Menikmati Wisata Religi di 10 Masjid Unik Indonesia

Destination | Selasa, 17 September 2019 11:11

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Apa saja? yuk cek

Dream - Indonesia dikenal sebagai negara dengan penduduk beragama muslim terbanyak di dunia. Tak heran kalau hampir di setiap daerahnya memiliki bangunan masjid raya, seperti Masjid Agung Demak, Masjid Menara Kudus sampai Masjid Apung di Makassar.

Dalam Islam, masjid difungsikan sebagai pusat kegiatan dan beribadah umat Muslim. Tidak hanya dijadikan tempat untuk ibadah sholat saja, tapi juga kegiatan ibadah lain, seperti belajar membaca Alquran, kajian, hingga wisata religi.

Keberadaan masjid menjadi nilai penting dalam kehidupan masyarakat Muslim. Tak ayal, semakin banyak masjid yang dibangun dengan keunikannya masing-masing. Walau semakin banyak masjid didirikan, ada beberapa masjid yang mendapat tempat tersendiri di masyarakat.

Masjid-masjid tersebut, tidak hanya mengandung unsur agama yang kuat, tapi juga memiliki arsitektur unik dan nilai sejarah kebudayaan Islam di Indonesia.

Menikmati Wisata Religi di 10 Masjid Unik Indonesia
Sumber: Shutterstock
2 dari 6 halaman

Wisata Religi Masjid Unik di Jakarta dan Jawa Barat

1. Masjid Raya Istiqlal, Jakarta

Istiqlal adalah masjid terbesar dan terluas di Asia Tenggara. Masjid ini menjadi kebanggaan umat Islam Indonesia, dan menjadi ikon keberagaman karena lokasinya yang strategis dan dekat dengan tempat ibadah agama lain.

 Masjid di Indonesia
© Shutterstock

Karena lokasi strategisnya, masjid ini kerap menjadi destinasi bagi para wisatawan muslim yang berkunjung ke Jakarta. Tidak hanya umat muslim saja, bahkan tokoh-tokoh dunia seperti Bill Clinton, Pangeran Charles, hingga Barrack Obama juga pernah mengunjungi masjid ini.


2. Masjid Dian Al Mahri, Depok

Walau tak sebesar Masjid Istiqlal, masjid yang terletak di Kota Depok ini memiliki keunikan serupa dengan Taj Mahal, yaitu kubah emasnya. Karena inilah Masjid Dian Al Mahri lebih populer dengan nama Masjid Kubah Emas.

Masjid ini tergolong masjid baru. Walau begitu, banyak umat Islam yang datang ke masjid ini, tidak hanya untuk beribadah tapi juga untuk berwisata religi.

3 dari 6 halaman

Wisata Religi Masjid Unik di Jawa Barat

3. Masjid Rahmatan Lil-Alamin, Indramayu

Masih di daerah barat Pulau Jawa, ada masjid yang dalam proses pembangunan. Masjid Rahmatan Lil-Alamin ini digadang akan menjadi masjid terbesar di Indonesia, berlantai 7 dan dapat menampung lebih dari 4.000 jemaah.  Walau belum rampung, bangunan masjid ini sudah menarik banyak wisatawan yang penasaran wujud asli masjid raksasa ini.

 Masjid di Indonesia
© http://duniamasjid.islamic-center.or.id/118/masjid-rahmatan-lil-alamin/

4. Masjid Al Irsyad, Bandung

Satu lagi masjid unik yang ada di Jawa Barat, tepatnya di Kota Bandung. Yang membuat masjid ini ialah bangunan arsiteknya, tanpa kubah dan dindingnya berbentuk kaligrafi huruf Arab. Tak hanya itu, Masjid Al Irsyad juga mampu menampung lebih dari 1.000 jemaah.

Selain itu, desainnya dibuat menyatu dengan alam, membuat masjid satu ini sangat sejuk dan  siapa saja yang beribadah di dalamnya akan merasa tenang.

4 dari 6 halaman

Wisata Religi Masjid Unik di Jawa Tengah

5. Masjid Menara Kudus, Kudus

Kalau wisata religi di masjid-masjid sebelumnya diisi masjid berarsitektur unik, masjid satu ini tak hanya menawarkan arsitektur saja, tapi juga nilai-nilai sejarah. Masjid Al Aqsha atau lebih dikenal Masjid Menara Kudus, sudah dibangun sejak 1549, dan memiliki gaya arsitektur kental pengaruh Hindu-Buddha.

6. Masjid Agung Demak, Demak

Tidak hanya Masjid Menara Kudus saja yang memiliki nilai sejarah kebudayaan Islam di Jawa Tengah. Masih banyak masjid dengan nilai sejarah yang tak kalah penting dan unik, seperti Masjid Agung Demak, masjid tertua di Indonesia.

 Masjid di Indonesia
© https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/masjid-agung-demak-saksi-bisu-perkembangan-is

Masjid yang berlokasi di pusat Kota Demak ini memiliki gaya arsitektur khas, perpaduan antara unsur Islam dan Hindu Jawa. Masjid juga ini menjadi destinasi wisata religi dan sejarah favorit wisatawan.

5 dari 6 halaman

Wisata Religi Masjid Unik di Jawa Timur

7. Masjid Sunan Ampel, Surabaya

 

Penyebaraan Agama Islam di Jawa awal pada abad ke-15 sudah sampai Jawa Timur. Hal ini terbukti bangunan masjid tertua di Jawa Timur, Masjid Sunan Ampel. Tidak hanya memiliki nilai sejarah Islam saja, masjid ini juga memiliki bangunan unik.

 Masjid di Indonesia
© Liputan6.com


Perpaduan gaya arsitektur Cina dan Arab sangat mendominasi bangunan yang berlokasi 2 kilometer dari Jembatan Merah Surabaya ini. Keunikan inilah yang mengundang para wisatawan mengunjungi Masjid Sunan Ampel.

8. Masjid Cheng Ho, Pasuruan

Percampuran budaya Cina, Jawa dan Islam di Jawa Timur terlihat dari bangunan Masjid Cheng Ho. Dari namanya saja sudah sangat ‘China’, apalagi bangunan dan arsitekturnya. Tidak hanya keunikan arsitekturnya saja yang menarik, tapi juga nilai sejarah. Masjid ini menjadi bukti percampuran budaya dan keberagaman Indonesia sejak zaman dahulu.

6 dari 6 halaman

Wisata Religi Masjid Unik di Jogja dan Makassar

9. Masjid Soko Tunggal, Yogyakarta

Kota Jogja memang dikenal dengan kebudayaan Jawa yang kental, bahkan sampai saat ini kebudayaan Jawa masih bisa dirasakan. Di kota ini terdapat banyak masjid bersejarah, seperti Masjid Kauman, Masjid Kotagede dan Masjid Soko Tunggal.

Masjid Soko Tunggal yang berlokasi di Tamansari ini sangat unik karena mengandung filosofi yang kuat. Soko Tunggal memiliki arti satu pilar, karena hanya ada satu pilar yang menyokong atapnya, dan merepresentasikan lima prinsip Pancasila.

 Masjid di Indonesia
© Liputan6.com

10. Masjid Apung Amirul Mukminin, Makassar

Satu lagi masjid unik yang cocok jadi destinasi wisata religi Anda, yaitu Masjid Apung Amirul Mukminin, Makassar. Sesuai namanya, masjid ini mengapung di tepi laut Losari. Sembari menunggu adzan, wisatawan muslim bisa menikmati pemandangan laut secara langsung dari masjid ini.

Tak hanya itu, arsitektur bangunan masjid juga sangat unik, perpaduan antara kebudayaan tradisional Makassar dan Bugis. Dua keunikan ini, membuat Masjid Apung Amirul Mukminin selalu penuh dengan jamaah.

Sumber: Wonderful Indonesia dan berbagai sumber lainnya

Join Dream.co.id