Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Tak Lekang oleh Zaman, Inilah 9 Masjid Tertua di Dunia

Tak Lekang oleh Zaman, Inilah 9 Masjid Tertua di Dunia Masjid Uqba (Foto: Commons.wikimedia.org)

Dream - Melihat 9 masjid tertua di dunia ini akan membuat kamu bangga sekaligus bernostalgia mengenang kehebatan Islam yang sudah berjaya sejak dulu.

Masjid-masjid ini sudah menjadi saksi dari berbagai peristiwa dan sejarah penting. Mulai dari peperangan hingga lahir dan berkembangnya peradaban-peradaban baru.

Berikut 9 masjid tertua di dunia.

1. Masjid Al Haram

Masjid Al Haram (Kabah), tidak dapat disangkal merupakan masjid pertama dan tertua di dunia. Ini menjadi tempat dimana Nabi Ibrahim dan anaknya Ismail biasa berdoa. Ini juga merupakan tempat paling suci dalam Islam. Umat muslim di seluruh dunia menyembah ke arah kiblat Kabah 5 kali sehari. Ini juga merupakan rumah pertama bagi umat manusia yang dibangun untuk memuja Allah SWT.

masjid

(Sumber: www.yamsafer.com)

2. Masjid An Nabawi

Masjid An Nabawi disebut juga Masjid Nabi. Terletak di Madinah, Sarab Saudi. Dibangun sesaat setelah Nabi SAW bermigrasi ke Madinah dari Mekkah, masjid ini dianggap sebagai situs tersuci kedua dalam Islam. Hampir 1.400 tahun, masjid ini telah mengalami banyak perubahaan bentuk. Dari yang dulunya masjid sederhana menjadi masjid terbesar kedua di dunia.

masjid

(Sumber: OneHDWallpapers.com)

3. Masjid Al Aqsa

Masjid Al Aqsa di Yerusalem dibangun pada tahun 705 M. Ini merupakan situs yang sangat penting dan suci dalam Islam. Menurut sebuah hadis Al Bukhari, ini adalah situs tersuci ketiga dan melaksanakan sholat di sini bernilai 1000 sholat. Masjid Al Aqsa juga pernah menjadi kiblat umat muslim sebelum akhirnya beralih ke Kabah. Al Aqsa adalah salah satu masjid yang penuh sejarah dan merupakan kebanggaan umat Islam di seluruh dunia.

masjid

(Sumber: Al Jazeera)

 

 

Dari Yaman Sampai Suriah

4. Masjid Agung Sana'a

Masjid Agung Sana'a juga dikenal sebagai Al-Jami al-Kabir bi-San'a' terletak di Sana'a, Yaman dan dibangun pada abad ke-8. Dibangun di sebelah situs Istana Ghumdan. Masjid ini memiliki arsitektur megah yang dibangun dari waktu ke waktu di era yang berbeda. Renovasi yang cukup banyak dilakukan oleh Ratu Arwa Ibn Ahmed di tahun 1130. Masjid ini juga masuk dalam daftar Warisan Dunia Unesco.

masjid

(Sumber: Emirates 24|7)

5. Masjid Uqba

Masjid Uqba juga dikenal sebagai Masjid Agung Kairouan yang terletak di kota Kairouan, Tunisia. Kota ini merupakan kota Warisan Dunia UNESCO. Dibangun oleh seorang Jenderal Arab Uqba Ibn Nafi pada tahun 670 pada saat berdirinya kota. Masjid ini sangat penting bagi Tunisia dan gaya arsitekturnya diikuti bangunan-bangunan di sepanjang wilayah Magribi. Masjid tersebut merupakan pusat pembelajaran baik dalam pemikiran Islam maupun ilmu sekuler sebelum universitas pendidikan akhirnya berpusat di sekitar Tunis pada abad ke-11.

masjid

(Sumber: Beautiful Mosques Pictures)

6. Masjid Ummayad Suriah

Masjid Ummayad yang juga dikenal sebagai Masjid Agung Damaskus berada di Damaskus Suriah dan merupakan salah satu masjid tertua yang dibangun pada tahun 634. Dibangun setelah penaklukan orang Arab di bekas situs Basilika yang didedikasikan untuk Yahya (sang nabi). Masjid ini telah bertahan melewati banyak dinasti dan masa pemerintahan serta merupakan salah satu atraksi yang paling banyak dikunjungi di negara Suriah karena arsitekturnya yang sangat indah dan tentu saja iming-iming sejarah.

masjid

(Sumber: Quintin Lake Photography)

 

Dibangun Langsung oleh Nabi Muhammad SAW

7. Masjid Quba

Masjid Quba adalah salah satu masjid tertua di dunia. Batu pertama untuk pembangunan masjid tersebut diletakkan oleh Nabi Muhammad SAW sendiri di tahun 622 setelah berimigrasi ke Madinah dari Mekkah. Telah disebutkan dalam hadis sahih oleh Bukhari dimana Nabi SAW terbiasa datang ke masjid ini pada hari Sabtu dan mengerjakan 2 rakaat sholat.

masjid

(Sumber: Islamic Landmarks)

8. Masjid Jumma Lama di Kilakarai

Masjid ini berada di Kilakarai, Tamil Nadu - juga dikenal sebagai Palaiya Jumma Palli - dibangun pada masa Dinasti Pandiya oleh pedagang Yaman atas perintah Raja Yaman setelah ia menerima kehadiran Islam pada masa Nabi. Dibangun pada tahun 628 dan direkonstruksi kembali pada abad ke-11, masjid ini berdiri kokoh, diuji oleh waktu dan merupakan simbol Islam yang prima yang menyebar melalui jalur laut. Ibn Battuta juga menyebutkan masjid ini di Rihla-nya. Ia mengatakan bahwa "orang-orang di sana hidup seolah-olah mereka berada di tanah Arab".

masjid

(Sumber: Beautiful Mosques Pictures)

9. Masjid Agung Xi'an

Masjid Agung Xi'an di China merupakan masjid tertua di China. Dibangun dan selesai pada tahun 742. Berbeda dengan masjid di seluruh dunia yang memiliki kubah dan menara, masjid ini dibangun dengan gaya arsitektur pagoda China. Ada juga prasasti Arab di dalam masjid. Ini juga menjadi objek wisata bagi orang yang berkunjung ke daerah tersebut.

masjid

(Sumber: Wikimedia Commons)

(Sumber: halaltrip.com)

 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Pertama di Dunia, Penampakan Masjid Dibangun Pakai `Printer` 3D di Arab Saudi

Pertama di Dunia, Penampakan Masjid Dibangun Pakai `Printer` 3D di Arab Saudi

Menara-menara masjid dirancang untuk menjadikan bangunan ini sebagai landmark khas di lingkungan tersebut.

Baca Selengkapnya
Doa Masuk Masjid dan Keluar Masjid, beserta Adab yang Perlu Diperhatikan Umat Islam

Doa Masuk Masjid dan Keluar Masjid, beserta Adab yang Perlu Diperhatikan Umat Islam

Doa-doanya yang sederhana namun bermakna memiliki tujuan untuk mendapatkan keberkahan ketika ibadah di masjid.

Baca Selengkapnya
Detik-Detik Imam Shalat Subuh Meninggal Dunia Sedang Sujud di Masjid Balikpapan

Detik-Detik Imam Shalat Subuh Meninggal Dunia Sedang Sujud di Masjid Balikpapan

Imam salat di masjid Balikpapan meninggal dunia saat sedang sujud pertama.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Potret Suasana Mekah Tahun 1956, Kendaraan Bisa Parkir di Depan Masjidil Haram

Potret Suasana Mekah Tahun 1956, Kendaraan Bisa Parkir di Depan Masjidil Haram

Potret suasana Makah dan Masjidil Haram pada tahun 1956, belum banyak bangunan tinggi.

Baca Selengkapnya
Perjalanan Isra Mi'raj Nabi Muhammad dalam Surat Al-Isra Ayat 1, Turun Perintah Sholat yang Awalnya 50 Jadi 5 Waktu

Perjalanan Isra Mi'raj Nabi Muhammad dalam Surat Al-Isra Ayat 1, Turun Perintah Sholat yang Awalnya 50 Jadi 5 Waktu

Melalui peristiwa tersebut, setiap tanggal 27 Rajab umat Islam memperingati hari Isra Mi'raj.

Baca Selengkapnya
Menguak Keunikan Kubah Hijau Masjid Nabawi, di Bawahnya Ada Makam Nabi

Menguak Keunikan Kubah Hijau Masjid Nabawi, di Bawahnya Ada Makam Nabi

Keberadaan kubah hijau yang megah dan kompleks masjid yang luas mencerminkan kekuatan dan kebesaran Islam sebagai agama global.

Baca Selengkapnya