Unik, Pulau Sidik Jari Jadi Destinasi Incaran di Kroasia

Destination | Jumat, 3 Desember 2021 20:10

Reporter : Ahmad Baiquni

Pulau ini benar-benar terlihat sebagai sidik jari raksasa.

Dream – Di Kroasia, ada satu pulau yang kini tengah naik daun. Pulau itu diberi julukan Pulau Sidik Jari.

Pulau bernama Baljenac itu berlokasi di lepas pantai Kroasia, di Laut Adriatik. Baljenac ini adalah pulau kecil yang ditutupi oleh serangkaian dinding batu kering yang membuatnya terlihat seperti sidik jari raksasa jika dilihat dari udara.

Pemerintah Kroasia telah meminta agar UNESCO memasukkan pulau ini dalam daftar situs warisan dunia. Diharapkan tidak hanya akan meningkatkan popularitasnya tetapi juga menjamin perlindungan Baljenac yang lebih baik.

Pulau Baljenac ini berbentuk oval, ditutupi oleh jaringan dinding batu kering sepanjang 23 kilometer. Ketika sampai di sana kamu akan mengira itu adalah labirin kuno.

Namun, ditemukan fakta dindingnya hanya setinggi pinggang dan dirancang semata-mata untuk membuat pertanian lebih mudah di tempat yang tidak ramah.

Menurut penduduk terdekat, medan berbatu dan angin kencang tidak begitu ideal untuk budidaya tanaman. Jadi penduduk pulau Kaprije membangun tembok batu ini untuk memisahkan tanaman dan memberi mereka perlindungan.

 

Unik, Pulau Sidik Jari Jadi Destinasi Incaran di Kroasia
Pulau Baljenak (Oddity Central)
2 dari 2 halaman

Untuk Lindungi Tanaman

Sebenarnya, ini adalah teknik yang digunakan di bagian lain Eropa, seperti Inggris atau Irlandia. Sampai saat ini, tidak ada tempat lain yang meniru pola sidik jari manusia seperti di Pulau Baljenac.

Pulau tak berpenghuni ini memiliki permukaan hanya 0,14 kilometer persegi. Pulau ini memiliki 23 kilometer dinding yang dibuat hanya dengan menumpuk batu di atas satu sama lain.

Jenis dinding yang sama digunakan di Kaprije dan Zut, tetapi Baljenac sejauh ini memiliki konsentrasi tertinggi berdasarkan luas permukaan.

 Pulau Baljenak© Facebook

Sebagian besar jaringan dinding batu diyakini telah didirikan pada abad ke-19, tetapi Baljenac dan Kaprije berfungsi sebagai tempat berlindung yang aman bagi orang Kristen selama penaklukan Ottoman pada abad ke-16 dan ke-17, sehingga beberapa bagian tembok bisa lebih tua.

Sejak foto udara Baljenac mulai menyebar di internet, popularitas pulau sidik jari telah berkembang pesat. Melalui internet banyak turis berkunjung dan ingin melihat langsung daerah tersebut.

Meskipun penduduk setempat menyambut pengunjung, beberapa khawatir tentang kerusakan yang diakibatkan oleh tembok di tangan wisatawan yang nakal.

Jika ingin mengetahui pulau-pulau yang tampak lebih tidak biasa, bisa melihat pulau buatan yaitu Pulau Keong. Pulau ini dibuat secara eksklusif dari kulit kerang, dikutip dari Oddity Central.

Laporan : Siti Sarah Al hafizd

Join Dream.co.id