3G, Program Andalan Sandiaga Genjot Pemulihan Pariwisata

News-travel | Selasa, 27 Juli 2021 11:11

Reporter : Ahmad Baiquni

Sandi berharap program ini dapat mengurangi dampak berat dari perpanjangan PPKM Level 4 di sektor parekraf.

Dream - Perpanjangan PPKM Level 4 hinggga 2 Agustus 2021 harus diakui membuat masyarakat cukup kesulitan. Khususnya para pelaku industri pariwisata.

Untuk menekan dampak lebih besar pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno meluncurkan sejumlah program pemulihan. Diharapkan sektor parekraf dapat berangsur pulih.

" Seluruh tindakan akan dijalankan dengan mengutamakan 3G: Gercep, Geber, Gaspol," ujar Sandi dalam Weekly Press Briefing Kemenparekraf, Senin, 26 Juli 2021.

Sandi mengatakan kebijakan PPKM harus didukung masyarakat. Apalagi, Indonesia dikenal sebagai bangsa yang suka bergotong royong sehingga dia mengajak seluruh elemen untuk bersama mengatasi dampak pandemi.

Dia juga menjelaskan kebijakan PPKM ini sudah melewati pertimbangan khusus terhadap PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia). Sandi mengakui terjadi penurunan omzet hotel dan restoran lebih dari 70 persen.

Demi mengantisipasi dampak lebih buruk, Sandi mengatakan pihaknya mengalokasikan total Rp2,4 miliar dana bantuan sektor parekraf. Khususnya untuk subsektor film, hotel dan restoran.

 

3G, Program Andalan Sandiaga Genjot Pemulihan Pariwisata
Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno
2 dari 3 halaman

Sandi menggandeng sejumlah hotel dan restoran untuk mengatasi pandemi. Kamar hotel akan dijadikan tempat beristirahat para nakes (tenaga kesehatan), masyarakat yang sedang menjalani isoman (isolasi mandiri), dan sentra vaksinasi.

Sementara restoran yang kerap menjadi target kebangkrutan akibat PPKM, mendapatkan toleransi yang signifikan. Restoran kecil boleh dine-in selama 20 menit.

" Tapi harus tetap menaati kebijakan PPKM," kata Sandi.

Selain itu, Kemenparekraf juga menggagas tiga program untuk memperluas promosi pariwisata Indonesia. Ketiga yaitu Indonesia Spice Up The World, Travel Corridor Arrangement, dan Merci Beyond Bali.

Spice Up The World akan menjadi ajang promosi pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. Salah satunya ‘Dangdut Goes to Unesco’, yang bertujuan untuk menduniakan dangdut sebagai genre musik asli Indonesia.

Selain itu membuka restoran Indonesia baru di New York diiringi pengembangan bumbu dan rempah. Total ada 4.000 restoran yang terlibat program ini.

Di wilayah pantai timur Amerika sendiri, sudah ada 100 restoran yang menawarkan diri untuk bergabung. Ini menunjukkan minat warga Amerika terhadap Indonesia, terutama Bali, memang sangat tinggi.

 

3 dari 3 halaman

Untuk TCA akan ditunda untuk sementara waktu. Jika situasi sudah kondusif, program ini akan dihidupkan kembali.

Sandiaga mengatakan Bali, Batam, dan Bintan menjadi tiga daerah fokus utama yang sedang dipersiapkan. Saat ini, pemerintah juga sedang mempersiapkan visa dalam bentuk elektronik.

Sedangkan Merci Beyond Bali merupakan program kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Paris, yang dianggap sebagai immune booster di tengah masa pandemi. Dalam bahasa Perancis, 'Merci' berarti 'Terima kasih', menjadi pionir berdirinya concept store dengan concept selling.

Selain itu, Paris memang sudah lama tertarik dengan budaya Indonesia terutama Bali. Pameran yang seharusnya diadakan pada tahun 2019 lalu, terpaksa tertunda dua tahun akibat pandemi Covid-19.

Tak tanggung-tanggung, Meci Beyond Bali akan diadakan selama satu bulan penuh dari 21 Juli hingga 22 Agustus 2021. Pameran diawali dengan acara testing kopi (Klima) dan teh (Made) asal Indonesia.

Meski belum lama buka, sudah banyak produk yang ludes terjual. Ini menandakan produk Indonesia sangat diminati konsumen di Paris.

Laporan: Angela Irena Mihardja

Join Dream.co.id