Selain Borobudur, 5 Tempat Wisata Indonesia Ini Juga Punya Sunset Indah

Destination | Rabu, 30 Oktober 2019 11:07
Selain Borobudur, 5 Tempat Wisata Indonesia Ini Juga Punya Sunset Indah

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Tempat wisata Indonesia ini punya pemandangan senja yang indah dan mempesona, di mana saja?

Dream- Sunset atau senja, menjadi perburuan para wisatawan penyuka alam. Banyak dari wisatawan rela menempuh jarak yang jauh, atau medan yang sulit demi menyaksikan pemandangan senja yang mempesona.

Salah satu pemandangan senja yang terkenal di Indonesia ada di kawasan Candi Borobudur. Tepat di puncak candi, wisatawan bisa menikmati keindahan matahari terbenam di hamparan perbukitan Magelang.

Selain Borobudur, Indonesia sebenarnya masih memiliki banyak tempat wisata dengan pemandangan sunset yang indah. Dari kawasan pantai, danau hingga gunung, semuanya memiliki keunikan sunset yang berbeda-beda.

Seperti lima tempat wisata Indonesia yang dikenal dengan pemandangan senjanya yang menawan berikut ini.

2 dari 6 halaman

Wisata Gunung Bromo

Siapa sih yang tak mengenal tempat wisata paling populer di Jawa Timur ini? Hampir seluruh masyarakat Indonesia tahu, kalau Gunung Bromo memiliki pemandangan alam yang indah. Terutama saat matahari terbit dan terbenam.

Banyak wisatawan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri, rela menginap di sekitar kawasan Bromo. Mereka rela bangun dini hari, untuk melihat langsung keindahan matahari terbit di ufuk timur gunung. Untuk melihat keindahan tersebut, wisatawan harus menahan hawa dingin sepanjang perjalanan menaiki jeep atau kuda.

Kalau ketinggalan pemandangan matahari terbit, wisatawan bisa menunggu matahari terbenam. Pemandangan sunset di Bromo tak kalah indah dengan sunset di Borobudur. Tapi suasana yang dihadirkan Bromo terasa lebih alami, dan tentu saja, dingin.

3 dari 6 halaman

Wisata Gunung Agung

Pulau Dewata menjadi pusat pariwisata yang paling populer di kalangan para turis asing. Pemandangan alam yang indah, dari pantai hingga kawasan pedesaan, jadi andalan pariwisata. Tapi, ada satu tempat wisata Indonesia dengan sunset indah ini tak boleh ketinggalan.

Meski tak sepopuler dan seramai Pantai Kuta, Gunung Agung punya pesona senja tersendiri. Dari puncak gunung, wisatawan bisa melihat langsung matahari bersembunyi di balik lanskap Bali dengan sudut pandang 360 derajat.

Uniknya lagi, di puncak gunung tertinggi di Pulau Bali ini, terdapat Pura Besakih yang disakralkan penduduk lokal. Dan untuk menikmati keindahan alam ini, wisatawan membutuhkan tenaga ekstra dan mendaki gunung ini. Bila tak mau repot mendaki, wisatawan juga bisa melihat pemandangan senja dari pantai terdekat dari Gunung Agung.

4 dari 6 halaman

Wisata Gunung Kelimutu

Berjalan lagi ke timur, ada satu tempat wisata Indonesia yang dikenal dengan pemandangan sunset dan sunrise-nya yang indah. Pemandangan ini berada di puncak Gunung Kelimutu, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Di puncak gunung ini, ada tiga danau dengan warna air yang berbeda-beda. Pantulan cahaya senja yang mengenai air danau beda warna ini, menghasilkan perpaduan warna luar biasa. Untuk bisa sampai ke puncak gunung, wisatawan harus melakukan banyak persiapan, dari fisik hingga mental.

Pendakian ke puncak Gunung Kelimutu tidaklah mudah. Wisatawan harus melewati kawasan hutan lebat terlebih dahulu, lalu menapaki jalanan gunung yang terjal dan curam. Belum lagi, kawasan puncak gunung yang berbatu.

5 dari 6 halaman

Wisata Danau Toba

Tidak hanya tempat wisata gunung saja yang menghadirkan keindahan senja. Seperti kawasan wisata Danau Toba misalnya. Danau vulkanik terbesar di Indonesia ini memiliki banyak keunikan alam, yang menambah daya tariknya.

Di tengah danau, ada Pulau Samosir yang memiliki ketinggian 1.000 meter di atas laut. Bisa dibayangkan bagaimana pemandangan sunset di pulau di atas pulau ini. Tentu, sangat mempesona dan tak ada duanya.

Pantulan cahaya senja di permukaan air danau, terlihat seperti cermin raksasa yang mempesona. Wisatawan bisa menghabiskan waktu sore dengan bersepeda, atau sekadar bercengkerama dengan rekan sembari menunggu matahari terbenam.

6 dari 6 halaman

Wisata Gunung Prau

Kembali ke Pulau Jawa, ada lagi dataran tinggi yang dikenal dengan tempat wisatanya. Mana lagi kalau bukan kawasan wisata Dieng. Tak jauh dari pusat kawasan wisata Dieng Plateau, ada Gunung Prau yang memiliki ketinggian 2.500 meter di atas permukaan laut.

Gunung ini berada di antara kawasan wisata Dieng yang mempesona. Dari puncaknya, wisatawan bisa melihat lanskap kawasan Dieng di atas awan yang indah. Dan, untuk mendapatkan pengalaman itu, wisatawan harus menempuh jalur pendakian yang tak mudah.

Namun, begitu sampai di puncak, rasa lelah akan terbayar dengan suguhan sunset yang indah. Langit senja, dengan hamparan awan putih yang terpapar cahaya senja, membuat pemandangannya menjadi lebih mempesona.

Bagi Sahabat Dream yang ingin menikmati pemandangan sunset indah ini, bisa langsung berkunjung ke tempat wisata Indonesia tersebut. Jangan lupa siapkan pakaian tebal dan fisik yang kuat ya, Sahabat Dream.

Sumber: Wonderful Indonesia

Join Dream.co.id