Daftar Event Seru Selama Rang Solok Baralek Gadang 2022, Yuk Nostalgia Permainan Tradisional

Travel | Rabu, 21 September 2022 06:12

Reporter : Shania Suha Marwan

Yuk lihat ada kegiatan seru apa aja si di Ramg Solok Baralek Gadang 2022!

Dream - Jika merasa sudah mulai merasa bosan dengan pemandangan melihat gedung tinggi di Jakarta, sepertinya kamu sedang membutuhkan liburan. Tak perlu ke luar negeri, Sahabat Dream bisa melepas lelah dengan plesir ke berbagai destinasi terkenal di Tanah Air.

Jika sudah menjelasakan kawasan timur Indonesia, mungkin kini saatnya kamu traveling ke berbagai destinasi menarik di bagian barat seperti Solok, di Sumatera Barat. 

Mendapat julukan sebagai Kota Beras, Solok sudah tersohor sebagai daerah penghasil makanan utama kebanyakan orang Indonesia ini dengan kualitas tinggi. Solok juga menyimpan beragam keindahan dan keunikan yang bakal menjadi pengalaman berharga kamu sepanjang hidup. 

Walaupun sudah mulai banyak daerah urban, kamu tetap bisa menemukan beberapa daerah di Solok yang masih menyajikan pemandangan persawahan dan kehidupan tradisional yang terjaga dengan baik. 

Daftar Event Seru Selama Rang Solok Baralek Gadang 2022, Yuk Nostalgia Permainan Tradisional
Ilustrasi/Shutterstock
2 dari 4 halaman

Bahkan jika berkesempatan berkunjung ke Solok dalam pekan ini, Sahabat Dream akan mendapatkan pengalaman unik ketika warga Solok merayakan Rang Solok Baralek Gadang. 

Event ini digelar di Hamparan Sawah Solok, kelurahan VI Suku Kota Solok Sumatera Barat dan berlangsung dari 22-26 September 2022 mendatang.

Berikut ini adalah beberapa kegiatan seru yang bisa kamu rasakan di Rang Solok Baralek Gadang! 

 © Ilustrasi/Shutterstock

Berdoa sebelum turun ke sawah dengan ritual Batulak Bala 

Ketika pertama kali datang ke acara ini, Sahabat Dream bisa menyaksikan ritual Batulak Bala yang digelar pada pagi hari pertama Rang Solok Baralek Gadang berlangsung atau 22 September 2022. 

Ritual adat Kota Solok yang sampai saat ini masih dilestarikan akan memperlihatkan kebiasaan masyarakat yang berdoa dan berzikir bersama sambil mengelilingi area persawahan. 

Doa tersebut dipanjatkan agar mendapatkan rezeki dan terhindar dari hama penyakit dan wabah. 

Malam Perayaan 

Event Rang Solok Baralek Gadang biasanya dibuka secara resmi pada malam hari.  Kamu bisa melihat beragam pertunjukan kesenian mulai dari tarian hingga musik, Silek Basilumuih dan Randai. 

Setiap daerah juga akan menampilkan penampilan dari sanggar tari yang dimiliki, pertunjukan grup musik, musik kontemporer dari komunitas hingga Randai kontemporer dan kudalumping. 

3 dari 4 halaman

Ngemil di Bazar Kuliner

Tak pas rasanya jika berkunjung ke sebuah daerah baru tanpa mencicipi makanan tradisionalnya. Penyelenggara akan menghadirkan pameran dan bazar kuliner yang bisa kamu kunjungi untuk mencoba beragam makanan. 

Nostalgia lewat Permainan Anak Nagari 

Puas dengan makanan tradisional yang dihidangkan, kamu bisa bernostalgia dengan beragam permainan di hari ketiga dan kempat acara ini. 

 © Ilustrasi/Shutterstock

Kamu bisa mengajak anggota keluarga atay sahabat mengikuti permainan anak seperti Silek Basilumuh, Pacu Upiah, Batuang Gilo, dan Basikakeh Roda Basi. 

4 dari 4 halaman

Pawai Budaya dan Makan Nasi Baronjin Bersama 

 © Ilustrasi/Shutterstock

Event yang tak boleh kamu lewatkan dari Rang Solok Baralek Gadang adalah pawai budaya yang menampilkan berbagai kreasi masyarakat. Sebanyak 13 kelurahan akan ikut berpartisipasi yang mewakili 13 prosesi adat yang ada di Solok. 

Jangan lupa untuk makan Nasi Baronjin, bersama peserta dan pengunjung untuk mendapatkan rasa kebersamaan yang tinggi. 

(Sah, Sumber: Wonderful Indonesia)

Join Dream.co.id