Dulu Kota Hantu, Sekarang Jadi Tempat Bersantai

Destination | Jumat, 20 November 2020 11:10
Dulu Kota Hantu, Sekarang Jadi Tempat Bersantai

Reporter : Ulyaeni Maulida

Sebuah kota mati di Australia disulap menjadi destinasi ekowisata keren.

Dream – Sebuah kota hantu di Australia dicanangkan menjadi salah satu objek wisata terbaru. Pemerintah setempat mengubahnya menjadi tujuan ekowisata yang nyaman.

Kota Cossack yang terbengkalai terletak sekitar 1.480 kilometer utara Perth, Australia Barat. Dulunya kota ini pernah menjadi pusat industri mutiara di era kolonial Inggris dan memiliki pelabuhan pertama di bagian barat laut.

Tetapi dalam beberapa dekade kemudian, pelabuhan baru lebih besar telah dibangun dan industri mutiara pindah ke Broome pada tahun 1950-an. Kondisi ini membuat populasi penduduk di kota itu berkurang drastis.

Koleksi bangunan bluestone abad ke-19 yang bersejarah pun masih tetap ada di Kota Cossack. Termasuk Museum Sejarah Sosial di gedung pengadilan tua kota.

Jalur pejalan kaki sepanjang 5 kilometer pun dibuat sedemikian rupa sekaligus dapat melihat banyak situs menarik.

2 dari 2 halaman

Tujuan Ekowisata

Ke depannya, Kota Cossack akan menjadi destinasi ekowisata yang berwawasan lingkungan bagi para wisatawan.

" Pertimbangan ini diambil sekaligus menjadi pengembangan pariwisata berdampak rendah dan tambahan seperti akomodasi ekowisata berkualitas tinggi, berkemah, kafe atau galeri," bunyi seruan pemerintah setempat.

Pembangunan kembali Kota Cossack memberikan pilihan beragam yang mencakup perkembahan dengan biaya rendah termasuk penyediaan tenda, karavan, dan kabin.

(Beq, Sumber: lonelyplanet.com)

Join Dream.co.id