Kota Cantik Italia Ini Tawarkan Properti Hanya Seharga Rp15 Ribu

Kota Tua Taranto, Italia (Pixabay)
DESTINATION  |  6 Februari 2020 11:11

Dewan Kota Taranto ingin menghidupkan kembali Kota Tua.

Reporter : Ahmad Baiquni

Dream - Bicara mengenai Italia, bayangan akan tempat-tempat yang indah dan romantis selalu muncul. Ya, negara ini memang terkenal dengan tata ruangnya yang begitu rapi dan menghadirkan kesan klasik.

Demikian pula dengan Taranto. Kota pelabuhan di pantai Puglia, Italia ini punya daya tarik tersendiri seperti kastil klasik lengkap dengan benteng kokoh menjulang serta dermaga yang begitu rapi.

Taranto terbagi atas dua kawasan. Satu bagian berupa pulau kecil yang melindungi laguna Mar Piccolo. Di pulau ini terdapat Kota Tua dengan Castello Aragonese, yang memiliki nama resmi Castel San Angelo, sebuah kastil yang sudah berdiri sejak abad ke-15.

Sedangkan bagian satunya merupakan kota baru yang sibuk dan menjadi pusat aktivitas komersial besar. Kota ini memiliki populasi mencapai 200 ribu jiwa, dengan 3.000 jiwa tinggal di pusat sejarah.

 Taranto

Jumlah penduduk di pusat sejarah dinilai terlalu sedikit. Sehingga, pemerintah kota ini lalu menawarkan pemilikan properti milik dewan dengan tarif yang sangat miring sebesar 1 euro, setara Rp15 ribu, bagi siapa saja yang mau pindah ke Kota Tua.

Ada sekitar 15 bangunan yang ditawarkan namun semuanya membutuhkan perbaikan. Bagi penduduk yang bisa mendapatkannya dengan harga murah harus berkomitmen untuk merenovasi dan tinggal di sana.

Mereka juga diharuskan mempertimbangkan gaya arsitektur dan estetika bangunan ketika menjalankan revonasi. Sehingga, unsur klasik bisa dilestarikan.

 Taranto

" Kami bertujuan mengambil langkah-langkah yang akan menghasilkan repopulaso dan pembangunan Kota Tua," ujar pejabat dewan, Francesca Viggiano.

Pemerintah Italia baru-baru ini memberikan dana kepada Taranto sebesar 90 juta euro, setara Rp1,3 triliun untuk peningkatan kawasan. Upaya tersebut mencakup infrastruktur air dan pengolahan limbah serta rekonstruksi tepi laut.

Taranto adalah satu dari kota tertua Italia. Selain itu, kota ini juga satu-satunya daerah yang menawarkan pemilikan properti dengan 'skema rumah hanya 1 euro'.

Sumber: Lonely Planet

Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Sepak Terjang Putri Tanjung yang Berhasil Memikat Jokowi
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :