Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

9 Kesalahan Fatal Saat Mengemas Koper Liburan

9 Kesalahan Fatal Saat Mengemas Koper Liburan Ilustrasi Koper Liburan (Foto: Pixabay)

Dream - Kebanyakan orang melakukan kesalahan saat mengemas pakaian dalam koper saat akan pergi berlibur. Cuma liburan 3 hari 2 malam, tapi bawaannya seperti mau menginap seminggu. Kamu pernah mengalaminya?

Mengemas koper adalah seni. Dibutuhkan keterampilan dan latihan agar koper yang kamu bawa isinya tidak berlebihan. Bukan cuma itu, isi koper juga harus disesuaikan dengan destinasi liburan. Jangan sampai saat mau liburan ke gunung dengan cuaca yang dingin, kamu malah mengemas celana pendek dalam koper.

Nah, agar tidak lagi mengulang kesalahan yang sama saat berkemas, berikut 9 kesalahan pengepakan paling umum yang dilakukan semua orang, dan cara memperbaikinya, seperti dikutip dari Travel + Leisure.

1. Melupakan pedoman TSA dengan membawa cairan

Sebelum bepergian, khususnya ke luar negeri, pastikan mengecek kembali bawaan pribadi kamu yang berbentuk cairan. Jangan sampai satu botol penuh parfum mahal favoritmu disita petugas lantaran melebihi batas ukuran. Sebelum menuju ke bandara, periksa kembali bahwa cairan yang kamu bawa berada di bawah batas 100 ml dan masuk ke dalam kantong plastik satu liter — atau, lebih baik lagi, ditempatkan di bagasi Anda.

2. Tidak membungkus tempat cairan dengan baik

Ketika sebuah pesawat lepas landas dan mendarat, ketinggian dan tekanan udara berubah dengan cepat. Perbedaan tekanan itu membuat udara di botol sunblock atau lotion mengembang dan berkontraksi, tentunya ini dapat menyebabkan kekacauan besar. Jangan biarkan botol sampo bocor merusak liburanmu. Rencanakan dengan memastikan cairan yang kamu bawa dalam tas jinjing atau bagasi sudah diperiksa, dimasukkan ke dalam tas zip-top, terbungkus plastik, atau disimpan terpisah dari pakaianmu.

3. Over-Packing

Tidak perlu berkemas untuk setiap situasi saat kamu akan bepergian. Untuk menghindari over-packing, jangan bawa pakaian yang sehari-hari kamu pakai, karena akan terlalu banyak pilihan dan membuat kamu bingung sendiri. Cobalah berpegang teguh pada aturan umum tiga atasan untuk satu bawahan, dan jika kamu mengenakan hanya satu jenis yang itu-itu saja, misalnya celana jins, sweater, celana pendek, dalam beberapa kali perjalanan yang sama, tidak akan ada yang memperhatikan. Juga, pikirkan pakaian apa yang bisa dilapisi, seperti tank top dan kemeja lengan panjang untuk membantu kamu beradaptasi dengan perubahan cuaca.

Salah Kostum Bikin Runyam Liburan

Dream -

4. Tas Oversize atau terlalu padat

Jika kamu berencana hanya membawa tas jinjing atau ransel, perhatikan batasan ukuran maskapaimu. Ini seringkali membuat frustasi baik wisatawan maupun pramugari jika tas kamu tidak muat dalam kabin. Sementara beberapa maskapai penerbangan memaafkan tentang tas berukuran besar, yang lain tidak dan akan membuat kamu memeriksa tas di pintu gerbang. Sama halnya, tidak ada yang lebih memalukan daripada harus membuka tas kelebihan berat kamu di konter check-in. Pastikan tas kamu tidak melebihi batas berat bagasi pesawat.

5. Tidak memastikan cuaca

Tidak ada lebih merusak liburan dari pada salah kostum. Tidak mungkin kamu mengepak celana pendek ketika membutuhkan celana panjang, atau sweater ketika malah membutuhkan kaus, jika kamu ingat untuk memeriksa cuaca saat berkemas. Untungnya sebagian besar aplikasi cuaca membuatnya sangat mudah untuk memeriksa ramalan cuaca di daerah tujuanmu. Meskipun demikian, tidak ada salahnya untuk menambahkan satu sweater atau jaket ringan ke dalam tas, bahkan jika kamu akan liburan ke pantai. Kecuali kamu ingin menghabiskan liburan di mal, dimana semua jenis pakaian bisa kamu kenakan tanpa perlu khawatir.

6. Gagal memaksimalkan ruang koper

Menggulung pakaian Anda adalah cara yang baik untuk memaksimalkan ruang dalam koper. Ikuti langkah-langkah berikut: Lipat pakaian secara memanjang. Gulunglah dengan erat seperti kamu menggulung kantong tidur. Baringkan pakaian di dalam tas dengan barang-barang yang lebih berat seperti jins atau sweater di bagian bawah dan di dekat roda untuk keseimbangan. Jika kamu sedang dalam perjalanan bisnis dan tidak ingin menggulung pakaian mewah, letakkan selembar plastik di antara setiap lapisan agar pakaian tidak kusut.

Pentingnya Mengepak Sepatu dengan Benar

Dream -

7. Salah mengepak sepatu

Cara terbaik untuk melindungi pakaian bersih dari sepatu kotor adalah menggunakan tas sepatu. Jika kamu tidak memiliki tas sepatu, letakkan sepatu dengan sol membelakangi pakaian. Karena sepatu adalah barang berat, kemas sepatu di ujung koper. Selain itu, karena alas kaki terlalu berat, jangan membawa terlalu banyak opsi. Sebaliknya, pilih alas kaki serbaguna yang dapat berfungsi untuk berbagai kesempatan. Sepatu kets, kasual, dan satu sepatu formal terlalu berat untuk sebagian besar perjalanan.

8. Lupa bawa tas kecil

Tas jinjing kecil yang ringan, mudah dimasukkan ke dalam koper Anda, dapat melayani segudang tujuan. Bawalah tote bag saat berjalan-jalan untuk mengantungi botol air, tabir surya, dan suvenir, gunakan sebagai tas pantai spontan, atau isi dengan makanan ringan selama di pesawat. Di akhir perjalanan, gunakan tote bag untuk membawa cucian kotor agar mudah masuk ke mesin cuci saat kamu tiba di rumah.

9. Waktu mepet

Menghindari kesalahan pengepakan melibatkan perencanaan awal yang kecil, itulah sebabnya menunggu hingga menit terakhir dapat menyebabkan tas penuh sesak yang tidak berisi apa pun sama sekali. Beri diri kamu waktu untuk memikirkan kegiatan apa yang akan dilakukan selama liburan serta pakaian dan sepatu apa yang kamu perlukan dengan mulai berkemas setidaknya sehari sebelumnya. Ini akan memberi kamu waktu untuk memikirkan ulang pakaian dan bawaan lainnya tanpa merasa stres hingga menjejalkan barang-barang dalam tas saat liburan.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Jangan Sampai Kalap! Ini Dia 6 Tips Mengatur Pola Makan saat Lebaran agar Tubuh Tetap Sehat

Jangan Sampai Kalap! Ini Dia 6 Tips Mengatur Pola Makan saat Lebaran agar Tubuh Tetap Sehat

Hidangan lebaran ketika dikonsumsi secara berlebihan, maka bisa berisiko menimbulkan penyakit serius.

Baca Selengkapnya
Tips Menolong Korban Kecelakaan Lalu Lintas Agar Kondisinya Tak Makin Parah

Tips Menolong Korban Kecelakaan Lalu Lintas Agar Kondisinya Tak Makin Parah

Menolong orang yang mengalami kecelakaan tidak hanya sekadar menggotong korban atau mengobati luka. Cari tahu cara tepat menolongnya agar kondisinya tetap aman.

Baca Selengkapnya
4 Tips Kurangi Rasa Begah Pada Lambung Saat Buka Puasa

4 Tips Kurangi Rasa Begah Pada Lambung Saat Buka Puasa

Begah tidak hanya karena terlalu banyak makan tapi bisa jadi karena kebiasaan makan yang kurang tepat dimana memberi beban tambahan pada kerja lambung.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Tips Jitu Menjaga Kasur Tetap Bersih dari Bulu Hewan Peliharaan

Tips Jitu Menjaga Kasur Tetap Bersih dari Bulu Hewan Peliharaan

Perlu diketahui, jika kamu memilih untuk berada di satu kamar bersama hewan peliharaan, kamu akan lebih sulit nantinya untuk membersihkan kamar.

Baca Selengkapnya
Anti Mageran, Ini 5 Tips Agar Kamu Tetap Produktif Selama Liburan

Anti Mageran, Ini 5 Tips Agar Kamu Tetap Produktif Selama Liburan

Liburn bukan berarti malas-malasan. Lakukan 5 hal ini agar kamu tetap produktif saat liburan.

Baca Selengkapnya
Tips Lamar Kerja Walau Beda Jurusan Saat Kuliah

Tips Lamar Kerja Walau Beda Jurusan Saat Kuliah

Bagaimana mendapatkan pekerjaan walaupun berbeda dengan jurusan yang diambil saat pendidikan?

Baca Selengkapnya