Kaya Potensi, Begini Cara Pebisnis Hotel Kapsul Dukung Sustainable Tourism di Indonesia

Travel | Sabtu, 1 Oktober 2022 06:40

Reporter : Elvira F Saudi

CEO dan Co-founder Bobobox, Indra Gunawan menegaskan komitmen Bobobox dalam pengembangan pariwisata berkelanjutan di Indonesia.

Dream - Geliat sektor bisnis pariwisata Indonesia semakin meningkat dalam beberapa waktu belakangan seiring dengan berbagai upaya yang dilakukan pemerintah. Tren ini turut berdampak pada peningkatan jumlah kedatangan wisatawan.

Di tengah tren peningkatan jumlah kunjungan wisatawan, khususnya asing, hal penting lain yang tak boleh luput dari perhatian adalah memastikan momen kebangkitan pariwisata diikuti pembangunan pariwisata yang berkelanjutan (sustainable tourism).

Mengutip laporan Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI) tahun 2021 yang dari World Economic Forum, Indonesia saat ini berada pada peringkat 32 dari 117 negara dalam pengembangan sektor perjalanan dan pariwisata yang berkelanjutan dan tangguh. 

Sementara data Sustainable Travel Report 2022 menunjukan 81 persen wisatawan global merasa pariwisata berkelanjutan sangat penting dengan 50 persen dari responden tersebut mengatakan kepedulian ini bertumbuh karena isu perubahan iklim.  

 Webinar Bobobox© Dream.co.id/Elvira Saudi

Kaya Potensi, Begini Cara Pebisnis Hotel Kapsul Dukung Sustainable Tourism di Indonesia
Kontribusi Bobobox Dukung Sustainable Tourism Di Indonesia
2 dari 3 halaman

“ Sebagai salah satu pelaku usaha di bidang pariwisata, Bobobox berkomitmen untuk turut aktif dalam mendukung usaha pemerintah mengembangkan industri pariwisata yang berkelanjutan, tangguh, dan inklusif melalui operasional dan kegiatan bisnisnya,"  CEO dan Co-founder Bobobox Indra Gunawan dalam Webinar Rethinking Tourism: Transitioning Into a Greener Tourism baru-baru ini.

Founder dan CEO Wise Steps Consulting, Mochamad Nalendra menambahkan Indonesia sudah waktu melakukan transisi industri pariwisata ke arah sustainable tourism. Hal ini tak terlepas dari kekayaan destinasi wisata di Indonesia yang banyak mengandalkan alam.

 

Kira-kira, apa saja ya kontribusi Bobobox dalam mendukung pariwisata berkelanjutan?

3 dari 3 halaman

Kelestarian lingkungan patut dijaga agar nilai manfaatnya terus terasa. Karenanya, Bobobox mengedepankan prinsip modularitas dan prefabrikasi dalam setiap produk Bobobox dengan harapan bisa meminimalisasi dampak negatif bagi lingkungan sekitar.

Selain itu, Bobobox juga selalu memastikan inklusivitas sosial dengan membuka lapangan pekerjaan dan memberdayakan UMKM sekitar tempat Bobobox dan Bobocabin beroperasi. Mulai dari taman bunga dan buah lokal, area outbond di sekitar lokasi, sampai catering masakan warga sekitar.

Tentunya, semua kebijakan tersebut dipastikan sejalan dan bekerja sama dengan pemerintah. Kedepannya, dengan bertambahnya daerah operasional Bobobox, kami berharap dapat semakin berkontribusi terhadap perkembangan pariwisata berkelanjutan di Indonesia.

Join Dream.co.id