Mengintip Hotel Kapsul Gratis untuk Jemaah Haji

Hotel Syariah | Rabu, 22 Agustus 2018 11:11
Mengintip Hotel Kapsul Gratis untuk Jemaah Haji

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Dipakai untuk tidur siang.

Dream – Ibadah haji umat muslim di seluruh dunia baru saja dimulai. Jutaan umat muslim dari seluruh dunia datang berkumpul di kota suci, Mekah, untuk menunaikan rukun Islam yang kelima.

Menurut otoritas Arab Saudi, jumlah jemaah haji tahun ini meningkat tujuh persen dibandingkan tahun sebelumnya, yakni lebih dari dua juta orang.

Dikutip dari Metro.co.uk, Selasa 21 Agustus 2018, akomodasi jemaah haji menjadi masalah pada tahun-tahun sebelumnya. Jumlah pengunjung yang begitu banyak, kepadatan hotel, juga peringatan cuaca dan banjir tahun ini membuat para jemaah haji kesulitan mencari tempat istirahat yang nyaman dan aman.

Kini, Arab Saudi menyediakan hotel kapsul untuk jemaah haji di Mina, Arab Saudi. Sekadar informasi, hotel kapsul ini biasanya ditemukan di Jepang.

 Hotel kapsul untuk jemaah haji.
© The National

Dengan konsep pemanfaatan ruang yang efisien, hotel kapsul diharapkan mampu mengakomodasi kebutuhan akomodasi dengan biaya lebih rendah, namun dengan kualitas prima.

Walaupun statusnya masih dalam tahap uji, hotel kapsul ini telah beroperasi sebanyak 30 unit secara gratis untuk jemaah haji yang beristirahat sejenak.

Setiap polong fiberglass memiliki panjang kurang dari tiga meter, di mana di dalamnya sudah termasuk kasur, seprai bersih, pendingin udara, dan cermin yang menyala di dinding.

2 dari 4 halaman

Berapa Lama Jemaah Haji Bisa Tidur di Hotel Kapsul?

Kepala Haji dan Mutamar Gift Charitable Association, Mansour al-Amer, mengatakan hotel kapsul ini memberikan kenyamanan dengan harga terjangkau untuk beristirahat.

" Kami selalu memikirkan para peziarah dan bagaimana membuat mereka lebih nyaman selama ritual haji," kata al-Amer.

Dia berkata hotel kapsul ini sudah ada secara global, di Jepang, contohnya. “ Kami percaya itu sangat cocok untuk tempat-tempat keramaian di tempat-tempat suci di Mekkah dan Madinah," kata dia.

Setiap jemaah haji yang ingin memanfaatkan hotel kapsul ini, akan diberikan akses selama tiga jam dan kemudian diminta untuk menyerahkan kepada orang lainnya.

 Begini penampakan hotelnya.
© The National

Pengelola akan mensterilkan setiap kapsul sebelum digunakan oleh penghuni lainnya.

" Kapsul bekerja melalui ekonomi berbagi, seperti sepeda yang dapat di sewa selama satu jam dan kemudian pergi untuk orang lain," kata dia.

Kapsul-kapsul itu merupakan tambahan untuk peluncuran prakarsa " haji pintar" Arab Saudi, yang bertujuan membantu para peziarah dengan segala sesuatu mulai dari rencana perjalanan hingga perawatan medis dan puluhan ribu lebih petugas keamanan di seluruh lokasi ziarah.

(Laporan: Rahma Yulius)

3 dari 4 halaman

Ada Hotel Kapsul di Bandara Soetta, Ini Fasilitasnya

Dream - Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) kini memiliki fasilitas baru yang sangat dibutuhkan oleh para traveler, yaitu hotel kapsul. Lokasinya berada di Terminal 3.

Hotel kapsul tersebut memiliki tema space-ship nan futuristik ini merupakan yang pertama berada di Bandara Indonesia. Lalu apa berapa tarif dan apa saja fasilitasnya?

Senior Manager Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta, Febri Toga Simatupang mengatakan terdapat dua tipe kamar kapsul yang disiapkan. Tipe kamar yakni tipe Alpha dan Beta.

" Hal yang membedakannya pada ukuran TV-nya. Untuk tipe Alpha TV berukuran 22 inch dan mendapat mini portable table. Sedangkan Untuk tipe Beta, TV-nya berukuran 32 inch tanpa mini portable table,” ujar Febri kepada wartawan, Rabu 1 Agustus 2018.

Tingkat harga kamarnya pun sangat terjangkau. Untuk rate kedua tipe itu publish rate-nya Rp 375.000 per malam dan Rp250.000 per 6 jam. Hotel ini hanya bisa memuat satu orang karena telah diukur sedemikian rupa, kecuali dengan anak di bawah usia lima tahun.

" Fasilitasnya lengkap, kurang lebih terdapat 50 channel TV cable di setiap capsule, Free wifi, USB charger port, sharing shower area dengan air panas/dingin, loker yang ukurannya cukup menyimpan barang handcarry di cabin pesawat," ujar Febri.

Bagi penumpang yang khawatir kesiangan ketika akan penerbangan pagi dan masih bingung cari tempat yang nyaman ketika transit saat menunggu penerbangan selanjutnya di Bandara Soekarno-Hatta, kini tidak perlu khawatir lagi.

“ Hotel kapsul modern yang bertemakan space-ship nan futuristik ini menjadi salah satu pilihan yang terbaik,” ujar Febri.

Sumber: Ilyas Istianur Praditya/ Liputan6.com

4 dari 4 halaman

Intip Fasilitas Hotel Kapsul Unik di Jakarta, Cuma Rp150 Ribu

Dream - Hotel kapsul kini tengah menjadi perbincangan para traveler. Hal itu lantaran bentuknya yang unik karena dalamnya ada satu kasur yang hanya bisa dihuni oleh satu orang.

Hotel kapsul sendiri awal mulanya hadir di Jepang dan bukan diperuntukkan bagi traveler. Melainkan untuk para pekerja yang lembut dan tidak ada waktu untuk pulang.

Bagi masyarakat awam memang belum banyak mengetahui hotel jenis ini, tapi bagi para traveler, hotel ini banyak dipilih karena harganya yang miring.

Tim Dream berkesempatan untuk mencicipi bagaiamana suasana KINI Luxury Capsule yang berada di kawasan Pluit, Jakarta Utara.

 Hotel Kapsul
© dream.co.id

Saat pertama masuk, kita disambut oleh petugas keamanan terlebih dahulu dan dibukakan pintu dari luar. Ya, karena pintu di hotel kapsul ini harus dibuka menggunakan access card.

Setelah masuk, langsung disambut oleh resepsionis ditemani pemandangan ukiran dari batu roster yang biasa digunakan di Indonesia untuk ventilasi udara.

General Manager of KINI Luxury Capsule, Miranda Haryanto menyebut hotel kapsul miliknya ini satu-satunya yang menyajikan nuansa Indonesia.

 Hotel Kapsul
© dream.co.id

" Enggak ada hotel kapsul lain yang menawarkan seperti Indonesian culture," ujar Miranda, Kamis 19 Juli 2018.

Miranda menuturkan, hotel ini menyediakan 34 kapsul yang terbagi di dua ruangan dengan ukuran 1,1x2 meter. Masing-masing ruangan terdapat 17 kapsul dimana dua diantaranya berukuran lebih besar dibanding yang lain yakni 1,7x2 meter.

 Hotel Kapsul
© dream.co.id

" Satu ruangan itu khusus untuk wanita. Karena kan untuk kenyamanan privasi," kata dia.

Hotel kapsul ini menyediakan standar keamanan cukup tinggi. Dengan pintu yang dipasangi access card, tidak semua orang bisa masuk ke dalam ruangan yang terdapat kapsul.

Selain itu, tertera di pintu kacanya beberapa aturan seperti tidak boleh makan di dalam kapsul, tidak boleh makan dan tidak boleh berisik dari jam 21.00-07.00 WIB.

Untuk menjamin kenyamanan, pengunjung juga wajib melepas sepatunya dan menyimpan di loker sebelum pintu masuk.

" Toilet kita ada empat untuk wanita dan tiga untuk laki-laki," ucap dia.

Setelah masuk, ruangan ini dibagi menjadi lima. Dua untuk kapsul, dua untuk kamar mandi wanita dan pria dan satu ruangan untuk tempat loker. Bagi pengunjung atau traveler yang membawa tas atau koper, bisa disimpan di loker berukuran 32 inch.

 Hotel Kapsul
© dream.co.id

Memasuki ruangan kapsul, pengunjung akan dihadapkan dengan 17 kapsul dengan posisi berhadapan dan bertingkat dua. Untuk ukuran masyarakat Indonesia, ukuran kapsul ini tidak terlalu besar atau kecil.

Kapsul ini juga memiliki fasilitas private Air Conditioner (AC). " Kita juga ada pendingin yang bisa dibuka tutup kayak di mobil. Kalau di tempat lain kan ACnya hanya di ujung kamar," ujar dia

Fasilitas colokan listrik juga tersedia dan meja. Apabila meja terbuka, maka pengunjung bisa memanfaatkannya untuk bercermin.

 Hotel Kapsul
© dream.co.id

Untuk harga permalamnya, hotel kapsul ini mematok harga 10 USD atau Rp150 ribu dengan memberi layanan sarapan gratis.

Selain itu, setiap Kamis malam, para pengunjung akan diajak berkeliling wisata kuliner khas Indonesia. " Ini kita hanya mengantar ya," ucap dia.

Kemudian, hari Sabtu pengunjung akan diajak bermain layang-layang. Untuk hari Minggu, hotel kapsul ini juga menyediakan kelas bahasa Indonesia bagi wisatawan asal mancanegara. Bagi yang ingin belajar membatik, hotel kapsul juga menyediakan kelas batik selama satu jam setiap harinya.

Nah, gimana sahabat Dream tertarik menginap di hotel kapsul?

Join Dream.co.id