Masjid Agung Taipei, Denyut Syiar Islam di Taiwan

Masjid Agung Taipei (Sandy Adam Mahaputra/Dream)
DESTINATION  |  2 Desember 2019 15:30

Masjid ini menjadi pusat kegiatan umat Islam di Taipei.

Reporter : Sandy Mahaputra

Dream - Taiwan dikenal sangat menghargai agama. Meski merupakan wilayah dengan minoritas Muslim, mereka sangat terbuka terhadap pengaruh keyakinan Islam.

Salah satu bukti nyatanya adalah keberadaan Taipei Grand Mosque atau Masjid Agung Taipei yang lokasinya di jantung kota Taipei.

Bahkan masjid terbesar di Negeri Naga Kecil itu masuk sebagai salah satu cagar budaya di sana.

 Masjid Agung Taipei

Dream mendapatkan kesempatan dari Taiwan Tourism Bureau untuk mengunjungi Taipei Grand Mosque, Sabtu kemarin 30 Desember 2019.

 Masjid Agung Taipei

Masjid ini terletak di dekat Taman Da'an berdekatan dengan Gereja Holy Family Catholic Church. Sangat mudah menemukannya.

Taipei Grand Mosque dibangun dengan gaya arsitektur Timur Tengah. Bangunannya menempati lahan seluas 2.747 meter persegi. Masjid punya menara dengan ketinggian 20 meter di kedua sisi bangunan.

 Masjid Agung Taipei

" Secara total, Masjid Agung Taipei bisa menampung hingga 1.000 jemaah. Jika Sholat Jumat biasanya jemaah meluber sampai ke halaman masjid," ujar Shanto Ouyang, staf Taipei Grand Mosque.

Masjid ini merupakan bangunan penting bagi umat Islam di seluruh Taiwan dan mendapatkan predikat sebagai bangunan bersejarah dari pemerintah kota Taipei pada tahun 1999 lalu.

Taipei Grand Mosque didirikan oleh komunitas Muslim yang datang dari China daratan pada 1947. Awalnya, lokasinya berada di Lishui Street Lane 17 nomor 2.

Berhubung semakin banyak umat Islam yang berdatangan dari China, akhirnya masjid dipindah ke lokasi sekarang dan mulai beroperasi pada April 1960.

Pada bagian dalam masjid, lantainya dilapisi karpet Persia dan pernak-pernik lainnya yang dihibahkan langsung raja-raja dari negara-negara yang menjadi sekutu Taiwan.

 Masjid Agung Taipei

Ia punya kubah besar berwarna hijau-cokelat di bagian atapnya dengan tinggi 15 meter dan diameter 15 meter. Dalamnya dicat putih dengan aksen garis-garis berwarna emas.

Awalnya, hanya lantai dasar yang dijadikan tempat sholat. Namun berhubung semakin banyaknya jamaah yang beribadah di Masjid Agung Taipei ini, pengurus masjid kemudian membangun lantai atas khusus jemaah wanita.

 Masjid Agung Taipei

Di salah satu sisi dinding masjid dekat pintu masuk, terdapat petunjuk waktu saat ini dan waktu sholat, ditempatkan berurutan.

 Masjid Agung Taipei

Sisa kanan masjid terdapat ruangan kantor pengurus, perpustakan serta aula pengajian.

" Biasa setiap habis Jumatan kita menggelar bazaar makanan, lokasinya di aula pengajian ini," kata Shanto.

 Masjid Agung Taipei

Pria yang merupakan asli Kalimantan itu juga mengajak Dream serta rombongan media untuk melihat dapur masjid. Lokasinya di sisi belakang aula pengajian.

 Masjid Agung Taipei

Tempat wudhu Masjid Agung Taipei ini semua kerannya menyediakan tempat duduk. Ruang wudhunya luas, terang dan relatif tidak becek.

 Masjid Agung Taipei

Buat yang mau sholat, silakan tempatkan sepatu atau sandal di rak yang tersedia. Tidak ada yang jaga di sini. Tapi aman. Gratis pula.

Seperti masjid pada umumnya, tersedia pula kotak amal bagi yang ingin sedekah.

 Masjid Agung Taipei



Karena kepopuleran masjid ini di kalangan wisatawan, pihak pengelola menyediakan tur bagi siapapun yang ingin mengenal masjid ini lebih dalam.

Buat yang berminat mengunjungi Taipei Grand Mosque dapat menjangkau masjid ini menggunakan MRT menuju Guting Station.

Dari sana, kamu bisa berjalan sekitar 10 menit menuju Xinsheng South Road, Da-an District, lokasi di mana masjid tersebut berada.

Representasi Feminisme Versi Barli Asmara
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Tips Menikah dengan Bule Ala Melanie Ricardo
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :