Pohon-pohon Unik di Dunia, Ada yang Seperti Penjara!

Destination | Rabu, 26 Juni 2019 11:11

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Keberadaan pohon menjadi paru-paru kota, juga bisa menambah keindahan sebuah kota. Namun apa jadinya, kalau bentuk dan keberadaan pohon jadi daya tarik tersendiri bagi para turis?

Dream - Pohon, merupakan salah satu makhluk hidup sama seperti manusia. Bedanya, pohon tidak dapat bergerak sendiri, dan tidak bisa berpikir. Dan, setiap makhluk hidup pasti memiliki keunikan masing-masing, yang berbeda dan bisa menarik perhatian makhluk hidup lainnya.

Sama seperti halnya hewan, pohon juga memiliki jenis yang berbeda tergantung dengan habitatnya. Dilansir dari National Geographic, ada beberapa pohon unik yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Selain memiliki bentuk yang unik, pohon-pohon ini juga memiliki nilai sejarah yang bermakna. Bahkan, pohon-pohon ini bisa menjadi inspirasi dan memicu imajinasi bagi orang yang melihatnya. Ada di mana dan bagaimana bentuk pohon tersebut? Yuk kita lihat pohon-pohon paling ikonik di dunia berikut ini:

Pohon-pohon Unik di Dunia, Ada yang Seperti Penjara!
2 dari 6 halaman

Lone Tree of Lake Wanaka, New Zealand

Ada sebuah danau di Wanaka, New Zealand, namanya Danau Wanaka. Danau ini di kelilingi pemandangan pegunungan yang menakjubkan dengan hiasan putihnya salju di puncak gunung.

Bila kita lihat lebih jauh ke tengah danau ini, kita akan menjumpai sebuah pohon dengan batang yang membengkok. Hanya ada satu pohon yang berada di tengah danau, dan daunnya pun tidak rindang, cabang batangnya juga tidak banyak.

 Lone Tree of Wanaka© Shutterstock


Banyak pengunjung yang takjub dengan keajaiban pohon yang diberi nama Lone Tree ini. Selain keunikannya, pohon ini juga menambah keindahan danau bersama dengan hiasan Taman Nasional Gunung Aspiring.

Selain bisa menikmati keindahan danau, menaiki perahu, dan memancing, pengunjung juga bisa mendaki gunung Aspiring. Menarik sekali ya, Sahabat Dream?

3 dari 6 halaman

Boab Prison Tree, Derby, Australia

Tak jauh dari New Zealand, tepatnya di Benua Australia, ada sebuah pohon yang unik. Pohon ini menjadi ikon Kota Derby, Australia yang kental dengan rasa pemandangan Australia Barat yang gersang.

Nama pohon ini adalah Pohon Penjara Boab, karena menyerupai penjara. Pohon ini sangat unik dan menyerupai penjara dengan rongga lebar di tengah batangnya yang menggelembung. Pohonnya pun tidak terlalu tinggi, namun besar.

 Boab Prison Tree© Shutterstock

Karena banyaknya pengunjung yang penasaran dengan pohon yang satu ini, banyak turis yang datang walau harus melewati pantai utara yang terjal, dan hutan gersang khas Australia.

Konon, pohon ini dulunya digunakan sebagai penjara di tengah hutan yang gersang, lho Sahabat Dream. Kira-kira bagaimana cara masuk ke dalam rongga itu ya?

4 dari 6 halaman

Kalaloch Tree Cave, Olympic National Park, Washington

Jauh meninggalkan Australia, tepatnya di Taman Nasional Olympic, Washington, Amerika Serikat, ada sebuah pohon yang sangat unik. Ukuran pohon ini besar dengan akar merambat di dua celah tebing.

Nama pohon ini ialah Kalaloch Tree Cave. Cave atau Gua, disematkan pada pohon ini, karena akar-akarnya membentuk tempat perlindungan menyerupai gua di sebuah tebing yang tererosi oleh ombak. Pohon ini tumbuh besar di atas tebing dan masih bisa bertahan hidup walau tebing tempat ia tumbuh telah tererosi.

 Kalaloch Tree Cave© Shutterstock

Untuk bisa melihat pohon unik ini secara langsung, pengunjung bisa menyusuri pantai di bagian barat taman nasional Olympic. Sepanjang pantai, pengunjung juga harus mendaki tebing-tebing di sepanjang pantai Samudra Pasifik.

5 dari 6 halaman

Ta Prohm Temple, Siem Reap, Kamboja

Tidak hanya benua Australia dan Amerika saja yang memiliki pohon unik. Di dataran Asia, ternyata ada juga pohon yang unik, tepatnya di Siem Reap, Kamboja.

Kamboja memang dikenal memiliki banyak kuil dengan arsitektur yang menarik, namun ada satu kuil yang unik dan menakjubkan. Namanya kuil Ta Prohm yang terletak di Siem Reap, dekat dengan Angkor Wat dan situs sakral lainnya.

 Ta Prohm Temple© Shutterstock

Uniknya, kuil ini seakan dibentuk oleh alam, karena di atas kuil tumbuh pohon beringin besar yang akarnya menutupi sebagian dinding kuil. Keunikan kuil ini memang terletak pada pohon beringin tersebut, selain itu pohon ini juga bisa menjadi penghias interior yang alami.

6 dari 6 halaman

Wisteria, Ashikaga Flower Park, Jepang

Masih di Asia, tepatnya di Taman Bunga Ashikaga Jepang ada pohon yang terkenal dengan cherry blossom-nya. Di setiap musim semi, banyak pengunjung yang datang ke taman bunga ini untuk menyaksikan keindahan Wisteria yang sedang berbunga.

Pohon Wisteria ini diketahui sudah tumbuh sejak era Meiji dan menjadi pusat perhatian di taman Bunga Ashikaga. Warna bunganya yang ungu dan menggelantung menyerupai festival lampu gantung yang bisa menyala di malam hari.

 Wisteria© Shutterstock

Selain bisa menikmati keindahan Wisteria, pengunjung juga bisa memanjakan mata dengan melihat berbagai Bunga di taman ini.

Tertarik mengunjungi pohon-pohon unik ini?

Join Dream.co.id