Masjid Al-Mald, Suar Budaya dan Ilmiah Penduduk Desa Arab

Destination | Sabtu, 1 Mei 2021 13:10
Masjid Al-Mald, Suar Budaya dan Ilmiah Penduduk Desa Arab
Masjid Al-Mald (Arab News)

Reporter : Ahmad Baiquni

Masjid ini menjadi pusat pengetahuan bagi penduduk desa Al-Mald.

Dream - Masjid Al-Mald, merupakan salah satu bangunan bersejarah di Arab Saudi. Bangunan ini didirikan pada 1364 Hijriah atau 1945 Masehi. di Desa Warisan Al-Mald, wilayah selatan Baha,

Saat ini kawasan tersebut telah mendapat perhatian dari Pemerintah Saudi. Melalui Proyek Mohammed bin Salman untuk Renovasi Masjid Bersejarah di Arab Saudi, Masjid Al-Mald menjadi salah satu situs yang akan mengalami renovasi.

Desa Al-Mald dibangun di atas perbukitan menghadap ke Lembah Al-Mald. Dihiasi Dua benteng yang berdekatan menciptakan bentuk arsitektur yang khas.

Selain sebagai tempat sholat dan ibadah, masjid ini menjadi mercusuar budaya dan ilmu pengetahuan bagi masyarakat desa. Selain itu, menjadi tempat syiar Islam dan pendidikan.

Banyak penduduk desa melakukan kegiatan belajar tentang menulis dan membaca Alquran di Masjid Al-Mald tersebut. Masjid ini menampung sekitar 34 jemaah dan memiliki luas total 90 meter persegi ini.

Masjid Al-Mald memiliki peran sosial yang menonjol bagi warganya dalam membahas urusan sehari-hari dan menyelesaikan masalah dan perselisihan mereka.

Untuk sholat sekarang sudah dilakukan di masjid yang terletak 3 km selatan kota Baha. Tepatnya di jalan menuju Provinsi Baljurashi.

Masjid ini cukup mudah dikenali. Konstruksinya yang bergaya Sarat, terdiri dari bebatuan tidak beraturan, sedangkan atapnya dari batang pohon juniper, membedakannya dengan bangunan yang lain, dikutip dari Arab News.

Reporter : Radhika Nada

Join Dream.co.id