Unik! Menginap di Kampung Wisata Halal Ini, Wajib Pakai Sarung

Wagub Amin Resmikan Kampung Wisata Halal Kangkong. (Foto: Pusat Kajian Keuangan Negara)
DESTINATION  |  15 Januari 2018 16:11

Kampung ini diklaim sebagai kampung wisata halal pertama di NTB lho.

Reporter : Puri Yuanita

Dream - Sektor pariwisata halal semakin berkembang di Indonesia. Terbukti dengan semakin banyak hadirnya destinasi-destinasi wisata baru yang mengusung konsep halal.

Salah satu contohnya adalah kampung wisata halal yang dikembangkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). Yup, Pemkot Mataram merancang pengembangan sebuah kampung wisata halal di Lingkungan Karang Jangkong, Kecamatan Cakranegara. Kampung ini diklaim sebagai kampung wisata halal pertama di NTB lho.

Lingkungan Karang Jangkong (Kangkong) Halal Tourism Town ini digagas oleh Ida Wahyuni Sahabudin bersama Kelompok Sadar Wisata Lingkungan Kangkong. Inisiatif komunitas tersebut dalam menciptakan kampung wisata halal mendapatkan apresiasi dari Pemkot Mataram.

Kampung Wisata Halal Kangkong ini pun diunggulkan sebagai tujuan wisata religi baru di Mataram selain Masjid Hubbul Wathan Islamic Center.

Ida Wahyuni Sahabudin mengatakan, kampung wisata halal menawarkan berbagai paket wisata halal yang dapat dinikmati wisatawan lokal maupun mancanegara.

" Beberapa program yang dilaksanakan, antara lain, pusat kuliner tradisional halal, pondok wisata halal, rumah pintar dan wisata religi," ujar Ida seperti dikutip dari Antara.

Untuk pusat kuliner tradisional halal, di Kangkong tidak diperbolehkan menjual minuman keras baik tradisional maupun pabrikan. Begitu juga dengan makanan serta jajanan tradisional, diproduksi dengan standar halal yang telah ditetapkan.

Kampung ini juga menawarkan program pondok wisata halal, yakni berupa penginapan di rumah warga dengan mengikuti standar halal. Menariknya, ada aturan unik yang ditetapkan di sana yakni para tamu tidak diboleh menggunakan celana pendek dan diharuskan mengenakan sarung.

" Selama berada di pondok halal, mereka harus menggunakan sarung. Pondok halal dilengkapi juga dengan arah kiblat dan alat sholat," jelas Ida.

Ulasan selengkapnya tentang kampung wisata halal yang unik ini bisa dilihat di sini.   

Detik-detik Bom Bunuh Diri Meledak di Polrestabes Medan
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Kocak Abis, Gaya Barbie Kumalasari Ngomong Bahasa Inggris
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :