Menikmati Sajian Kuliner Khas Lombok Menggugah Selera

Plecing Kangkung Lombok (Shutterstock.com)
DESTINATION  |  10 Februari 2020 13:10

Jalan-jalan ke Lombok kurang pas jika tak mencicipi kuliner khasnya.

Reporter : Cynthia Amanda Male

Dream - Pulau Lombok sudah sangat tenar di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Pulau ini memang punya banyak sekali destinasi alam yang indah dan menarik perhatian.

Demikian pula dengan kuliner yang tidak kalah tenar. Ada sejumlah penganan yang jadi primadona Lombok.

Dream bersama tim Mitsubishi Media Drive berkesempatan mencicip sebagian dari khazanah kekayaan kuliner Lombok. Berikut deretan kuliner khas wajib coba ketika sedang berada di pulau ini.

Plecing Kangkung

Saat ditanya tentang makanan khas, masyarakat lokal Lombok banyak yang menyebut Plecing Kangkung. Kuliner ini tersedia tidak hanya di restoran namun hingga warung kaki lima.

 Kuliner Lombok

Berbahan utama kangkung rawa, sayuran ini memiliki rasa pedas dan segar. Kangkung tersebut disajikan bersama dengan sambal plecing yang menggugah selera.

Sate Rembiga

Menu ini menggunakan bahan dasar daging sapi yang diolah dengan bumbu rempah. Sate ini punya cita rasa pedas dari rempah yang digunakan.

 Sate

Meski pedas, Sate Rembiga memiliki karakter rasa yang khas. Sehingga, tidak mengherankan jika sate ini tetap jadi makanan yang banyak digemari.

Ayam Taliwang

Bisa dibilang, kuliner satu ini adalah andalan Pulau Lombok. Ayam Taliwang sangat mudah ditemukan di pinggiran jalan pulau ini.

 Kuliner Lombok

Ayam Taliwang disajikan dengan cara dibakar menggunakan bumbu khas Lombok. Rasanya begitu sedap, apalagi jika disantap bersama sambal pedas yang khas.

Dodol Rumput Laut

Makanan berbahan dasar rumput laut menjadi jajanan ringan utama di Lombok. Banyak yang menjadikannya sebagai oleh-oleh wajib ketika sedang jalan-jalan di Lombok.

 Kuliner Lombok

Tekstur dodol terasa seperti permen kenyal dengan berbagai macam rasa. Yang membedakan permen rumput laut adalah rasa sejuk seperti menyantap agar-agar.

Kopi Rinjani

Kopi Rinjani merupakan salah satu minuman yang jadi andalan di Lombok. Karakter rasanya agak asam berpadu dengan aroma tanah (earty).

 Kuliner Lombok

Ada banyak merek kopi, tapi kebanyakan kemasannya bertuliskan 'Kopi Khas Lombok' dan 'Kopi Rinjani'. Kopi ini banyak dijual di toko kelontong seharga Rp12.500 seukuran botol kecil dan Rp25-30 ribu untuk ukuran toples sedang.

Bubur Jagung

Bubur jagung di Lombok sedikit berbeda dengan daerah lainnya. Jagung disajikan dicampur dengan parutan kelapa, dilumuri dua pilihan topping, gurih dan manis.

Kedua toppingnya bertekstur kental dan greasy. Yang berperisa gurih serta berwarna putih, seperti dicampur santan dan kelapa. Sedangkan yang manis dan berwarna cokelat, seperti campuran santan dengan gula merah.

PSBB Jakarta Ditambah Sampai 4 Juni, Anies Baswedan- Bisa Jadi yang Terakhir
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
PSBB Jakarta Ditambah Sampai 4 Juni, Anies Baswedan- Bisa Jadi yang Terakhir
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :