Destinasi 6 Wisata Candi di Jateng yang Punya Sejarah Menarik

Destination | Kamis, 31 Oktober 2019 15:14

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini

Kalian bisa merasakan sensasi liburan yang seru dan menarik!

Dream – Tak hanya pesona alam saja yang melimpah, Indonesia juga memiliki ragam budaya yang tertuang pada bangunan candi. Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai nilai sejarah dan budaya cukup banyak.

Hal tersebut tampak dari banyaknya peninggalan bangunan candi yang tersebar di penjuru wilayah. Sebagian besar di antaranya merupakan peninggalan pada masa kerajaan terdahulu. Di Indonesia, bangunan candi bisa digolongkan dalam dua jenis yaitu Candi Buddha dan Candi Hindu.

Sebagian besar orang cenderung lebih mengenal Candi Borobudur daripada candi lainnya. Candi Borobudur sempat masuk ke dalam 7 keajaiban dunia meskipun sekarang sudah tergantikan. Tak hanya Candi Borobudur saja, para wisatawan juga mengenal Candi Prambanan yang terletak di perbatasan Kota Yogyakarta.

Namun, Indonesia tak hanya memiliki dua candi itu saja loh Sahabat Dream. Terdapat beberapa candi lainnya yang tak kalah indah dan mengagumkan. Penasaran dengan wisata candi lainnya? Yuk intip informasi lengkapnya berikut ini.

Destinasi 6 Wisata Candi di Jateng yang Punya Sejarah Menarik
Shutterstock.com
2 dari 7 halaman

Wisata Candi Sewu

Candi Sewu merupakan candi Buddha terbesar kedua di Indonesia. Wisata candi ini berlokasi di Jalan Raya Solo KM 16, Sleman, Yogyakarta. Meski memiliki nama Candi Sewu, namun total bangunan candi di sini tidak berjumalah 100 bangunan. Ya. kata “ sewu” dalam bahasa Jawa berarti seribu. Candi Sewu ternyata memiliki sekitar 249 bangunan candi di dalamnya. Menariknya, di sini kalian bisa menikmati pemandangan arca Dwarapala atau patung penjaga raksasa di setiap pintu masuk.

Bagi yang belum tahu, ukuran dari patung tersebut bisa mencapai 2,3 meter setiap patungnya. Waktu yang tepat bagi kalian untuk berkunjung ke wisata Candi Sewu, yaitu sore hari tepatnya saat menjelang matahari terbenam. Tak hanya menyaksikan kemegahan akan Candi Sewu saja, kalian juga bisa melakukan aktivitas lainnya seperti bersepeda. Untuk menikmati keindahan panorama Candi Sewu, kalian hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp30 ribu setiap orangnya.

3 dari 7 halaman

Wisata Candi Dieng

Wisata candi di Indonesia lainnya yaitu Candi Dieng. Pasti sebagian besar sudah tidak asing lagi dengan candi yang satu ini. Candi peninggalan kerajaan Hindu ini semakin populer akibat adanya fenomena es atau salju yang menyelimuti objek wisata ini.

Candi Dieng sebelumnya digunakan sebagai salah satu bangunan keagamaan di Jawa pada saat Kerajaan Kalingga. Tak mengherankan bila Candi Dieng dianggap sebagai bangunan keagamaan tertua di Jawa pula. 

Meskipun terlihat begitu sederhana dan kecil, namun candi ini memiliki daya tariknya tersendiri. Beragam ornamen yang menghiasi setiap dinding candi serta jumlah bangunan candi yang cukup banyak, sukses membuat wisatawan penasaran.

Saking banyaknya, warga setempat memberikan nama di setiap bangunannya dengan nama wayang. Misalnya seperti Candi Arjuna, Candi Bima, Candi Dwarawati, serta Candi Semar. Untuk bisa menjelajahi bangunan candi secara keseluruhan, pastikan kalian memiliki cukup banyak waktu ya Sahabat Dream.

4 dari 7 halaman

Wisata Candi Cetho

Selanjutnya, kalian bisa menelusuri jejak bersejarah di Candi Cetho. Bangunan peninggalan Hindu ini berlokasi di Karanganyar, Surakarta, lebih tepatnya berada di lereng Gunung Lawu. Menariknya, hingga kini Candi Cetho masih digunakan warga setempat untuk pertapaan atau pemujaan bagi penganut aliran kejawen.

Tak hanya itu saja, di sini kalian bisa merasakan sensasi udara yang menyegarkan dan sejuk khas pegunungan. Candi Cetho berada di 1496 mdpl dan dikelilingi oleh kebun teh yang sangat hijau. Waktu yang tepat bagi kalian untuk mengunjungi Candi Cetho yaitu saat pagi hari.

Pada saat itulah kalian nantinya bisa melihat pemandangan matahari terbit yang luar biasa mengagumkan. Bonusnya, kalian bisa mengambil foto dengan latar belakang gapura yang juga menjadi salah satu ciri khas dari Candi Cetho. Untuk bisa menikmati keindahan luar biasa ini, kalian hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp7 ribu setiap orangnya.

5 dari 7 halaman

Wisata Candi Barong

Berikutnya, Candi Barong menjadi salah satu wisata candi di Indonesia yang bisa kalian jadikan sebagai referensi liburan. Terletak di Dusun Candisari, Sleman, Yogyakarta, Candi Barong ini merupakan salah satu peninggalan Hindu.

Candi Barong didirikan dan digunakan khusus untuk memuja Dewa Wisnu dan isterinya Dewi Sri. Dalam agama Hindu, Dewa Wisnu dan sang istri dilambangkan sebagai Dewa Kesuburan. Tak mengherankan bila Candi Barong juga dikenal sebagai Candi Kesuburan.

Menariknya, bangunan ini masih berdiri kokoh meskipun telah ada sejak abad ke 9-10 Masehi. Di sini kalian juga bisa melihat ornamen barong di setiap pemukaan bangunan candi.

6 dari 7 halaman

Wisata Candi Ratu Boko

Kemudian Candi Ratu Boko dikenal sebagai salah satu tempat yang menawarkan panorama matahari terbenam terbaik di Yogyakarta. Saat matahari perlahan mulai tenggelam, senja terlihat sangat eksotis dengan cahayanya yang masuk ke dalam celah-celah candi.

Berbeda dari kebanyakan candi lainnya, Candi Ratu Boko tidak memiliki ikatan apapun dengan suatu agama tertentu. Candi ini hanya berisikan gerbang masuk, pendopi, tempat tinggal, kolam pemandian serta pagar pelindung. Alih-alih sepi, candi ini justru mampu membuat para wisatawan tertarik untuk melihatnya.

Bonusnya, kalian bisa merasakan sensasi udara yang menyegarkan khas pegunungan sebab Candi Ratu Boko terletak di ketinggian 196 mdpl. Bahkan, kalian juga bisa melihat panorama cakralawa Kota Yogyakarta dari atas ketinggian loh Sahabat Dream.

7 dari 7 halaman

Wisata Candi Plaosan

Candi Plaosan selalu identik dengan julukan candi kembar. Pasalnya, kompleks wisata candi ini terbagi menjadi dua bagian; Candi Plaosan Kidul dan Candi Plaosan Lor. Kedua candi tersbeut memiliki kemiripan dalam hal bangunan dan ciri khasnya.

Tak mengherankan bila masyarakat sekitar memberikan julukan “ kembar” pada Candi Plaosan. Wisata Candi Plaosan ini berlokasi di Jalan Candi Plaosan, Klaten, Jawa Tengah.

Menariknya, Candi Plaosan di setiap tahunnya akan menyelenggarakan Festival Candi Kembar. Tentu saja, tujuan dari festival ini untuk memperkenalkan wisata Candi Plaosan dan desa wisata yang berada di sekitarnya. Pada saat festival berlangsung, kalian akan disuguhkan beragam tarian tradisional dari berbagai daerah.

Ya, itu merupakan daya tarik utama yang diberikan Candi Plaosan kepada para wisatawan. Kendati demikian, kalian masih bisa bersenang-senang di wisata candi ini meski tidak sedang ada festival.
 
(Sumber: blog.traveloka)

Join Dream.co.id