Tradisi Unik Warga Kubu Gadang Makan di Tengah Sawah

Kubu Gadang sajikan makanan tradisional (istimewa)
DESTINATION  |  19 Oktober 2018 13:37

Tradisi ini akan digelar pada Minggu, 28 Oktober 2018 menyambut penetapan desa wisata KUbu Gadang di Sumbar menjadi destinasi pasar digital.

Reporter : Ahmad Baiquni

Dream - Desa Wisata Kubu Gadang di Padang Panjang, Sumatera Barat, ditunjuk sebagai salah satu pelaksana Program Pasar Digital olek Kementerian Pariwisata. Program tersebut bakal diresmikan pada 28 Oktober 2018.

Mendapat kehormatan dari pemerintah, masyarakat menyambut antusiasi dengan rencanna menggelar sejumlah atraksi sekaligus menyajikan penganan tradisional saat peresmian nanti.

" Sebagai Desa Wisata, Kubu Gadang berusaha menyukseskan Pasar Digital ini, dan di saat pembukaan nanti juga ada persembahan tradisi makan baradaik (beradat), yaitu makan di tengah lahan sawah dengan menu nasi baka di atas daun pisang," ujar Pengelola Desa Wisata Kubu Gadang, Yuliza Zen, melalui keterangan tertulis diterima Dream, baru-baru ini.

Sejumlah atraksi yang bakal ditampilkan seperti Silek Lanyah (silat di lumpur sawah), Pacu Upiah, Bola Lanyah, Congkak, Kek Angko, Pembacaan Puisi, Pidato Adat, Talempong Pacik.

 Kubu Gadang

Selain atraksi kesenian, sajian makanan tradisional seperti Tumang, Kacimuih, Katen, Karupuak Kuah, Bubur, Sarang Pingangek, Dendeng Pisang, Dendeng Ikan Tuna, Pragede, Katupek, Godok, Bakwan Lanyah, Pinukuik, Bika, Pensi, Kalamai Oyak, Onde-Onde, Lamang, Lompong Sagu, Kacang Tojin, Serundeng, Peyek Kacang, Pical, Gabin, dan Nasi Kabaka bakal tersaji.

Tidak ketinggalan teh telur. Minuman khas Sumatera Barat ini tidak hanya terjadi, namun para pengunjung diajak untuk membuatnya.

" Teh telur minuman khas asal Ranah Minang yang disukai banyak orang," kata juragan Pasar Kubu Gadang, Beni Satria.

 Kubu Gadang

Kubu Gadang merupakan kawasan pemukiman yang dikelilingi area persawahan asri. Hal ini menjadi potensi bagi Kubu Gadang untuk dikembangan menjadi destinasi wisata yang menarik.

" Destinasi ini sudah siap untuk dikembangkan serta dapat dukungan dari pemerintah daerah setempat," terang Pembina Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Sumatera Barat, Aries Purnama.

 Kubu Gadang

Sementara itu, Walikota Padang Panjang, Fadly Amran menyambut baik peresmian Kubu Gadang sebagai destinasi pasar digital. Dia menyatakan hal ini merupakan bentuk penghargaan bagi dunia pariwisata Kota Padang Panjang.

" Pasar digital ini ikut mempromosikan potensi pariwisata berbasis masyarakat di Padang Panjang," kata Fadly.(Sah)

Terima Kritik Pedas, Nada Zaqiyyah: Ternyata Adik Kelas Aku Sendiri
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Sunan Kalijaga Datangi Imigrasi Untuk Cekal Salmafina Sunan
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :