3 Bandara Indonesia Raih Penghargaan Best Hygiene Measures by Region

Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Shutterstock.com)
NEWS  |  11 Maret 2021 18:39

Tiga bandara ini diakui sebagai bandara terbersih di Asia Pasifik.

Reporter : Ahmad Baiquni

Dream - Bandara di Indonesia punya rekam jejak membanggakan di dunia. Banyak penghargaan diraih sejumlah bandara Indonesia.

Baru-baru ini, Airport Council International (ACI) merilis index bandara terbersih di dunia untuk memperkuat aspek higienitaas guna mencegah Covid-19. Tiga bandara Indonesia masuk dalam daftar tersebut dan meraih penghargaan Best Hygiene Measures untuk kawasan Asia Pasifik.

Tiga bandara tersebut yaitu Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Husein Sastranegara, dan Bandara Depati Amir. Ketiganya masuk jajaran Top 5, sedangkan satu bandara lain dari China dan satunya dari India.

" Penghargaan ini memberi bandara suatu metode andal untuk mengukur respons pelanggan terhadap tindakan (protokol) kesehatan dan mengakui keberhasilan bandara dalam merespons fokus (pelanggan) terhadap aspek higienis," demikian pernyataan ACI.

 Bandara Husein Sastranegara

Bandara Husein Sastranegara (Shutterstock.com)

Best Hygiene Measures by Region merupakan kategori baru dari Airport Service Quality (ASQ) Awards 2020. Kategori ini diukur dari beberapa indikator.

Indikator tersebut yaitu efektivitas program keselamatan dan higienis, kejelasan rambu dan instruksi terkait program keselamatan dan higienis, serta kemampuan staf bandara dalam mengaplikasikan program keselamatan dan higienis.

" Di tengah tahun yang sulit dan penuh tantangan ini, pelanggan telah mengutarakan pendapat dan mengakui kesuksesan tim Anda dalam mewujudkan layanan pelanggan yang luar biasa pada situasi menantang," kata Director General ACI World, Luis Felipe de Oliveira dalam surat ditujukan kepada Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin.

 Bandara Depati Amir

Bandara Depati Amir (Shutterstock.com)

Awaluddin mengatakan prestasi ini bukan semata keberhasilan dari Angkasa Pura II. Tetapi melibatkan sejumlah pemangku kepentinga.

" Antara lain Otoritas Bandara Kemenhub, maskapai, KKP Kemenkes, Bea Cukai, Imigrasi, Balai Karantina, TNI/Polri, pihak ground handling, dan Satgas Udara Penanganan Covid-19 yang sangat menjaga berjalannya protokol kesehatan," kata Awaluddin.

Awaluddin menambahkan bandara yang memiliki peran vital di tengah pandemi Covid-19 adalah Bandara Soekarno-Hatta. Dia pun menyampaikan terima kasih atas diraihnya penghargaan tersebut.

" Kami berterima kasih atas kerja keras, kolaborasi, dan sinergi seluruh stakeholder sehingga Bandara Soekarno-Hatta di tengah pandemi ini dapat menerapkan protokol kebersihan terbaik di Asia Pasifik," kata Awaluddin.

Sumber: Liputan6.com/Melia Setiawati.

Aliando Syahrief comeback
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
BERANI BERUBAH: Masker Kulit Sapi Pembuka Pintu Rezeki
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :