Pesona Bukit Jadih Madura, Serasa di Cappadocia

Bukit Jadih (Merdeka.com)
DESTINATION  |  12 Maret 2020 11:10

Tempat ini punya pemandangan bukit kapur yang cantik.

Reporter : Ahmad Baiquni

Dream - Alam Madura ternyata menyimpan mutiara pariwisata. Bahkan keindahannya tidak kalah dengan destinasi di luar negeri.

Salah satunya Bukit Jadih di Bangkalan, Pulau Madura, Jawa Timur. Berada di tempat ini rasanya seperti di Turki.

Bukit Jadih sebenarnya merupakan lokasi tambang batu kapur yang masih aktif hingga saat ini. Lambat laun, lokasi tersebut menjelma menjadi destinasi wisata menakjubkan.

 Bukit Jadih

Instagram @mbolangjatim

Bukit ini terletak di Jakan, Parseh, Socah, Kabupaten Bangkalan. Tidak terlalu jauh dari pusat keramaian Bangkalan.

Beberapa area tambang batu kapur ini memang dirancang sedemikian rupa agar indah dipandang. Alhasil, banyak wisawatan penasaran dan datang berbondong-bondong ke lokasi ini.

Tampilannya yang cantik membuat Bukit Jadih mendapat julukan sebagai Cappadocianya Madura. Tampilan batunya dengan warna perpaduan coklat dan putih sangat mirip dengan perbukitan di Turki itu.

Beberapa bagian dari bukit kapur ini tampak berongga. Pengunjung bisa berfoto di antara rongga-rongga yang ada.

 Bukit Jadih

Instagram @susy_khouw

Selain itu, ada kolam renang alami yang dinamai Goa Pote. Lokasinya berada di sisi timur Bukit Jadih, tepat di tengah-tengah bukit kapur.

Nama kolam tersebut diambil dari Bahasa Madura Aeng Goweh Pote yang artinya Air Gua Putih. Ini karena air di kolam tersebut sangat jernih.

 Bukit Jadih

Instagram @vanessacallista

Tak hanya itu, banyak terdapat pahatan bekas aktivitas penambangan. Pahatan-pahatan tersebut dibuat dengan formasi yang begitu indah, sangat pas untuk berfoto.

Sementara dinding bukit ini tak kalah menawan. Bentuknya cantik, yang dibuat oleh para penambang batu kapur profesional.

 Bukit Jadih

Instagram @maduraholic

Masih ada lagi fasilitas tak kalah cantik yaitu tangga berundak yang digunakan untuk menggali kapur. Tangga ini jadi salah satu spot favorit pengunjung.

Masuk ke Bukit Jadih, kamu akan diminta uang Rp5.000 untuk tiket masuk, sudah termasuk ongkos jika ingin berenang di kolam Goa Pote. Cukup murah bukan?

Sumber: Merdeka.com/Rizka Nur Laily M

Menu Berbuka Puasa Sehat dan Anti Ribet Ala Chef Deny Gumilang
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Cerita dan Music Bersama Ify Alyssa | Online Dream Camp 2020
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :