menarik di Malaysia. Penasaran mana saja? Simak informasinya berikut ini. 

Taman Nasional Gunung Mulu

Sebagian wilayah Malaysia terlatak pada dataran yang sama dengan Indonesia. Di Pulau Borneo terdapat hamparan hutan hujan tertua di dunia

Salah satu destinasi wisata alam yang sangat terkenal di Malaysia ialah Taman Nasional Gunung Mulu. Di taman nasional ini, wisatawan tidak hanya disuguhi pemandangan yang hijau saja, tapi juga gua alami yang menakjubkan.

Taman nasional ini menjadi salah satu Situs Warisan Dunia yang sudah ditetapkan oleh UNESCO. Taman ini sangat terkenal dengan tebing karst yang diperkirakan berusia ribuan tahun. Medan pendakian di gunung ini juga sangat menantang, terjal dan tajam.

Salah satu destinasi wisata alam yang ada di taman ini, ialah Gua Rusa yang membentuk lorong gua dan menjadi yang terbesar di dunia dengan diameter 400-550 kaki. Gua ini memiliki panjang sekitar 2.000 kaki, lebar 1.400 kaki, dan ketinggian atapnya hampir 33 kaki.

Tidak sembarangan orang bisa berkunjung ke gua yang menakjubkan ini, wisatawan dengan izin khusus dari pengelola tamanlah yang boleh masuk ke gua ini.

Pulau-pulau Kecil yang Menawan

Di Malaysia, wisatawan juga bisa menikmati air laut yang jernih, dan pasir pantai yang putih. Ada banyak pulau-pulau kecil di Malaysia yang menyediakan fasilitas wisata, seperti resor mewah, hostel, hingga pulau pribadi yang disiap disewakan.

Pulau-pulau seperti Kepulauan Perhentian, Pulau Redang, Pulau Tioman, Pulau Pangkor, Pulau Langkawi, dan Pulau Layang-layang, jadi sederet nama pulau yang cocok dijadikan destinasi wisata musim panas yang tak terlupakan.

Di pulau-pulau ini, juga disediakan fasilitas snorkeling dan menyelam, menikmati pemandangan laut dengan bercengkerama bersama penyu, pari, hingga hiu martil. Namun sayang, dalam beberapa bulan setiap tahunnya, pulau-pulau ini akan ditutup karena musim hujan tahunan yang bisa menganggu kenyamanan wisatawan.

Arung Jeram Penuh Tantangan

Puas dengan destinasi wisata alam yang menenangkan, wisatawan juga bisa menikmati wisata ekstrem seperti arung jeram. Beberapa sungai di Malaysia, memiliki aliran dengan tingkat kesulitan dan kerumitan yang menantang bagi para pecinta arung jeram.

Ada banyak pilihan tempat arung jeram yang bisa dikunjungi, seperti Sungai Selangor, Sungai Slim, hingga Sungai Padas. Tiga nama sungai ini, hanya beberapa saja dari banyaknya wahana arung jeram di Malaysia.

Untuk tingkat arung jeram yang lebih ekstrem, ada Sungai Telom yang berada di kelas 5 arung jeram. Kalau kurang ekstrem, wisatawan bisa berkunjung ke Sungai Singoh yang memiliki level arung jeram kelas 6 yang penuh dengan kejutan.

Berburu Kunang-kunang

Pemandangan malam yang dipenuhi dengan kunang-kunang, akan sulit wisatawan dapatkan di destinasi wisata perkotaan. Untuk bisa menikmati kelap-kelip alami kunang-kunang, Sahabat Dream bisa berlibur ke kawasan Kinabalu, Sabah, Malaysia.

Di kawasan pegunungan yang masih asri ini, wisatawan bisa memanjakan mata dengan melihat dan berburu kunang-kunang di malam hari. Selesai dengan kunang-kunang, wisatawan akan diberikan bonus wisata kuliner, menikmati makan malam dengan hidangan laut, dan menikmati laut malam dengan menaiki perahu.

Selain di Kinabalu, wisatawan juga bisa mengunjungi Kuala Selangor, Kuala Sepetang, Kampung Cherating, dan Kuching untuk bisa menikmati suasana yang serupa dengan Kinabalu.

Menyusuri Kota Bersejarah

Kata Malaka, tentu tak asing bagi warga Melayu, termasuk sebagian warga Indonesia. Bukan sebagai nama selat yang memisahkan Pulau Sumtera dan Malaysia, nama Malaka di Malaysia juga diabadikan sebagai nama kota yang terkenal dengan kulinernya yang khas.

Di kota yang masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO ini, ada banyak toko-toko tua dan pedagang barang antik yang siap memanjakan para turis. Bangunan-bangunan di kota ini sangat kental dengan gaya Portugis dan Belanda.

Di Malaka, wisatawan juga bisa mendatangi salah satu museum terkenal, Museum Warisan Baba dan Nyonya, yang lengkap dengan wawasan sejarahnya. Ada juga Kompleks Stadthuys Belanda dan Benteng A’Famosa yang sudah berusia berabad-abad.

Sumber: CNN Travel

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Keindahan Kirgistan, Destinasi Wisata yang Kian Terkenal

Keindahan Kirgistan, Destinasi Wisata yang Kian Terkenal

Kirgistan makin terkenal jadi destinasi wisata alam. Yuk, simak hal-hal unik dan menarik yang ada di Kirgistan!

Baca Selengkapnya
4 Tradisi Masa Lalu Lahirnya Bayi di Kerajaan Inggris, Ada yang Bikin Syok

4 Tradisi Masa Lalu Lahirnya Bayi di Kerajaan Inggris, Ada yang Bikin Syok

. Hadirnya keturunan dalam sebuah Kerajaan memang jadi hal yang sangat krusial, karena kelak bayi yang lahir bisa jadi pemegang tahta.

Baca Selengkapnya
Tradisi Unik saat Ramadan di Jawa, Mana yang Pernah Kamu Ikuti?

Tradisi Unik saat Ramadan di Jawa, Mana yang Pernah Kamu Ikuti?

Ramadan di Indonesia biasanya juga merayakan kekayaan budaya dan tradisi yang beragam.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
4 Tradisi Unik Menyambut Bulan Suci Ramadan di Yogyakarta, Salah Satunya Nyadran atau Ziarah

4 Tradisi Unik Menyambut Bulan Suci Ramadan di Yogyakarta, Salah Satunya Nyadran atau Ziarah

Tradisi tersebut dilakukan secara turun temurun setiap tahunnya saat menyabut bulan Ramadan.

Baca Selengkapnya
Cinta Mati, Pengantin Wanita di Nikahi Mayat Kekasihnya

Cinta Mati, Pengantin Wanita di Nikahi Mayat Kekasihnya

Berbusana pengantin jalani tradisi pernikahan sebelum jenazah pria dikebumikan

Baca Selengkapnya
Kelewat Mewah, Khitanan Bocah di Garut Ini bak Resepsi Pernikahan, Orangtua Pakai Baju Pengantin

Kelewat Mewah, Khitanan Bocah di Garut Ini bak Resepsi Pernikahan, Orangtua Pakai Baju Pengantin

Dikira lagi gelar pernikahan, sepasang orangtua di garut ini bikin khitanan ala-ala resepsi pernikahan

Baca Selengkapnya