Sensasi Kesegaran Berendam di Mata Air Cipondok

Destination | Selasa, 17 Desember 2019 11:10
Sensasi Kesegaran Berendam di Mata Air Cipondok

Reporter : Ahmad Baiquni

Air di tempat ini sangat jernih.

Dream - Bentang alam yang didominasi perbukitan memberikan keuntungan tersendiri bagi Kabupaten Subang, Jawa Barat. Dengan bentang alam tersebut, Subang memiliki banyak sekali destinasi menarik dan pas untuk objek wisata.

Salah satunya adalah Mata Air Aqua Cipondok. Tempat ini punya keunggulan berupa air yang jernih dan menyegarkan.

Dulunya, mata air ini hanya dimanfaatkan oleh penduduk sekitar sebagai sumber air minum sekaligus untuk keperluan MCK dan mencuci pakaian. Kini, mata air tersebut diubah menjadi tempat pemandian umum yang juga merupakan destinasi wisata andalan Subang.

Dikutip dari Liputan6.com, mata air yang keluar dari sumber bawah tanah ini keluar cukup banyak lalu ditampung pada kolam kecil. Kolam tersebut menjadi tempat berenang masyarakat sekitar.

Selain untuk kebutuhan warga, mata air ini juga memasok kebutuhan pabrik air minum kemasan yang letaknya tidak terlalu jauh. Air di tempat ini sangat jernih dan sehat.

Debit air yang keluar pun cukup tinggi. Sehingga pasokan air begitu melimpah meskipun sedang musim kemarau.

Karena terkenal dengan airnya yang jernih, banyak orang penasaran ingin merasakan sensasi berendam dan berenang di tempat ini. Lambat laun, didirikan sejumlah fasilitas seperti toilet, tempat ganti pakaian, tempat parkir hingga kedai makan.

Selain itu, letaknya yang berada di kawasan perbukitan membuat Mata Air Aqua Cipondok menjadi buruan para penggemar swafoto. Para pengguna Instagram memanfaatkannya untuk berswafoto dengan latar belakang pemandangan jernihnya mata air.

" Tempat ini dikelola sama masyarakat setempat, kita memang punya sumber mata air untuk pabrik Aqua dan juga dimanfaatkan untuk keperluan air warga di sekitar pabrik," ujar Koordinator CSR PT Tirta Investama Subang.

Meski sudah menjadi destinasi wisata, tempat ini belum memberlakukan tiket masuk. Biaya hanya dikenakan untuk parkir motor sebesar Rp2 ribu serta toilet maupun ruang ganti dengan tarif Rp2 ribu pula.

Tidak tersedia parkir mobil lantaran medan yang cukup berat. Jalur menuju Mata Air Aqua Cipondok ini hanya bisa dilalui dengan sepeda motor.

Sumber: Liputan6.com/Henry

 

Terkait
Join Dream.co.id