Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Unik! Menginap di Kampung Wisata Halal Ini, Wajib Pakai Sarung

Unik! Menginap di Kampung Wisata Halal Ini, Wajib Pakai Sarung Wagub Amin Resmikan Kampung Wisata Halal Kangkong. (Foto: Pusat Kajian Keuangan Negara)

Dream - Sektor pariwisata halal semakin berkembang di Indonesia. Terbukti dengan semakin banyak hadirnya destinasi-destinasi wisata baru yang mengusung konsep halal.

Salah satu contohnya adalah kampung wisata halal yang dikembangkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). Yup, Pemkot Mataram merancang pengembangan sebuah kampung wisata halal di Lingkungan Karang Jangkong, Kecamatan Cakranegara. Kampung ini diklaim sebagai kampung wisata halal pertama di NTB lho.

Lingkungan Karang Jangkong (Kangkong) Halal Tourism Town ini digagas oleh Ida Wahyuni Sahabudin bersama Kelompok Sadar Wisata Lingkungan Kangkong. Inisiatif komunitas tersebut dalam menciptakan kampung wisata halal mendapatkan apresiasi dari Pemkot Mataram.

Kampung Wisata Halal Kangkong ini pun diunggulkan sebagai tujuan wisata religi baru di Mataram selain Masjid Hubbul Wathan Islamic Center.

Ida Wahyuni Sahabudin mengatakan, kampung wisata halal menawarkan berbagai paket wisata halal yang dapat dinikmati wisatawan lokal maupun mancanegara.

"Beberapa program yang dilaksanakan, antara lain, pusat kuliner tradisional halal, pondok wisata halal, rumah pintar dan wisata religi," ujar Ida seperti dikutip dari Antara.

Untuk pusat kuliner tradisional halal, di Kangkong tidak diperbolehkan menjual minuman keras baik tradisional maupun pabrikan. Begitu juga dengan makanan serta jajanan tradisional, diproduksi dengan standar halal yang telah ditetapkan.

Kampung ini juga menawarkan program pondok wisata halal, yakni berupa penginapan di rumah warga dengan mengikuti standar halal. Menariknya, ada aturan unik yang ditetapkan di sana yakni para tamu tidak diboleh menggunakan celana pendek dan diharuskan mengenakan sarung.

"Selama berada di pondok halal, mereka harus menggunakan sarung. Pondok halal dilengkapi juga dengan arah kiblat dan alat sholat," jelas Ida.

Ulasan selengkapnya tentang kampung wisata halal yang unik ini bisa dilihat di sini.   

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Mulai dari Makanan hingga Penginapan, Intip Ragam Destinasi Wisata Halal di Singapura Ini!

Mulai dari Makanan hingga Penginapan, Intip Ragam Destinasi Wisata Halal di Singapura Ini!

Singapura telah menjadi salah satu destinasi yang banyak dikunjungi oleh wisatawan asal Indonesia.

Baca Selengkapnya
Tempat Wisata Terkenal Ini Ternyata punya Artis Tanah Air, Ada yang Jadi Lokasi Syuting Film

Tempat Wisata Terkenal Ini Ternyata punya Artis Tanah Air, Ada yang Jadi Lokasi Syuting Film

Tempat wisata para artis tersebut jadi salah satu pilihan menarik bagi masyarakat

Baca Selengkapnya
6 Rekomendasi Wisata Dataran Tinggi di Indonesia, Wajib Datang Sekali Seumur Hidup

6 Rekomendasi Wisata Dataran Tinggi di Indonesia, Wajib Datang Sekali Seumur Hidup

Segarkan pikiran dan hati dengan eksplorasi wisata dataran tinggi.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.