Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Peristiwa Longsor Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah Amerika

Peristiwa Longsor Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah Amerika Peristiwa Longsornya Bingham Canyon Mine Di Utah, Amerika Serikat (Foto: Www.amusingplanet.com)

Dream - Pada 10 April 2013 silam, sebuah bencana alam menimpa Utah, Amerika Serikat. Pada saat itu, sepotong batu raksasa jatuh ke dalam lubang besar yang dibuat badan pertambangan di Bingham Canyon Mine.

Puing-puing berkisar antara 65-70 juta meter kubik jatuh menggelegar ke bawah dinding tambang, dengan kecepatan mencapai 100 mil per jam. Peristiwa ini begitu mengguncang dan terekam oleh sensor seismik yang berfungsi merekam gempa bumi. Intensitas yang direkam instrumen mencapai 2,5 skala richter.

Insiden longsor bebas vulkanik ini merupakan guncangan terbesar dalam sejarah modern Amerika Utara. Dan hal itu terjadi dalam galian tambang buatan terbesar di dunia.

Bingham Canyon tercatat telah memproduksi tembaga sejak tahun 1906, dan menghasilkan persediaan tembaga bagi 25 wilayah di seluruh Amerika Serikat. Kegiatan penambangan yang telah berlangsung lebih dari satu abad ini, membentuk kawah sebesar 970 meter dengan lebar 4 kilometer. Bahkan pada tahun 1966, lubang ini dipertontonkan sebagai contoh landmark nasional bersejarah.

Pada awal tahun 2013, operator tambang melihat tanda-tanda peningkatan ketidakstabilan di dinding bagian timur. pada pagi hari, gerakan longsor mulai terasa, hingga kemudian longsor pertama terjadi setelah tujuh jam kemudian. Disusul longsor susulan 90 menit kemudian.

Longsor masing-masing berdurasi 90 detik. Secara keseluruhan, 65 juta meter kubik puing-puing yang dihasilkan dari bencana tersebut diperkirakan mampu menutupi taman nasional kota New York.

Menariknya, longsor juga memicu gempa bumi kecil di 16 wilayah di sekitarnya.

(Sumber: Amusingplanet.com)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Ini Dia 10 Tempat dengan Angka Kriminalitas Tertinggi di Amerika, Wajib Waspada!

Ini Dia 10 Tempat dengan Angka Kriminalitas Tertinggi di Amerika, Wajib Waspada!

Terdapat beberapa negara bagian Amerika Serikat yang terkenal dengan angka kriminalitasnya yang tinggi.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.