Nyamannya Bersepeda di Singapura, dari Rute Cantik Hingga Toko Sepeda Berkualitas

Destination | Minggu, 10 Oktober 2021 13:10

Reporter : Ahmad Baiquni

Sepeda jadi sarana yang cocok buat keliling Singapura yang indah.

Dream - Sepeda tengah jadi aktivitas yang makin digemari, terutama di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang. Bersepeda menghadirkan pengalaman olahraga sekaligus refreshing yang menarik.

Dengan bersepeda, tubuh kita jadi sehat karena tubuh bergerak serta pikiran rileks setelah melihat pemandangan cantik sepanjang rute. Selain itu, bersepeda relatif aman dari Covid-19 karena dilakukan di luar ruangan serta tidak berkerumun.

Tren bersepeda ternyata tidak hanya melanda Indonesia. Masyarakat Singapura juga sedang keranjingan hobi ini, dengan peningkatan jumlah pesepeda 68 persen pada Januari 2021 menurut laporan Channel News Asia.

Singapura juga merupakan destinasi yang cocok untuk bersepeda. Kamu bisa berkeliling pulau melalui jalur The Round Island Route sepanjang 150 Kilometer.

Rute ini terhubung dengan Park Connector Network, koridor hijau sepanjang 300 kilometer yang menghubungkan taman dan area alami di Singapura. Setiap taman memiliki situs budaya, sejarah, alam, dan rekreasi.

Ditambah lagi, Land Transport Authority Singapura juga membangun jalur sepeda sepanjang 240 kilometer, yang akan terus diperpanjang dengan perkiraan mencapai 1.300 kilometer pada 2030.

Rasakan pengalaman berbeda bersepeda mengelilingi lanskap unik dari kota, hutan, taman, hingga tepi pantai. Yuk, siapkan sepedamu begitu perjalanan ke Singapura kembali dibuka.

 

 

Nyamannya Bersepeda di Singapura, dari Rute Cantik Hingga Toko Sepeda Berkualitas
Bersepeda Di Singapura (Visit Singapore)
2 dari 4 halaman

Rute Cantik dengan Pemandangan Indah

Jalur sepeda di Singapura punya keunggulan tersendiri. Salah satunya pemandangan yang indah sepanjang rute yang dilalui.

Seperti di Rower's Bay Park yang memiliki jalur sepeda sepanjang 150 Km menghubungkan Yishun dan Punggol. Daya tariknya yaitu Seletar Reservoir (waduk), dengan menara paviliun, terasering, dan rawa.

Kawasan Seletar Aerospace Park juga menyediakan tempat istirahat, toilet, pengisian daya listrik, dan mesin penjual otomatis yang menjual peralatan sepeda. Ada juga stasiun perbaikan sepeda swadaya (self help).

Rute lain yaitu jalur sepeda perkotaan dan taman di Distrik Punggol. Distrik ini jadi favorit pesepeda karena memiliki lanskap yang beragam dari perkotaan, tepi sungai, taman ilalang, dan laut.

Rute sepeda yang direkomendasikan dimulai Punggol Park, Punggol Container Park, Lorong Halus Wetlands, Punggol Promenade Nature Walk, dan berakhir di Waterway Point.

 Bersepeda di Singapura© Visit Singapore



Rute Eastern Coastal Loop bisa menjadi pilihan kamu yang ingin mengabadikan momen bersepeda di Singapura. Menyusuri rute ini, kamu akan dimanjakan pemandangan bangunan ikonik Singapura seperti Supertree Grove dari Gardens by the Bay, Gedung Marina Bay Sands, Roda Oberservasi Singapore Flyer, Gedung Teater Esplanade, dan Patung Merlion.

Rute lain yang tak kalah cantik adalah Southern Ridges Loop. Jalur sepeda ini sangat cocok buat kamu yang suka alam, pegunungan hijau, dan suasana sepi yang agak jauh dari perkotaan.

Southern Ridges Loop merupakan rute yang dapat membuatmua mengolah fisik dan menyegarkan pikiran dengan pemandangan dan nuansanya alamnya yang syahdu. Mulailah dari Kent Ridge Park, lanjutkan ke Alexandra Arch & Forest Walk, Henderson Waves, Arbora Hilltop Garden & Bistro, dan berakhir di Singapore Cable Car.

 

3 dari 4 halaman

Rute Malam yang Seru

Malam hari jadi pilihan tepat bersepeda di Singapura. Kamu akan ditemani suasana perkotaan yang cantik dengan gemerlap lampu dan gedung-gedung menarik.

Mulailah sorenya dengan menikmati matahari tenggelam di Pantai Pasir Ris di rute Eastern Coastal Loop. Melewati rute ini, kamu juga bakal melihat landasan pacu Bandara Internasional Changi.

Jalur sepeda ini terdapat di Coastal Park Connector. Anda juga dapat melihat pemandangan air yang tenang dari Bedok Reservoir di jalur ini.

 Bersepeda di Singapura© Visit Singapore


Buat pesepeda yang juga pencinta arsitektur dan sejarah, jangan lewatkan rute Distrik Civic. Distrik ini punya banyak bangunan bersejarah yang tampak semakin indah dan megah saat malam tiba, ketika lampu gedung yang dinyalakan.

Kamu dapat memulai perjalanan dari Monumen City Hall dan Cavenagh Bridge menuju berbagai gedung seperti National Museum Singapore, Chjimes, Supreme Court, Victoria Theatre & Victoria Concert Hall.

Jalur sepeda malam lainnya yaitu Raffles Marina Lighthouse. Jalur sepeda ini cocok untuk bersepeda dengan pasangan, karena kamu akan menemukan suasana romantis dengan pemandangan langit senja, lampu pelabuhan, dan mercusuar.

Mulailah perjalanan dari West Coast Park dan menelusuri jalur sepeda menuju Raffles Marina Lighthouse, mercusuar dengan tinggi 12 meter.

 

4 dari 4 halaman

Deretan Toko Alat Sepeda Berkualitas

Singapura adalah tempat yang tepat belanja komponen sepeda dengan mutu terbaik dan harga yang bersaing. Kamu juga bisa membeli sepeda baru dan memperbaiki sepeda di beberapa toko sepeda rekomendasi ini.

Mayoritas toko sepeda di Singapura juga melayani pengiriman internasional. Jadi, kamu tak perlu repot kelebihan bagasi akibat belanja sepeda.

Kamu bisa belanja di Hello, Bicycle!. Toko sepeda ini menyediakan sepeda dengan berbagai merek ternama dan ukuran untuk semua usia.

Sepeda yang tersedia mulai dari sepeda lipat, sepeda balance, anak-anak, perempuan dan laki-laki dewasa, unisex, dan mini velo. Kamu juga bisa membeli berbagai aksesoris sepeda mulai dari helm, kunci, pakaian sepeda, sadel, lampu, keranjang, botol air, dan masih banyak lagi.

Toko ini juga menawarkan program sepeda harga terjangkau atau sepeda bekas yang masih sangat baik. Selain itu, kamu bisa mencoba menyewa sepeda di Hello, Bicycle! untuk berkeliling Singapura.

Toko ini berlokasi di 135 Middle Rd, #01-01 Bylands Building, Singapore 188975, Telpon: +65 6333 0054. Kamu bisa lamannya di https://hellobicycle.com.sg/ dan bertanya seputar sepeda lewat email di singapore@hellobicycle.com.sg.

 Bersepeda di Singapura© Visit Singapore

Toko lain yaitu Treknology3, cocok buat kamu seorang pesepeda semi profesional dan profesional. Treknology3 terkenal di kalangan komunitas pesepeda, karena toko ini memberi layanan komplet atau one stop solution.

Kamu bisa melakukan bike fitting atau menyesuaikan sepeda dengan bentuk tubuh, tes mengendarai sepeda, demo sepeda, perbaikan sepeda, layanan paket internasional, gratis setel komponen sepeda dan cek keamanan, serta garasi frame sepeda seumur hidup.

Treknology3 juga terkenal dengan sepeda trek impor berbagai merek dan akesorisnya. Alamat ada di Mega Showroom 14 Jalan Kilang Barat, Singapore 159356, telepon: +65 6273 8616, email: megastore@treknology3.com, dan laman https://treknology3.com.

My Bike Shops bisa jadi solusi kamu yang ingin bersepeda ke tempat kerja atau bersepeda di daerah perkotaan seperti Jakarta, Surabaya, atau Medan. My Bike Shops merupakan toko sepeda yang terkenal akan pilihan sepeda lipat dengan berbagai varian merek, ukuran, dan bobot sepeda.

Sepeda lipat juga cocok bagi Anda penyuka traveling yang ingin membawa sepeda di mobil atau masuk bagasi pesawat. Kamu bisa langsung membeli sepeda di sini dan berkeliling Singapura.

My Bike Shops juga dengan senang hati memberi tips dan trik pengunaan sepeda lipat, menawarkan layanan perbaikan rutin, dan penjualan aksesoris sepeda pada konsumen.

Toko ini beralamat di 213 Henderson Road #01-06 S1595539 Yishun Industrial St 1 #01-77 North Spring Bizhub S768163, telepon: 6274 396 , 6694 1750, email: checkmybikeshop@gmail.com, dan laman https://mybikeshopsg.com/.

Singapura menyelenggarakan kampanye SG Clean untuk menjamin standar kebersihan di tempat umum dari berbagai industri, termasuk industri MICE, pariwisata, dan layanan makanan. SG Clean dibuat untuk keamanan dan kenyamanan semua orang, termasuk kamu yang berkunjung ke Singapura khususnya pada masa pandemi Covid-19.

 

Join Dream.co.id