Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

10 Tips Aman Staycation di Hotel Selama Masa Pandemi Covid-19

10 Tips Aman Staycation di Hotel Selama Masa Pandemi Covid-19 Tips Aman Staycation Di Hotel Selama Masa Pandemi Covid-19 (sumber:Pexels.com)

Dream - Wacana 'The New Normal" membuat bisnis perjalanan dan penginapan mulai bangkit kembali. Meski Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) masih menyarankan masyarakat untuk tinggal di rumah, beberapa penginapan dan hotel mulai buka sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku. 

Sebelum memutuskan untuk berlibur, ada baiknya seseorang tetap memperhatikan kondisi kesehatan pribadi dan orang sekitar.

“Meski seseorang tidak dapat menurunkan risiko hingga nol, tetapi ada baiknya melakukan pencegahan semaksimal mungkin," ujar Kepala Divisi Penyakit Menular di Universitas Jacobs Buffalo Fakultas Kedokteran dan Ilmu Biomedis, dr. Thomas Russo.

Jika Sahabat Dream berencana untuk memesan hotel di waktu dekat ini, ada baiknya untuk tetap berhati-hati. Melansir dari Travel and Leisure, berikut 10 tips aman staycation di hotel selama masa pandemi Covid-19. 

Pilih Hotel dengan Bijak

“Hal utama yang harus diperhatikan adalah mencari tahu tingkat penularan di sekitar daerah tempatmu menginap,” ungkap Dr. Natasha Bhuyan, direktur medis regional penyedia layanan kesehatan One Medical.

Dalam menentukan destinasi tempat menginap, Sahabat Dream bisa menghindari tempat yang memiliki kasus penderita Covid-19 yang tinggi. Meski sudah menentukan tempat yang aman, namun tips ini tidak serta merta menghilangkan risiko tertular. Sebab di hotel banyak orang yang datang dari berbagai daerah. 

Cari Tahu Prosedur  Kesehatan yang Dilakukan Hotel 

Tips selanjutnya sebelum memutuskan memesan sebuah kamar, kamu perlu mencari tahu bagaimana prosedur kesehatan yang dilakukan hotel untuk melindungi para tamu dan staf. 

“Risiko penularan terbesar berasal dari kontak dekat dengan orang lain,” ungkap Dr. Brian Labus, asisten profesor di Universitas Nevada, Sekolah Kesehatan Masyarakat Las Vegas.

Cari tahu beberapa hal mengenai penggunaan masker, tanda peringatan untuk jaga jarak, kesediaan hand sanitizer  di seluruh area hotel, seberapa sering tempat umum disanitasi, dan prosedur check-in tanpa kontak.

"Kunjungi situs web hotel untuk mencari tahu langkah-langkah apa yang mereka ambil untuk melindungi para tamu," jelas  Dr. Jonas Nilsen, salah satu pendiri klinik perjalanan Practio di Inggris.

 

Cari tahu Aturan Hotel Jika Ada Tamu yang Sakit saat Menginap

Pastikan pula pihak hotel cukup peduli dengan kondisi kesehatan para tamu yang menginap. Kamu bisa menanyakan ke pihak hotel apakah menyediakan dokter jaga dan memiliki informasi terkait fasilitas medis terdekat.

Pakai Masker dan Jaga Jarak

Tips selanjutnya yang tak boleh dilupakan adalah tetap menggunakan masker dan menjaga jarak meski di lift.

"Semua hal yang telah kamu lakukan untuk melindungi diir tetap berlaku ketika menginap di hotel," ungkap Dr. Brian Labus.

 

Minta Kamar yang Telah Kosong Selama Beberapa Hari

Tips selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah meminta petugas hotel agar menyediakan kamar hotel yang kosong minimal tiga hari. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan keamanan.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine, virus corona dapat hidup di beberapa permukaan, termasuk plastik dan stainless steel, hingga 72 jam.  

Bersihkan Kamar Saat Kedatangan

Meskipun hotel telah membersihkan kamar, tidak ada salahnya kamu tetap melakukan double check. Lakukan pembersihan terutama di area yang sering disentuh, seperti gagang pintu, lampu, remote TV, kamar mandi, dan permukaan datar lainnya seperti meja.

 

 

Buka jendela Kamar

Langkah selanjutnya yang tak boleh dilupakan adalah membuka jendela. Hal ini perlu dilakukan untuk membiarkan udara sejuk masuk ke dalam ruangan kamar. 

 “Risiko penularan melalui udara lebih tinggi dalam ruangan dengan ventilasi yang buruk, jadi ada baiknya untuk membuka jendela dan pintu sementara. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan udara segar di dalam ruangan. Ventilasi yang baik dapat membantu mengurangi risiko penyebaran virus corona, ”ungkap Dr. Jonas Nilsen.

Tolak Layanan Housekeeping Hotel 

Meski bermaksud untuk membantu pembersihan kamar, ada baiknya di tengah kondisi pandemi ini kita tak melakukannya untuk mengurangi risiko penularan.

"Risiko nyata terpapar virus bisa berasal dari orang lain. Bisa saja housekeeping yang membersihkan kamar meningkatkan risiko penularan," ungkap Dr. Labus.

 

Pesan Room Service saat Jam Makan

Karena kamu tidak tidak dapat makan atau minum dengan masker, sebaiknya hindari restoran dan bar hotel. Ada baiknya untuk memesan room service saat jam makan. 

“Makan di kamar akan membatasi kontak dengan orang lain, jadi layanan kamar akan menjadi alternatif yang lebih aman daripada pergi ke restoran,” kata Dr. Labus.

Jika masih khawatir tertular akibat interaksi dengan petugas, kamu juga bisa meminta untuk diantar tanpa kontak. Makanan bisa diletakkan di luar pintu hotel. 

Hindari Fasilitas Bersama seperti Gym dan Spa

Meski sebagian hotel masih menyediakan fasilitas bersama, ada baiknya untuk tak menggunakannya.

"Gym bisa menjadi tempat rawan karena banyak orang tak menggunakan masker," ungkap Dr Russo. 

Untuk fasilitas spa, kamu bisa mempertimbangkannya jika keadaan spa sepi. Sebelum memesan perawatan, ajukan pertanyaan tentang protokol keselamatan dan pembersihan spa, dan jika ragu, abaikan.

 

Sumber Travel and Leisure

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Long Weekend di Depan Mata, Saatnya Staycation Bareng Keluarga

Long Weekend di Depan Mata, Saatnya Staycation Bareng Keluarga

Psst… Ada promo hotel yang sayang banget kalau dilewatkan lho!

Baca Selengkapnya
Nikmati Sensasi Staycation Ramadan di BATIQ Hotels, Ada Promo Menarik!

Nikmati Sensasi Staycation Ramadan di BATIQ Hotels, Ada Promo Menarik!

Yuk rasakan keseruan staycation saat Ramadan di hotel.

Baca Selengkapnya
Staycation Bareng Keluarga dan Teman Jadi Makin Seru dengan Promo Diskon

Staycation Bareng Keluarga dan Teman Jadi Makin Seru dengan Promo Diskon

Ada tawaran diskon sampai 25% yang bisa kamu dapatkan, lho!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Viral! Pasutri Tepergok Tanpa Busana di Kamar Hotel, Malah Minta Kompensasi 10 Kali Lipat Tarif

Viral! Pasutri Tepergok Tanpa Busana di Kamar Hotel, Malah Minta Kompensasi 10 Kali Lipat Tarif

Saat menginap di hotel sebaiknya berhati-hati. Selalu menjaga privasi dan keamanan diri.

Baca Selengkapnya
Niat Staycation di Hotel Glamping, Wanita Ini Dapat Kamar Suasana Hajatan

Niat Staycation di Hotel Glamping, Wanita Ini Dapat Kamar Suasana Hajatan

Momen lucu wanita curhat dapat kamar hotel glamping konsep mirip hajatan.

Baca Selengkapnya
Tamu Upacara HUT RI di IKN Nginap di Mana? Ini Kata Jokowi

Tamu Upacara HUT RI di IKN Nginap di Mana? Ini Kata Jokowi

Para tamu akan lebih baik jika bermalam di hotel yang berada di IKN. Jokowi yakin sudah ada hotel yang selesai dibangun pada saat HUT RI nanti.

Baca Selengkapnya
Jangan Kalap, 5 Tips Tetap Makan Seimbang Saat Lebaran

Jangan Kalap, 5 Tips Tetap Makan Seimbang Saat Lebaran

Berikut ini adalah beberapa tips bijak yang dapat membantu Sahabat Dream menikmati hidangan Lebaran dengan lebih terkontrol.

Baca Selengkapnya
9 Rekomendasi Tempat Liburan Bersama Ibu Tercinta, Ciptakan Momen Spesial Tak Terlupakan

9 Rekomendasi Tempat Liburan Bersama Ibu Tercinta, Ciptakan Momen Spesial Tak Terlupakan

Buatlah momen liburan bersama ibu tercinta menjadi spesial dengan memilih destinasi yang pas untuk keduanya.

Baca Selengkapnya
Lakukan Hal-hal Ini untuk Menjaga Hubungan yang Langgeng Bersama Pasangan!

Lakukan Hal-hal Ini untuk Menjaga Hubungan yang Langgeng Bersama Pasangan!

Ini adalah rahasia menjaga hubungan agar tetap langgeng. Yuk, simak baik-baik!

Baca Selengkapnya