Andalkan Google Maps, Dua Bule di Bali Tersesat di Hutan

News-travel | Senin, 22 Juni 2020 15:26
Andalkan Google Maps, Dua Bule di Bali Tersesat di Hutan

Reporter : Ahmad Baiquni

Petunjuk arah yang mereka dapat ternyata keliru.

Dream - Dua warga Amerika Serikat, Roland dan Ridge, tersesat di hutan Desa Sulumbung, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali saat mengendarai motor pada Minggu, 21 Juni 2020. Sebabnya, mereka mengandalkan Google Maps yang ternyata menunjukkan arah yang keliru.

Insiden ini bermula ketika Roland dan Ridge mulai bergerak dari Amed sekitar pukul 17.00 WITA menggunakan sepeda motor. Keduanya hendak menuju Pereranan.

Tak tahu arah pasti, kedua wisatawan ini lantas mengandalkan Google Maps. Tetapi, petunjuk yang mereka dapatkan mengarah ke Desa Selumbung.

Mereka pun mengikuti arah tersebut. Namun ternyata, mereka justru masuk ke kawasan hutan Bukit Catu.

 

2 dari 3 halaman

Panik Karena Tersesat

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar, Gede Darmada, membenarkan kabar itu. Pihaknya mendapat laporan dari teman korban bernama Isabela melalui sambungan telepon.

Beberapa jam kemudian, Isabela datang ke Kantor Basarnas Bali sekitar pukul 21.20 WITA. Tim pun langsung berkoordinasi untuk menggelar pencarian.

" Mereka panik karena merasa tersesat dan hari mulai gelap, selanjutnya salah seorang segera menghubungi temannya Isabela untuk meminta pertolongan," kata Darmada.

Sebelum tim SAR datang, Roland dan Ridge berusaha mencari jalan untuk bisa keluar dari hutan. Tetapi mereka terkendala medan yang menurun dan licin.

Akhirnya, keduanya memutuskan untuk turun dari motor. Kemudian berjalan kaki mencari rumah warga untuk meminta bantuan.

 

3 dari 3 halaman

1 Jam Pencarian

Usai mendapat laporan, Basarnas Bali segera mengerahkan tim dari pos SAR Karangasem. Tim lalu bergerak menyisir hutan dan baru menemukan Roland dan Ridge pada pukul 23.30 WITA.

Keduanya hanya mengalami lecet ringan pada tangan. Juga cadangan air mineral yang mulai menipis.

" Waktu yang dibutuhkan dari titik penemuan hingga tiba di jalan keluar kurang lebih 1 jam lamanya. Keduanya dievakuasi ke Polsek Manggis untuk proses lebih lanjut," kata Darmada.

Sumber: Merdeka.com/Moh Kadafi

Join Dream.co.id