Tbilisi, Destinasi Wisata Mewah Eropa Namun Tak Bikin Kantong Bolong

Destination | Kamis, 25 November 2021 20:28

Reporter : Ahmad Baiquni

Kota ini punya tempat wisata lengkap, tapi jauh lebih murah dari kota-kota di Eropa lainnya.

Dream - Jika ingin liburan mewah ke Benua Eropa namun tidak ingin menguras tabungan, jawabannya adalah Tbilisi, yang merupakan Ibu Kota Georgia. Kota ini terletak di serangkaian pegunungan mengikuti rute Sungai Kura.

Tbilisi bukanlah kota besar, tetapi tujuh hari berada di sana tetap terasa kurang. Sebab, kota ini punya berbagai tempat wisata menarik, mulai dari sejarah hingga pemandangan menakjubkan.

Tbilisi juga merupakan titik awal yang baik untuk perjalanan sehari di Georgia. Kota ketiga di negara ini, Kutaisi, berjarak sekitar tiga jam perjalanan dengan mobil, di atas pegunungan, dikelilingi oleh pemandangan yang mengesankan.

Ini adalah kota yang bergerak jauh lebih lambat daripada ibu kota. Sementara Kutaisi dipenuhi berbagai pilihan restoran dan kafe yang sangat tepat untuk menghabiskan waktu.

Biaya hidup di Tbilisi sangat terjangkau. Karena meskipun Georgia telah masuk Uni Eropa, negara ini tidak menggunakan Euro.

Karena itu, Tbilisi dapat menjadi tempat di mana dompetmu tidak akan bocor. Tidak seperti di kota-kota Eropa lainnya.

Kamu dapat menginap di salah satu dari banyak hotel bintang 4 di jantung kota hanya dengan US$300 atau sekitar Rp4,2 juta untuk empat malam. Kamu juga dapat menikmati makanan lezat dengan minuman seharga US$20 atau sekitar Rp285 ribu.

Kamu juga dapat membeli tiket bis untuk tur dalam kota. Tiket dapat berlaku selama 24 jam, dan tur berlangsung di semua tempat wisata utama.

 

Tbilisi, Destinasi Wisata Mewah Eropa Namun Tak Bikin Kantong Bolong
Tbilisi (Shutterstock.com)
2 dari 3 halaman

Kota Yang Cantik

Arsitektur Tbilisi mencerminkan masa lalu negara yang bervariasi karena lokasi geografisnya di mana Timur bertemu Barat. Pengaruh ini sangat jelas terlihat dengan blok-blok apartemennya yang megah seperti pengaruh Kekaisaran Rusia dan era Soviet.

Berjalan-jalan di sekitar kota tua adalah suatu keharusan. Jalan-jalan sempit dipagari dengan bangunan bersejarah, balkon lantai pertama yang menghadap ke jalan-jalan yang dipenuhi pepohonan.

 Tbilisi© Shutterstock.com

Seperti pemandangan dari pasar kota Prancis kuno, yang menghadap pemandangan indah patung Bunda Georgia. Untuk sampai ke sana, kamu hanya perlu berjalan kaki singkat namun curam, dan kamu akan mendapatkan pemandangan kota yang spektakuler.

Selanjutnya terdapat Galeri Nasional, di Rustaveli Avenue, kecil tetapi memberikan wawasan yang menarik tentang sejarah Georgia. Tidak jauh dari sana adalah Museum Seni Rupa Georgia, yang memiliki tiga lantai karya seninya dan juga menawarkan kafe yang luar biasa.

 

3 dari 3 halaman

Ada Banyak Tempat Menarik

Petugas di sebagian besar hotel akan membantumu membuat rencana perjalanan, tetapi pastikan untuk menyertakan Biara Zedazeni. Terletak di puncak gunung Zedazeni, salah satu tempat wisata tertua di negara itu dan menawarkan salib logam yang besar serta pemandangan pedesaan sekitarnya yang indah.

Lokasi bagus lainnya untuk pemandangan spektakuler adalah Taman Mtatsminda, yang dapat dicapai melalui kereta gantung Tbilisi Funicular yang menghubungkan jalan Chonkadze dengan puncak, 727 meter di atas permukaan laut.

 Tbilisi© Shutterstock.com

Jika menyukai pasar, sisihkan waktu untuk pasar loak di sebelah Jembatan Kering. Memiliki berbagai pilihan seni dan kerajinan, merupakan tempat yang bagus untuk berjalan-jalan, bahkan jika tidak berniat membeli apa pun.

Kamu mungkin menemukan patung perunggu Stalin untuk menambahkan sentuhan akhir di kamar tamu.

Laporan: Anzila Riskia Putri

Join Dream.co.id