Arkeolog Temukan 400 Makam Islam Kuno

News-travel | Kamis, 26 November 2020 11:10

Reporter : Ulyaeni Maulida

Penemuan ini mematahkan asumsi yang mengatakan tidak ada penduduk Muslim di daerah tersebut.

Dream – Para arkeolog, menemukan pekuburan Islam kuno yang berisi sekitar 400 makam di timur laut Spanyol. Lebih dari 4.500 jasad telah ditemukan setelah mereka melakukan penggalian pada lahan seluas lima hektar.

Makam itu ditemukan di kota Tauste, dekat Zaragoza di Aragon. Pada 711, pasukan Arab telah menginvasi dan menaklukkan semenanjung Iberia. Mereka bertahan selama tujuh abad hingga 1492, yang kemudian dikuasai kembali oleh kerajaan-kerajaan Kristen.

" Penduduk Muslim di Tauste dianggap ‘tidak ada’ oleh sumber-sumber tertulis,” ungkap peneliti dari Universitas Basque Country.

" Tetapi asosiasi budaya telah lama mencurigai daerah itu sebagai rumah bagi umat Islam. Dengan ditemukannya petunjuk tentang arsitektur dan sisa-sisa manusia di tempat itu,” kata Miriam Pina Pardos, direktur Observatorium Antropologi Nekropolis Islam Tauste dengan asosiasi budaya El Patiaz.

Arkeolog Temukan 400 Makam Islam Kuno
Temuan Arkeolog (Foto: El Patiaz Asociacion Cultural)
2 dari 3 halaman

Mengalami pergeseran

Dari 711 hingga 1492, perbatasan antara utara Kristen dan selatan Islam mengalami pergeseran dengan adanya otoritas kedaulatan yang berubah.

Penggalian pertama dilakukan pada 2010, menemukan pekuburan seluas lima hektar yang tersebar di dua tingkat. Studi DNA dan tempat penanggalan karbon tetap berada di nekropolis antara abad ke-8 dan ke-11.

Sekitar 44 kerangka ditemukan selama penggalian. Tahun ini lebih dari 400 mayat telah ditemukan setelah pihak berwenang memerintahkan penggalian ekstensif di daerah tersebut.

Semua kerangka telah dikuburkan menurut adat istiadat Islam. Diposisikan di sebelah kanan dan menghadap tenggara ke arah Mekah.

3 dari 3 halaman

Pemukiman Muslim

Para ahli yakin penemuan itu akan menantang asumsi sebelumnya tentang pemukiman Muslim di daerah tersebut.

" Kami dapat melihat budaya Muslim dan kehadiran Islam di daerah ini lebih penting dari yang kami kira," kata Eva Gimenez seorang arkeolog yang saat ini sedang menggali daerah itu dengan firma arkeologi Paleoymás.

" Kami dapat melihat ada populasi Muslim yang besar di sini di Tauste sejak awal kehadiran Muslim di Spanyol," tambahnya.

Kemudian, sisa-sisa mayat akan dikatalogkan dan disimpan untuk penelitian lebih lanjut.

 

(Sumber: edition.cnn.com)

Join Dream.co.id