Trio Gili di Lombok, Tempat Pas Buat Santai, Pesta dan Romansa

Destination | Senin, 18 Januari 2021 11:10

Reporter : Ahmad Baiquni

Gili Trawangan, Meno, dan Air bakal bikin kamu terpuaskan.

Dream – Kamu mau cari tempat berlibur, bulan madu ataupun sekadar bersantai? Sembari melihat pemandangan dan buah kelapa jadi pilihan paling tepat.

Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, di Indonesia sendiri banyak tempat bagus dan keren loh! Salah satu pilihannya dengan pergi ke pantai.

Indonesia adalah negara kepulauan dengan banyak destinasi pantai atau pulau, ini dia beberapa destinasi pulau Gili yang bisa kamu datangi, dikutip dari Lonely Planet.

 

Trio Gili di Lombok, Tempat Pas Buat Santai, Pesta dan Romansa
Gili Trawangan (Shutterstock.com)
2 dari 4 halaman

Gili Trawangan

Satu dari tiga pulau Gili yang paling besar, paling hidup dan terawat serta satu tempat termurah di dunia untuk belajar menyelam dengan tempat sekolah menyelam yang memadai.

Terkenal dengan keramahan orang-orangnya yang mau kenal dengan satu sama lain. Atmosfer sosial yang terbentuk sangatnya asyik, apalagi di malam hari saat berpesta. Semua sekolah menyelam akan berada di satu tempat untuk mengadakan pesta di malam hari.

Selain berpesta, destinasi ini juga diminati untuk liburan keluarga. Tak harus selalu pesta, di Gili kamu bisa habiskan waktu dengan santai sambil menikmati pemandangan, snorkling bersama, atau melihat-lihat kekayaan maritim yang ada, salah satunya kura-kura.

Akomodasi di Gili Trawangan banyak pilihan, kamu bisa menginap di hotel ataupun rumah warga. Tempat makan juga sudah tersedia mulai dari makanan barat hingga makanan Asia.

Yang terpenting di sana, kamu tak akan menemukan mobil. Pilihan transportasinya cukup bikin sehat dan ramah lingkungan yaitu dengan jalan kaki, naik kuda, cidomo (kereta kuda khas Lombok) atau sepeda. Kamu dapat mengitari pantai dengan jalan kaki hanya dengan 2 jam saja.

Di sisi barat pulai ini kamu bisa menikmati ketenangan dan bersantai di sebuah bungalow, Gili Teak Resort atau villa, Gili Treehouse. Di sisi barat daya kamu bisa menikmati sunset yang benar-benar indah.

 

3 dari 4 halaman

Gili Meno

Pulau terkecil dan tertenang dari dari Gili. Dengan pasir putih bersih dan air laut sangat bening, benar-benar tempat paling cocok untuk berbulan madu.

Akomodasi di sana juga sudah oke banget. Ada tempat makan yang menawarkan menu Indonesia banget dan bisa disantap sambil menikmati matahari terbenam.

Untuk penginapan juga ada hotel yang keren, The Rabbit Tree dan Gili Meno Eco Hostel dan beberapa resor seperti Mahamaya. Di Gili Meno terdapat juga beberapa sekolah menyelam dan situs spektakuler lepas pantai yang dapat diikuti, termasuk dengan pemadangan indah yang bisa dieksplor dan bisa buat swafoto.

Di pulau ini kamu juga bisa menemukan tempat sewa alat snorkling dan sepeda. Kalau kamu snorkling, bisa banget foto-foto di bawah laut dengan ponsel tahan air, keindahannya menakjubkan. Inti dari pulau ini tenang dan santai.

 

4 dari 4 halaman

Gili Air

Pulau ini adalah perpaduan sempurna dari kedua pulau di atas. Ada restoran enak dan sekolah menyelam seperti di Trawangan, juga dapat sensasi rileks laiknya di Meno. Tempat yoga terenak di Indonesia, juga satu-satunya pulau Gili dengan pemandangan laut bersamaan dengan Gunung di Lombok.

Di sisi utara dan timur banyak terdapat bar pantai dan restoran untuk berpesta di malam hari dan setiap bulannya bisa menikmati pemandangan bulan penuh di bar yang tersedia.

Pulau ini menyediakan sepeda, alat snorkiling, dan alat nyelam. Pemandangan lautnya sangat memukau mata dengan terumbu karang yang bermacam-macam, ada ikan nemo, sama kura-kura juga. Dibagian barat pulau ini ada pasir putihnya.

Pemulihan pulau Air pasca gempa bumi tahun 2018 sangat cepat, pembangunan penginapan semacam bungalownya, sungguh bagus dan sangat layak di tempati dengan budger yang pas.

Untuk ke Gili dari Bali dan Lombok bisa saja dilakukan. Kamu membutuhkan waktu 45 menit-2,5 jam perjalanan dari Bali dengan kapal cepat. Sedangkan dari Lombok sekitar 1,5 jam dengan kapal cepat.

Laporan: Josephine Widya

Join Dream.co.id