Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Kota Terkecil di Dunia, Cuma Punya 2 Jalan dan 3 Baris Rumah

Kota Terkecil di Dunia, Cuma Punya 2 Jalan dan 3 Baris Rumah Foto: Anajur/Wikimedia Commons/Odditycentral.com

Dream - Hum adalah pemukiman puncak bukit yang indah di wilayah Istria Kroasia yang dikenal sebagai kota terkecil di dunia. Terletak di Istria pusat, sekitar 2,5 jam jika kamu berkendara dari ibu kota Kroasia, Zagreb.

Hum hanya dihuni 20 dan 30 orang (21 menurut sensus nasional 2011, dan 27 pada 2021).

Asal-usulnya kota ini ada dari tahun 1102 dan disebut Cholm. Lonceng dan menara pengawas dibangun pada tahun 1552 sebagai bagian dari pertahanan kota ini, tetapi orang yang tinggal di kota ini dan keluarga-keluarganya mulai pindah.

Kota itu tidak pernah benar-benar berkembang selama berabad-abad, dan bahkan hari ini hanya terdiri dari tiga baris rumah abad pertengahan yang rapi dan dua jalan-jalan.

Hum hanya memiliki ukuran 100 meter dan lebar 30 meter, makaa itu kota ini dianggap sebagai kota terkecil di dunia. Reputasi 'kota terkecil di dunia' telah memberikan keajaiban bagi Hum, dan saat ini pariwisata dianggap sebagai salah satu dari dua sumber pendapatan utama bagi penduduk setempat, bersama dengan pertanian.

Gerbang masuk Hum berada di bawah sebuah menara. Ada ruang kosong di belakang gerbang. Gerbang tersebut terdiri dari dua daun pintu yang bagian atasnya berhias 12 ornamen medalion.

Gambar-gambar medalion menunjukkan corak kehidupan penduduk lokal. Tepat di samping menara berdiri sebuah gereja.

Baik tembok kota dan sebagian perumahan penduduk terbuat dari bebatuan alam berwarna terang. Demikian pula jalanan sempit di antara rumah-rumah penduduk, sebagian ditumbuhi lumut, jalanannya naik turun.

Meski Hum terlihat sangat kuno, namun Hum terawat, rapi dan bersih. Sesekali kesan modern muncul dari lampu-lampu penerang kota.

Sebelum meninggalkan Hum, tak ada salahnya menyempatkan diri mengunjungi kompleks pekuburan di samping tempat parkir. Makam-makamnya terbuat dari batu marmer.

Sumber: Odditycentral.com, Laporan: Rena Safira

Deretan Destinasi Dunia Cocok Dijelajahi dengan Jalan Kaki

Dream - Menelusuri setiap ruang pada sebuah kota asing selalu jadi aktivitas menyenangkan saat liburan. Tentu, aktivitas ini tak bisa dilakukan dengan kendaraan pribadi maupun umum namun berjalan kaki. 

Tur jalan kaki atau walking tour tengah jadi tren di kalangan traveler. Konsep tur ini dapat memberikan pengalaman seru, seperti lebih banyak kesempatan mengeksplorasi suatu tempat. 

Survei yang dijalankan Booking.com menyebutkan walking tour menjadi aktivitas yang sangat disukai traveler. Sebanyak 48 persen responden yang merupakan traveler Indonesia lebih suka tur jalan kaki daripada naik kendaraan.

Ada sejumlah negara yang memiliki destinasi cocok untuk walking tour. Bahkan fasilitas untuk pejalan kaki disiapkan secara matang sehingga nyaman dilalui. 

Bagi penyuka tur jalan kaki, kalian bisa mengunjungi tujuh kota wisata terbaik di dunia ini. Tak hanya terbaik dari segi pemandangannya saja, tujuh kota ini sangat pas untuk ditelusuri dengan tur jalan kaki.

Vientiane, Laos

Laos mungkin belum begitu populer di kalangan traveler. Meski begitu, banyak yang menyebut salah satu kota di Laos sangat cocok untuk destinasi tur jalan kaki. Kota tersebut adalah Vientiane.

Laos

© Pixabay

Menghabiskan liburan di kota ini sangat menarik. Traveler bisa menikmati kota dengan jalan kaki di siang sampai malam hari.

Pada siang hari, kita bisa menikmati pemandangan kota berupa jalan raya lebar dengan bangunan klasik dengan arsitektur gaya Prancis di kiri kanannya, kuil dan candi Buddha Pha That Luang.

Malam harinya, kita bisa berkunjung ke Pasar Kuliner Vientiane yang berlokasi di tepi sungai. Tak hanya jajanan khas Laos saja, di kawasan ini biasanya juga terdapat bazaar yang selalu ramai.

 

Daegu, Korea Selatan

Korea Selatan tidak melulu identik dengan gedung tinggi dan K-Pop. Di Kota Daegu, kamu bisa menikmati pemandangan lain dari Korea.

Taman di Daegu

© Pixabay

Daegu sangat cocok dijelajahi dengan jalan kaki. Lingkungannya sangat kental dengan nuansa tradisional, lengkap dengan gang-gang sempit berhias rumah tradisional Korea.

Saat siang, traveler bisa menjelajahi pujasera Jin-alley, Lorong Mural Samduk-dong, dan mengunjungi Taman Duryu. Ketika senja datang, kamu bisa mendaki gunung kecil di Taman Apsan dan menikmati sore.

Kalau tak mau lelah mendaki, bisa mengunjungi Danau Suseong. Di tempat ini kerap digelar pertunjukan air menakjubkan.

Trois Rivieres, Kanada

Negara-negara di Eropa dan Amerika mungkin sudah tak asing dengan tur jalan kaki. Karena budaya mereka yang lebih senang berjalan kaki.

Salah satu kota wisata yang cocok untuk pecinta jalan kaki sambil liburan yaitu di Kota Trois Rivieres, Kanada.

Kanada

© https://www.tourismetroisrivieres.com/en/what-to-do/heritage-trail

Tempat ini jauh dari kebisingan kota modern sehingga sangat nyaman untuk berjalan kaki. Tak hanya itu, kota ini dihiasi lebih dari 50 bangunan kuno yang sudah ada sejak tahun 1650.

Salah satu ikon wisata di kota ini ialah Jembatan Laviolette yang membelah sungai St. Lawrence. Menyusuri jembatan ini di sore hari, dilanjutkan dengan mengunjungi Rues des Forges, dijamin membuat tur jalan kaki terasa lengkap dan tak akan terlupakan.

Culiacan, Meksiko

Kota Culiacan di Meksiko jadi salah satu tempat favorit bagi para penyuka tur jalan kaki. Kota satu ini terkenal dengan keasrian suasanya.

Setiap sudut kota ini dihiasi banyak sekali pohon. Suasana inilah yang membuat Culiacan sangat pas dijelajahi dengan berjalan kaki.

Meksiko

© https://www.visitmexico.com/en/actividades-principales/sinaloa/tour-the-city-of-culiacan

Dari pagi hingga sore hari, kamu bisa menikmati bunga-bunga segar bermekaran di sepanjang jalan Culiacan. Terutama di sepanjang jalan menuju kebun raya dan Gereja Lady of Guadaloupe.

Sambil menikmati pemandangan yang asri, kita bisa mencicipi kelezatan makanan lokal Meksiko yang tersedia di toko-toko kecil pinggir jalan. Kuliner seperti Chilorio dan jajanan lain yang terbuat dari makanan laut sangat pas menemani tur jalan kaki di Culiacan.

Orenburg, Rusia

Berpindah ke Rusia, tepatnya di Kota Orenburg yang sangat populer di kalangan traveler penggemar tur jalan kaki. Kota ini menyediakan fasilitas yang lengkap, mulai dari pemandu wisata yang siap menemani kita menjelajah setiap sudut kota hingga tempat-tempat hiburan menarik.

Rusia

© https://russiatrek.org/orenburg-city

Salah satu lokasi ikonik yang wajib dikunjungi oleh wisatawan tur jalan kaki yaitu jembatan kecil yang menghubungkan Eropa dengan Asia. Setelah puas mengelilingi kota, wisatawan bisa melepas penat di berbagai tempat hiburan.

Armada Mall jadi satu dari beberapa tempat hiburan yang selalu ramai dikunjungi wisatawan saat malam hari. Mall ini sangat pas untuk berbelanja hingga larut malam, lokasinya pun sangat strategis, dijamin akan membuat lelah berubah menjadi kesenangan.

Edinburgh, Inggris

Inggris dikenal sebagai negara yang memiliki banyak bangunan kuno bersejarah dan masih terjaga sampai saat ini. Salah satunya Kastil yang terletak di Kota Edinburgh. Tak hanya kastil saja, di kota ini masih banyak bangunan kuno lain yang tak kalah mempesona.

Inggris

© Pixabay

Untuk menikmati suasana Eropa Kuno, wisatawan bisa menyusuri setiap jalan di Edinburgh dengan berjalan kaki. Menghabiskan siang hari di Edinburgh dengan jalan kaki membuat kita merasa di wilayah Harry Potter.

Tak habis di siang hari saja, wisatawan yang ingin menguji nyalinya bisa melanjutkan tur jalan kaki ke The Dark Side, mendaki ke Loch Lomond dan Kastel Stirling Kelpies. Benar-benar terasa seperti dalam film Harry Potter.

Wina, Austria

Terakhir, kota Wina atau lebih dikenal dengan nama Vienna, Austria. Di kota ini, wisatawan tak hanya disuguhi dengan pemandangan bangunan berarsitektur kuno yang megah saja, tapi juga karya seni menakjubkan di Istana Schonbrunn, Katedral St. Stephen, Istana Belvedere dan Rathaus Vienna.

Wina

© https://www.austria.info/uk/where-to-go/cities/vienna

Bila lelah berjalan menunjungi tempat-tempat tersebut, wisatawan tak perlu khawatir. Kota ini memiliki fasilitas transportasi umum yang canggih dan mudah. Salah satu transportasi umum yang diandalkan Wina yaitu trem.

Mengunjungi dan menjelajah Wina dengan jalan kaki, akan membuat liburan semakin berkesan. Suasana alam yang asri, bangunan kuno bersejarah dan berbagai karya seni menakjubkan, suatu kombinasi liburan yang mengesankan.

Sumber: Booking.com

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
15 Pasar Jalanan Paling Tua di Dunia, Ada yang Umurnya Ribuan Tahun

15 Pasar Jalanan Paling Tua di Dunia, Ada yang Umurnya Ribuan Tahun

Semua orang tentu pernah melihat atau bahkan pergi mengunjungi pasar jalanan. Yuk, simak pasar jalanan apa saja yang paling tua di dunia!

Baca Selengkapnya
Heboh Peneliti Temukan Dunia yang Hilang, Ternyata Lokasinya di Indonesia

Heboh Peneliti Temukan Dunia yang Hilang, Ternyata Lokasinya di Indonesia

Sumba merupakan rumah bagi sebagian besar satwa yang telah punah sejak ribuan tahun lalu.

Baca Selengkapnya
Penampakan Rumah Mungil dan Sempit dalam Kampung, Tanpa Teras dan Pagar Tapi Dalamnya Bersih dan Nyaman

Penampakan Rumah Mungil dan Sempit dalam Kampung, Tanpa Teras dan Pagar Tapi Dalamnya Bersih dan Nyaman

Meski dari luar terlihat sempit dan sederhana, rumah kecil pinggir jalan kampung ini terasa nyaman dalamnya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Heboh Penemuan Kota Berusia 5.000 Tahun di Bawah Laut, Jalanan dan Pemakamannya Utuh!

Heboh Penemuan Kota Berusia 5.000 Tahun di Bawah Laut, Jalanan dan Pemakamannya Utuh!

Berikut kisah menarik para penyelam yang menemukan kota di bawah laut berusia 5.000 tahun!

Baca Selengkapnya
Dilarang Ngeres! Inilah Daftar 6 Nama Desa Unik di Kabupaten Pamekasan, No 3 dan Terakhir Bikin Pikiran Traveling ke Mana-mana

Dilarang Ngeres! Inilah Daftar 6 Nama Desa Unik di Kabupaten Pamekasan, No 3 dan Terakhir Bikin Pikiran Traveling ke Mana-mana

Kabupaten dengan bahasa sehari-hari Bahasa Madura ini ternyata memiliki banyak nama desa yang terdengar unik.

Baca Selengkapnya
Cak Imin Mau Bikin 40 Kota Setara Jakarta, Wali Kota Balikpapan Ungkap IKN Lebih Realistis

Cak Imin Mau Bikin 40 Kota Setara Jakarta, Wali Kota Balikpapan Ungkap IKN Lebih Realistis

Wali kota Balikpapan dininiali setuju untuk pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur.

Baca Selengkapnya
Fakta-Fakta dan Kronologi 16 Tahanan Kabur dari Polsek Tanah Abang Pakai Sajadah

Fakta-Fakta dan Kronologi 16 Tahanan Kabur dari Polsek Tanah Abang Pakai Sajadah

16 Tahanan Kabur dari Polsek Tanah Abang, Kini Diburu Polisi

Baca Selengkapnya