Sederet Destinasi Gunung Kidul, Bikin Hati Adem

Destination | Kamis, 12 September 2019 11:11

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini

Pesona alam Gunung Kidul dijamin bikin kamu rileks.

Dream – Mungkin banyak orang menyebut Yogyakarta atau Jogja sebagai surganya traveler. Kota ini memang punya banyak sekali destinasi menarik untuk dikunjungi. 

Jika pun menyebut Gunung Kidul, mungkin kabupaten ini tidak setenar Jogja. Padahal, Gunung Kidul juga punya banyak destinasi tak kalah mempesona. 

Gunung Kidul merupakan salah satu kabupaten yang masuk teritorial Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kabupaten ini menawarkan beragam pesona alam yang unik dan menenangkan, cocok untuk bersantai melepas penat. 

Ada banyak pantai dengan pemandangan indah di kabupaten ini. Tak hanya itu, Gunung Kidul juga punya air terjun dan gua dengan suasana begitu tenang. 

Penasaran destinasi apa saja yang ada di Gunung Kidul? Simak informasinya di sini.

Sederet Destinasi Gunung Kidul, Bikin Hati Adem
Shutterstock.com
2 dari 8 halaman

Cave Tubing Kalisuci

Cave Tubing Kalisuci, dikenal juga dengan Gua Kalisuci. Gua ini tengah jadi primadona di Gunung Kidul.

Berada di Desa Pacarejo, Semanu, Gunung Kidul, gua ini memiliki aliran sungai bawah tanah yang indah. Kamu bisa menyusuri aliran sungai menggunakan ban.

Tidak hanya itu, tempat ini menyuguhkan pemandangan gua karst dengan tebing yang memukau.

3 dari 8 halaman

Gua Jomblang

Gua Jomblang termasuk destinasi populer. Gua ini tenar dengan julukan 'Cahaya Surga' atau 'Light of Heaven'. Julukan itu tersemat karena gua ini menawarkan keindahan cahaya matahari yang masuk dari lubang di langit-langit. 

Sayangnya, butuh perjuangan untuk bisa menyaksikan cahaya itu. Karena untuk bisa masuk ke dalam gua, kamu diharuskan mengenakan tali dan turun ke bawah.

4 dari 8 halaman

Gua Pindul

Terletak di Desa Wisata Bejiharjo, Gua Pindul menawarkan pengalaman menyusuri aliran sungai bawah tanah yang menantang. Lokasi gua ini tidak terlalu jauh dari Kota Yogyakarta.

Kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan darat dari Kota Yogyakarta. Sama seperti di Gua Kalisuci, di tempat ini kamu juga menggunakan ban untuk menyusuri sungai.

5 dari 8 halaman

Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk, salah satu tempat yang tidak boleh kamu lewatkan. Destinasi ini dibuka pada 2010 dan tersohor dengan keindahan alamnya.

Seiring berjalannya waktu, Air Terjun Sri Gethuk telah memiliki sejumlah fasilitas pendukung yang memudahkan pengunjung.

Di air terjun ini kamu bisa berenang. Buat yang tidak bisa berenang, pengelola sudah menyiapkan pelampung untuk menikmati pengalaman berendam di bawah air terjun.

6 dari 8 halaman

Air Terjun Luweng Sampang

Air Terjun Luweng Sampang menawarkan pemandangan lain dari yang lain. Objek wisata ini punya keunikan tersendiri karena berada di antara batuan tebing yang sangat indah.

Apakah kalian pernah melihat Grand Canyon di Amerika Serikat? Nah, seperti itulah kira-kira penampakkan batuan yang mengapit air terjun ini.

Tidak hanya itu, warna air yang sangat jernih menambah kesan indah tempat ini.

7 dari 8 halaman

Taman Hutan Raya

Taman ini berada di kawasan Konservasi Hutan Bunder, Pathuk. Tepatnya di sebelah Rest Area Bunder. Bagi penyuka suasana hutan tenang dan sejuk, tempat ini cocok  buat kamu. Dengan lokasi sangat strategis, tidak heran jika banyak orang tertarik mengunjungi tempat ini. 

8 dari 8 halaman

Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung ini merupakan salah satu kawasan litologinya disusun berdasarkan material vikanik tua. Tempat ini tidak kalah populernya dengan destinasi Gunung Kidul lainnya.

Memiliki pesona alam memukau, gunung purba kerap dijadikan objek penelitian. 

Mengunjungi tempat ini, kamu dapat menyaksikan pemandangan tebing yang sangat eksotis. Waktu yang paling tepat berkunjung di Gunung Api Purba ini yaitu ketika matahari akan terbenam.

(Sumber: eksotismejogja)

Join Dream.co.id