8 Rekomendasi Negara untuk Traveling Saat Ramadhan

News-travel | Selasa, 5 Mei 2020 19:33

Reporter : Syahidah Izzata Sabiila

Kira-kira mau travelling ke mana nih, Sahabat Dream?

Dream - Bulan ramadan menjadi bulan suci yang penuh dengan ampunan dan pahala. Seluruh umat islam berbondong - bondong melakukan ibadah agar diampunkan dosanya serta dilipatgandakan pahalanya.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan selama ramadhan, seperti tadarus Al Quran, mengkaji pemahaman agama, dan lain sebagainya.

Jika kamu hobi jalan - jalan, kamu juga bisa bepergian lho selama puasa Ramadhan. Dilansir dari Klook, ada beberapa rekomendasi tujuan negara untuk travelling. Pastinya yang ramah dengan makanan halal, punya fasilitas sholat yang mudah diakses, dan tentu saja, banyak yang bisa dilihat dan dilakukan. Yuk simak informasinya.

8 Rekomendasi Negara untuk Traveling Saat Ramadhan
Ilustrasi Travelling (Sumber:Pexels.com)
2 dari 10 halaman

Osaka, Jepang

Jika kamu memilih untuk bepergian ke Jepang, kamu bisa mengunjungi beberapa lokasi yang menyajikan pemandangan yang indah. Seperti Umeda Sky Building, Kastil Osaka, dan gedung pencakar langit tertinggi Jepang Harukas 300, ada banyak hal yang dapat dilihat dan dilakukan di Osaka.

Pastikan untuk memesan terlebih dahulu Osaka Amazing Pass on Klook untuk menikmati perjalanan tak terbatas di kereta bawah tanah, bus dan trem, dan tiket masuk gratis ke 30 objek wisata yang berbeda!

Tempat lain dari Osaka yang bisa kamu kunjungi adalah Universal Studios Jepang. Meskipun taman hiburan tidak memiliki tempat sholat, kamu dapat meminta izin staf di sana untuk ke ruang ibadah. 

Osaka juga dikenal sebagai " dapurnya" Jepang, jadi jangan lewatkan untuk menikmati makanan khas lokal seperti Takoyaki dan Okonomiyaki setelah kamu berbuka puasa.

Berikut beberapa rekomendasi restoran makanan halal yang bisa kamu kunjungi:

  • Restoran Bulls, menyediakan sukiyaki daging sapi halal dan shabu-shabu
  • Ayam-ya Namba, untuk makan ramen
  • Matsuri, untuk mencicipi Okonomiyaki dan Takoyaki
  • Beberapa restoran ini bahkan memiliki ruang sholat di dalam ruang restoran!
3 dari 10 halaman

Hong Kong

Rekomendasi negara kedua yang bisa kamu kunjungi adalah Hong Kong. Kamu pasti akan tertarik ke sini karena ada Hong Kong Disneyland. Kamu bisa menjumpai berbagai atraksi serial avengers, seperti Ant-Man dan atraksi Marvel Iron Man.

Di taman disneyland, kamu bisa menemukan tempat sholat yang terletak tepat di sebelah Explorer's Club Restaurant. Harap dicatat bahwa sajadah dan pakaian tidak disediakan, jadi ingatlah untuk membawa milikmu sendiri ya.

Naiklah ke dalam mobil kaca Ngong Ping 360 yang terbawah dan nikmati pemandangan kota yang menakjubkan atau berlayarlah di layar matahari terbenam AquaLuna untuk menikmati pemandangan pelabuhan.

Berikut beberapa rekomendasi makanan halal untuk dikunjungi:

  • Kantin Islamic Center, restoran yang menyajikan berbagai hidangan Dim Sum
  • Wai Kee, restoran yang menyajikan Bebek Panggang
  • Explorer's Club Restaurant di Hong Kong Disneyland
4 dari 10 halaman

Seoul, Korea Selatan

Rekomendasi selanjutnya yang bisa kamu jadikan tujuan travelling adalah kota Seoul, Korea Selatan.

Kamu bisa mencoba memakaiHanbok dan menjelajahi Istana Gyeongbokgung. Atau kamu juga bisa berkunjung ke taman hiburan Seoul - Everland dan Lotte World.

Taman hiburan Everland memiliki ruang sholat yang terletak di gedung yang sama dengan Mystery Mansion sementara di Lotte World, ruang sholat ini terletak di lantai 3.

Penggemar acara variety show Korea Running Man yang terkenal harus mencoba memecahkan teka-teki dan mengumpulkan R! Koin di Running Man Experience Center.

Rekomendasi restoran Korea Halal di Seoul:

  • EID - makanan Korea
  • Busan Jib - BBQ Korea
  • BoA Guesthouse - Dosiraks
5 dari 10 halaman

Taipei, Taiwan

Jika kamu berniat untuk berkunjung ke Taipei, Taiwan, jangan lupa untuk ke Observatorium Taipei 101. Kamu bisa pergi ke dek observasi dan menikmati pemandangan kota saat matahari terbenam dan tinggallah sampai gelap untuk melihat pemandangan yang sama sekali berbeda. 

Kamu juga bisa melakukan perjalanan sehari ke luar kota ke Jiufen dan Shifen di mana kamu dapat menulis keinginan di lentera kertas, melihat air terjun, atau mengunjungi Rumah Teh A Mei yang terkenal yang terlihat di Spirited Away.

Rekomendasi pilihan makanan halal di Taipei:

  • Silks Palace di Museum Istana Nasional untuk masakan Taiwan
  • Chang Beef Noodle Soup untuk mie sapi
  • Ice Monster untuk pencuci mulut
6 dari 10 halaman

Penang, Malaysia

Rekomendasi tujuan wisata yang bisa kamu coba adalah berkunjung ke Penang, Malaysia.

Kamu bisa mencoba pergi naik becak di sekitar jalan-jalan Georgetown yang indah di Penang , kamu juga akan menemukan eklektik antara yang lama dan yang baru.

Ambil beberapa foto unik dengan latar mural atau kunjungi kafe-kafe cantik. 

Rekomendasi makanan halal yang harus kamu coba :

  • Nasi Kandar Kampung Melayu
  • Roti Canai Agryll Road
  • Hameed Pata Mee Sotong
  • Laksa Janggus
  • Ayu Mee Udang
7 dari 10 halaman

Singapura

Singapura dikenal sebagai tempat percampuran budaya dan memiliki 15 persen populasi Muslim. Pelancong Muslim dapat dengan mudah menemukan makanan halal dan fasilitas sholat.

Kamu bisa mengunjungi Universal Studios Singapura dan nikmati wahana bertema film seperti The Mummy Returns dan roller coaster duel Battlestar Galactica. Ruang sholat di Universal Studios Singapura terletak di  Sci-Fi City, di sebelah loker Battlestar Galactica.

Singapore Zoo, River Safari, dan Night Safari adalah beberapa rekomendasi tempat yang jangan sampai kamu lewatkan. Disana terdapat ruang sholat di dekat area parkir Trem yang digunakan oleh staf untuk sholat, Kamu bisa menanyakannya ke staf untuk mendapatkan izin untuk menggunakan ruangan ini.

Jika kamu ingin berjalan - jalan, Singapura juga memiliki Bazaar Ramadhan yang ramai yang terjadi setiap tahun di Geylang Serai. 

Beberapa tempat makanan halal yang harus kamu coba di Singapura:

  • Satay by the Bay di Gardens By The Bay untuk makanan jajanan
  • Zam Zam untuk Prata dan Murtabak
  • House of Seafood untuk Kepiting Cabe
8 dari 10 halaman

Bali, Indonesia

Meskipun Bali terletak di Indonesia di mana mayoritas penduduknya beragama Islam, kamu tidak perlu khawatir banyak warung makan yang tutup saat Ramadhan. Karena mayoritas orang yang tinggal di Bali sebenarnya beragama Hindu.

Kamu bisa mendaki untuk melihat matahari terbit ke Gunung Batur atau mengambil foto di Bali Swing yang ikonik dengan latar belakang sawah. Kunjungi Pura Uluwatu yang indah saat matahari terbenam dan nikmati pertunjukan tarian api oleh penduduk setempat.

Rekomendasi makan halal di Bali:

  • Warung KKN untuk Nasi Campur
  • Bale Udang Mang Engking for Seafood
  • Ayam Bakar Wong Solo untuk Ayam Bakar
9 dari 10 halaman

Kuala Lumpur, Malaysia

Di Kuala Lumpur, kamu bisa mengunjungi menara kembar Petronas yang ikonik di Kuala Lumpur.  Atau kamu bisa kunjungi dek observasi kaca Menara KL! Jangan lupa mampir ke Kebun Binatang Mini di kaki Menara KL sebelum menuju ke atas.

Tangga pelangi Gua Batu adalah tempat ikonis lainnya untuk dikunjungi bersama keluarga. Jika membawa anak - anak, kamu juga bisa berkunjung ke Sunway Lagoon untuk menghibur mereka.

Makanan halal di Kuala Lumpur:

  • Muhibbah Seafood Restaurant untuk hidangan laut
  • Little Penang Cafe untuk makanan Penang
  • Taman Desa untuk Nasi Lemak
10 dari 10 halaman

Tips Travelling Saat Ramadhan

Karena bepergian selama bulan puasa bisa sangat menantang, berikut adalah beberapa tips untuk membantumu :

  • Pastikan untuk memilih penerbangan yang berangkat setelah berbuka puasa dan mendarat sebelum sahur sehingga kamu tidak perlu melakukan perjalanan saat berpuasa.
  • Saat merencanakan perjalanan , pastikan untuk tidak membebani jadwal sehingga kamu tidak lelah.
  • Bawalah perlengkapan sholat sendiri untuk berjaga - jaga seandainya kota yang kamu kunjungi tidak memilikinya.
  • Bawalah paket makanan ringan darurat untuk berbuka puasa, apalagi jika di sana tidak ada perusahaan makanan halal di dekatmu.
Join Dream.co.id