Observatorium Laut Terbesar Australia Berikan Sensasi Masuk Perut Paus

Observatorium ikan paus di Australia (Lonely Planet)
DESTINATION  |  13 Februari 2021 13:10

Kamu akan merasa seperti di dalam perut ikan.

Reporter : Ahmad Baiquni

Dream - Pernahkah kamu melihat adegan film saat manusia masuk ke dalam perut ikan paus? Kita tidak bisa membayangkan hal itu bisa terjadi di dunia nyata.

Tetapi di Australia, kamu bisa merasakan sensasi masuk ke perut ikan terbesar di dunia itu. Bahkan dapat melihat pemandangan bawah laut.

Dikutip dari Lonely Planet, setelah melewati banyak pilihan, saat ini desain untuk pusat observasi bawah air Australia telah diresmikan. Bangunannya dikonsep menyerupai bentuk ikan paus dengan sebagian badannya tenggelam di laut dan sebagian lagi di atas.

Tempat tersebut nantinya akan menjadi observatorium laut terbesar di Australia. Lokasinya berada di ujung Dermaga Busselton, 2 kilometer dari bibir pantai.

 Observatorium Ikan Paus

Selain dilengkapi dengan jalur bawah air dan tempat makan, destinasi ini tersebut juga menampilkan pemandangan kehidupan bawah laut yang mendebarkan. Rencananya, konstruksi bangunan mulai dikerjakan pada 2021 dan akan dibuka pada Desember 2022.

Sebelum desain ikan paus ditetapkan, terdapat dua pilihan desain lain. Desain-desain tersebut ditawarkan dalam lelang terbuka dengan dana yang disiapkan sebesar 30 juta dolar Australia, setara Rp325 miliar.

Tetapi akhirnya desain Cetacea yang terpilih, berupa bentuk ikan paus mengangkat kepalanya di atas Teluk Geographe. Bentuk dan warna The Rock tersebut terinspirasi oleh Castle Rock di Australia barat, dan Voyage meniru siluet dan garis kapal yang ditambatkan di dermaga. Baca Architects merupakan arsitek utama dalam proyek ini.

 Observatorium Ikan Paus

Pada bagian dalam, tempat ini memiliki bukaan yang berfungsi sebagai mata ikan paus. Pengunjung dapat melihat pemandangan bawah air.

Nantinya pengunjung akan dipandu melalui galeri seni dan ruang pameran menuju lantai observatorium yang besar.

" Ini sama otentiknya dengan yang didapat, karena orang-orang berada di dalam tangki dan ikannya melihat ke dalam," ujar Ketua Busselton Jetty, Barry House.

Laporan: Yuni Puspita Dewi

Platform Digitalisasi Ketersediaan Tempat Tidur untuk ICU dan Ruang Isolasi
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Strategi Pemerintah untuk Vaksinasi bagi Masyarakat Umum
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :