Situs Bersejarah Berusia 2.000 Tahun Rusak Terlindas Truk

(Foto: Twitter/@Agencia_Andina)
DESTINATION  |  2 Februari 2018 14:09

Sopir truk tersebut mengabaikan tanda peringatan saat memasuki zona arkeologi.

Reporter : Puri Yuanita

Dream - Garis Nazca kuno di Peru rusak saat seorang sopir tanpa sengaja mengarahkan truk kargonya ke situs arkeologi yang rapuh di padang pasir itu, kata beberapa pejabat pada hari Selasa, 30 Januari lalu.

Garis-garis itu, yang dianggap sebagai situs Warisan Dunia UNESCO, adalah berupa gambar hewan dan tumbuhan yang sangat besar yang terukir di tanah sekitar 2.000 tahun yang lalu oleh sebuah peradaban pra-Inca. Gambar itu sangat menakjubkan jika dilihat dari langit.

Sopir tersebut mengabaikan tanda peringatan saat memasuki zona arkeologi Nazca pada tanggal 27 Januari 2018, Kementerian Kebudayaan mengatakan dalam sebuah pernyataan.

" Truk tersebut meninggalkan cetakan dalam sekitar 100 meter, merusak bagian dari tiga geoglif berbaris lurus," demikian bunyi pernyataan tersebut.

Penjaga keamanan kemudian menahan pengemudi dan mengajukan tuntutan terhadapnya di kantor polisi setempat.

Karena daerah tersebut terlarang, meski tidak ada batasan wilayahnya.

Jalur tersebut melintasi gurun Peru lebih dari 500 kilometer persegi.

Dibuat antara 500 SM dan AD 500 oleh orang-orang Nazca, mereka telah lama menarik perhatian para arkeolog dengan misteri ukuran dan detail gambarnya yang sangat teliti.

Beberapa gambar menunjukkan makhluk hidup, yang lain berbentuk tanaman dan bentuk-bentuk fantastis. Ada pula bentuk geomteris yang membentang sejauh beberapa kilometer.

Ini bukan pertama kalinya garis Nazca rusak dalam beberapa tahun terakhir. Pada bulan September 2018 seorang pria ditahan setelah dia memasuki situs tersebut dan menuliskan namanya di geoglif.

(Sumber: traveller24.com)

Miris! Warga & PKL Tumpah Ruah di Pasar Tanah Abang Meski PSBB
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Melihat Kelanjutan Nasib Konser Tunggal Ayu Ting Ting
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :