Serunya Jalan-jalan di Orchard Road yang Bikin Kangen ke Singapura

Destination | Selasa, 30 November 2021 20:10

Reporter : Ahmad Baiquni

Orchard Road tempat pas buat memuaskan keinginan belanja sekaligus wisata.

Dream - Singapura adalah surganya wisata belanja. Kamu bisa puas belanja barang-barang bermerek yang ada di Orchard Road.

Orchard Road terkenal sebagai pusatnya belanja di Singapura. Jalan ini menjadi destinasi wajib jika kamu kunjungi ketika liburan, meski hanya sekadar window shopping.

Jalanan sepanjang 2,2 didesain sangat nyaman sehingga orang bisa puas berbelanja. Pedestrian yang cukup lebar dipadu pertokoan modern, sangat pas buat pecinta belanja.

Dulunya, Orchard Road adalah kawasan perkebunan rempah dan bunga anggrek. Selain itu, dikenal sebagai kawasan peristirahatan.

Seiring berjalannya waktu, Orchard Road menjelma menjadi kawasan bisnis dan gaya hidup. Bahkan menjadi magnet bagi para pelancong dunia.

Tak melulu soal belanja, Orchard Road menjadi kawasan tepat untuk bersantai. Ada banyak tempat makan unik dengan menu beragam, bahkan penginapan dengan nuansa menarik.

Misalnya The Cold Storage Milk Bar yang legendaris, dengan sajian es krim, cake, dan aneka minuman yang menyegarkan. Tempat makan ini sudah berdiri sejak 1960an.

Atau datang ke The Centre Point. Pusat perbelanjaan dan hiburan ikonik di Orchard Road kini telah berubah menjadi surga belanja modern sekaligus kuliner.

Terdapat zona gastro, Gastro+, kawasan makanan yang menghadirkan berbagai pilihan resto untuk memenuhi hasrat foodie dari berbagai kalangan.

Yang pasti, Orchard Road sangat ramah Muslim. Jika masuk waktu sholat, kamu bisa menjalankan ibadah di Masjid Al Falah di salah satu sudut di Orchard Road, yang memiliki kapasitas hingga 2.000 orang.

Ada banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di Orchard Road. Berikut beberapa aktivitas yang direkomendasikan Singapore Tourism Board untuk kamu.

 

 

Serunya Jalan-jalan di Orchard Road yang Bikin Kangen ke Singapura
Suasana Di Orchard Road, Singapura (Singapore Tourism Board)
2 dari 4 halaman

Staycation di Hotel Nyaman

Ada banyak hotel dengan fasilitas nyaman di Orchard Road yang nyaman untuk staycation. Hotel-hotel tersebut sudah mengantongi sertifikat SG Clean, sehingga kamu bisa menginap dengan aman dan nyaman.

Hotel tersebut antara lain Mandarin Orchard Singapore. Hotel yang berlokasi di 333 Orchard Road ini memiliki 1.077 kamar dengan pemandangan kota yang menarik.

 Hotel di Orchard Road© STB

Selain itu, ada St Regis Singapore yang terletak di lokasi strategis dekat Botanical Garden. Hotel ini memiliki lebih dari 70 karya seni seniman lokal dan internasional.

Terdapat 299 kamar termasuk 21 suites eksekutif di hotel yang beralamat di 29 Tanglin Rd. Seluruh kamarnya memiliki desain klasik.

 

3 dari 4 halaman

Belajar Sejarah

Orchard Road punya sejumlah situs bersejarah seperti Emerald Hill dan The Istana. Dua tempat ini mewakili masa lampau Singapura di tengah kota yang modern.

The Istana yang merupakan kantor Presiden Singapura hanya dibuka lima hari dalam setahun. Tetapi kamu tetap dapat menikmati keindahan The Istana yang bergaya Neo-Palladia dari luar.

Ingin tahu lebih banyak tentang The Istana, dapat melalui Istana the Heritage Gallery yang terletak persis di seberang jalan. Galeri ini buka sepanjang tahun, menjelaskan segala detail The Istana mulai dari arsitektur sampai tokoh penting yang pernah berkunjung.

 Emerald Hills© STB

Situs sejarah lainnya yaitu Emerald Hill. Kamu dapat merasakan suasana era kolonial di Orchard Road di kawasan yang dulunya adalah daerah perumahan.

Emerald Hill menjadi daerah perumahan yang tenang di antara pusat perbelanjaan dan jalanan yang ramai. Saat ini ada banyak kafe, restoran, dan bar yang dibuka di rumah-rumah Emerald Hills namun tetap mempertahankan desain lamanya.

 

4 dari 4 halaman

Pusat Perbelanjaan yang Memuaskan

Belanja jadi kata kunci di Orchard Road. Wajar saja, karena kawasan ini memang dirancang untuk menjadi pusat belanja.

Ada sejumlah pusat perbelanjaan modern yang menarik dikunjungi. Seperti ION Orchard yang memiliki fasad gedung unik dan futuristik.

Di dalam mal terdapat berbagai merek fesyen kenamaan. Selain itu, mal ini juga terkenal akan ION Art, galeri seni yang menampilkan karya seni kontemporer dan modern Asia sepanjang waktu.

ION Orchard juga memiliki dek obeservasi bernama ION Sky di Lantai 55 dan 56, dengan ketinggian 218 meter di atas permukaan laut. Lantai 9 gedung, terdapat taman dan klub yang bisa dikunjungi pengunjung mal.

Selain itu, ada Orchard Central yang memiliki beberapa gerai istimewa seperti gerai flagship global Uniqlo dan toko serba ada Jepang Don Donki serta toko aksesoris Jepang Tokyu Hands. Selain belanja, pengunjung di Orchard Central juga bisa berkunjung ke Art Trail dan Roof Garden yang dibuka 24 jam untuk melihat pemandangan Singapura dari ketinggian.

Masih ada Design Orchard, pusat perbelanjaan yang baru dibuka pada 2019. Tempat ini ini merupakan rumah dari lebih dari 100 merek lokal Singapura.

Kamu dapat membeli berbagai merek pakaian, aksesoris, perlengkapan rumah yang merupakan karya desainer lokal Singapura. Saat lelah berbelanja, tidak ada salahnya untuk bersantai sejenak di kebun atap yang terbuka untuk publik.

Area atap ini juga memiliki amphiteater untuk menyelenggarakan berbagai acara menarik. Rooftop Design Orchard juga terdapat kafe hideen gem, Alchemist Cafe, yang populer di kalangan milenial untuk bersantai di taman terbuka dengan pemandangan Orchard Road langsung di bawah.

 

Join Dream.co.id