Merasakan Kenikmatan Pagi di Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo (Liputan6.com/Yanuar H)
DESTINATION  |  6 Februari 2019 11:08

Kamu bisa merasakan suasana menenangkan dengan menyaksikan keindahan alam.

Reporter : Ahmad Baiquni

Dream - Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki bentang alam yang unik. Dikelilingi kawasan perbukitan membuat DIY punya pemandangan alam yang eksotik.

Seperti di Dusun Keceme, Desa Gerborasi, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, tepatnya di Puncak Suroloyo. Di tempat ini, kamu bisa merasakan kenikmatan pagi yang tenang dihiasi sinar matari dan harum bunga kopi yang semerbak dari kebun yang terhampar di lereng bukit.

Hanya perlu mengeluarkan uang Rp5.000 untuk masuk ke Puncak Suroloyo. Tetapi, ada hal lebih penting harus kamu siapkan yaitu stamina yang prima.

Untuk menuju tempat ini, kamu harus melewati ratusan anak tangga. Kamu tidak perlu khawatir, karena rasa lelahmu akan terbayar lunas begitu sampai di puncak.

 Puncak Suroloyo

Hal ini dibenarkan oleh salah satu pengunjung asal Kota Yogya, Ihwan. Dia mengaku rasa lelahnya hilang begitu melihat pemandangan dari Puncak Suroloyo.

" Lelah juga naik ke puncak. Cari foto yang bagus pokoknya. Saran saya sarapan dulu sebelum naik," kata Ihwan, dikutip dari Liputan6.com.

Kurang pas rasanya menikmati pagi tanpa ditemani segelar kopi. Nah, di tempat ini juga, kamu bisa merasakan sedapnya kopi khas Kulon Progo, Kopi Menoreh.

Salah satu warung yang menyediakan minuman ini adalah Kedai Kopi Menoreh Pak Rahmat. Lokasinya tidak jauh dari Puncak Suroloyo, tepatnya di Madigondo, Sariharjo.

" Kita punya lahan dan produksi sendiri kopinya," kata pemilik kedai, Rohmat.

 Puncak Suroloyo

Di kedai ini tersedia kopi jenis arabika maupun robusta hasil kebun di lereng Bukit Menoreh. Kedai kopi ini cukup ramai dikunjungi wisatawan.

" Biasanya habis lihat sunrise (matahari terbit) pulang ke sini ngopi sama breakfast (sarapan)," kata dia.

Selain arabika dan robusta, Rohmat mengatakan kedainya memiliki kopi andalan yaitu kopi lanang. Kopi jenis ini punya khasiat tertentu, salah satunya mengurangi migrain.

" Ada juga kopi ijo, kopi ini untuk obat asam urat, diet dan kolesterol," tutur Rohmat.

Tak hanya itu, Rohmat juga menyajikan kopi luwak yang terkenal mahal. Kopi ini diambil dari kotoran luwak liar yang berkeliaran di kebun milik Rohmat.

" Kopi itu kita kumpulkan sedikit demi sedikit, dia (luwak) yang milih kopi yang enak. Jadi bukan luwak yang dikurung, ini liar, rasanya beda," kata dia. (mut)

Sumber: Liputan6.com/Yanuar H

Ma'ruf Amin Janjikan Perempuan Bisa Berkarier di Pemerintahan
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Jokowi: Jangan Hanya Menyalahkan, Saya Mencari Solusi
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :