Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Jelajahi Dubai dengan Budget di Bawah Rp 5 Juta? Ini Triknya

Jelajahi Dubai dengan Budget di Bawah Rp 5 Juta? Ini Triknya Beragam Destinasi Menarik Di Dubai (Foto: Dubai Tourism)

Dream - Dubai dikenal sebagai sebuah kota yang mewah. Namun jangan salah, ada banyak hal yang dapat dilihat dan dilakukan di kota menakjubkan ini tanpa perlu menghabiskan banyak uang.

Misalnya saja, menikmati sarapan sembari melihat kupu-kupu, berlayar melintasi The Creek, bersantap bersama warga lokal Emirati atau bahkan mempelajari sejarah Emirati sejak Zaman Besi.

Nah, berikut ini kami berikan panduan perjalanan buat Sahabat Dream Travel yang ingin menjelajah Dubai selama 3 hari, hanya dengan menghabiskan anggaran sebesar USD 350 atau di bawah Rp 5 juta.

1. Hari Pertama

Pagi

- Sarapan di Kedai Teh Khas Arab

Mulai hari kamu dengan bersantai dalam ketenangan dan kenyamanan dalam sebuah kedai teh khas Arab. Terletak di wilayah bersejarah Al Fahidi, di sisi Bur Dubai The Creek, kedai teh ini menyediakan berbagai macam hidangan, mulai dari beragam pilihan menu sarapan seperti sandwich yang menyehatkan, salad dan camilan, hingga kue kering.

Untuk menyegarkan dirimu, tersedia juga jus lemon mint serta lebih dari 100 jenis teh. Termasuk teh khas Arab yaitu percampuran antara teh hitam dengan buah-buahan dan ramuan herbal. Sarapan di kedai ini untuk 2 orang setidaknya akan menghabiskan biaya sebesar AED 80 atau IDR 280.000.

- Memulai pagi dengan menjelajahi wilayah tertua di Dubai

Museum interaktif Saruq Al-Hadid

Jelajahi salah satu situs arkeologi paling menarik dan misterius di Dubai dimana terdapat berbagai artefak yang baru saja ditemukan yang dapat menceritakan sejarah Dubai di Saruq Al Hadid. Museum yang baru dibuka ini mengajak kamu untuk melihat penemuan arkeologi misterius serta memamerkan harta karun unik dari masa lampau, termasuk benda pusaka, artefak emas, perunggu, dan besi, serta 900 objek lainnya.

Cermati pedang-pedang dan mata panah menakjubkan serta pameran video interaktif. Para pengunjung yang masih muda dapat mencoba langsung dalam membuat kerajinan tangan, menyusun rangka hewan, atau membantu para ahli memecahkan misteri. Biaya masuk ke tempat ini untuk 2 orang sebesar AED 40 atau IDR 145.000.

Tur Al Fahidi

Mengunjungi wilayah Al Fahidi merupakan kesempatan terbaik untuk mengetahui cara hidup lama warga Emirati Dubai yang tercermin dari bangunan tradisional dengan menara angin (Barajeel) yang dibangun menggunakan batu, gipsum, kayu jati, kayu cendana, dedaunan, dan kayu kelapa. Jelajahi gang-gang sempit, jalanan setapak dan balai kota, dan temukan keindahan Old Dubai.

Jangan lupa untuk mengunjungi area pameran seni, museum bersejarah, pusat kebudayaan (termasuk yang sangat direkomendasikan adalah Sheikh Mohammed Centre for Cultural Understanding) serta berbagai kafe unik, restoran, dan penginapan. Untuk menikmati semua itu, kamu tak perlu mengeluarkan biaya alias gratis.

Dubai Museum

Pengunjung Dubai Museum di benteng Al Fahidi dapat kembali ke masa lalu untuk melihat cara hidup orang Dubai. Adanya artefak, diorama, lukisan, diagram, media audio dan video membawa kehidupan sejarah Dubai menjadi nyata.

Museum ini pun dibagi menjadi beberapa area. Sebagai pusat museum ini merupakan area terbuka yang memamerkan kapal milik penduduk, rumah tradisional, dan benteng pertahanan zaman dahulu. Biaya masuk ke lokasi wisata ini untuk 2 orang adalah sebesar AED 6 atau IDR 22.000. 

Siang

- Makan Siang di Sheikh Mohammed Centre for Cultural Understanding

Nikmati hidangan tradisional sambil berbincang dengan warga lokal Emirati mengenai budaya, kebiasaan, dan agama Uni Emirat Arab yang akan membuka wawasan kamu di Sheikh Mohammed Centre for Cultural Understanding. Tempat ini terletak di menara angin tradisional di wilayah bersejarah Al Fahidi. Biaya masuknya untuk 2 orang sebesar AED 180 atau IDR 650.000.

- Berjalan santai di Deira

Spice Souk, Deira

Nikmati aroma ramuan herbal, rempah-rempah, dupa, dan produk kesehatan tradisional saat menjelajahi Deira Spice Souk. Souk ini juga menjual parfum Oud (agarwood), kacang, buah kering, serta souvenir khas Arab seperti pashmina dan barang rajutan. Para pedagangnya ramah dan bersedia untuk menjelaskan barang yang dijualnya. Jika berbelanja disini, kamu diharuskan untuk menawar. Dan yang pasti untuk masuk ke area ini kamu tak akan dikenakan biaya apapun alias gratis.

Bait Al Banat (Museum Perempuan)

Bait Al Banat menjadi tempat bersejarah penting pada tahun 1950 yang bila diterjemahkan memiliki arti 'Rumah Perempuan'. Museum ini didirikan untuk melestarikan sejarah perempuan di Uni Emirat Arab (UEA), menghilangkan stereotip, dan menunjukkan peran perempuan di UEA serta membantu membentuk budaya Emirati dan masyarakat.

Museum ini menawarkan pengenalan terhadap kehidupan perempuan UEA, melalui pameran 'Memory of the Place' yang menunjukkan kehidupan masa lalu di area Gold Souk Dubai. Ada juga pameran 'Diwan Ousha Bint Khalifa' yang menjadi wadah untuk mengapresiasi hasil karya puisi UEA. Tak ada biaya untuk masuk ke sini alias gratis.

Sore

- Menikmati Sore di Filli Tea Cafe, Naif

Lengkapi budaya Zafarani Chai Dubai dengan racikan teh uniknya yang dihidangkan bersama roti lapis dan shake, kafe ini berhasil menarik pengunjung dari berbagai negara dan menghidangkan hampir 2.000 cangkir teh per harinya.

Nikmati berbagai varian dari enam "FiLLi Teas", dan saat menemukan racikan yang sesuai dengan seleramu, cobalah memesan 'Paratha Bites', 'Fil Z Burgers', 'Toasted Crunchy Tortillas', 'Mind Blowing Feast 6' dan 'Hot n Spicy Samosas'. Untuk menikmati itu semua, setidaknya biaya yang harus dikeluarkan bagi 2 orang adalah AED 30 atau IDR 110.000.

- Makan Malam di XVA Art Hotel's Cafe

Tersembunyi di sudut Al Fahidi yang menawan, XVA Art Hotel and Cafe adalah sebuah tempat menarik dan unik yang menonjolkan sisi artistik dan budayanya. Kafe ini berada di area lapang terbuka dan menawarkan berbagai hidangan vegetarian terinspirasi dari hidangan khas Timur Tengah.

Termasuk kibbeh labu, kebab akar bit, burger terong, rose cheesecake, hingga es lemon mint yang menyegarkan. Untuk 2 orang, setidaknya kamu harus merogoh kocek sebesar AED 100 atau IDR 360.000.

Di hari pertama, pengeluaran yang harus kamu keluarkan hanya sebesar AED 436 atau IDR 1.500.000.

 

Pagi Hari di Masjid Jumeirah

2. Hari Kedua

Pagi

- Sarapan di pesisir pantai di Bageterie Boulevard, Kite Beach

Restoran cepat saji berkonsep moderen ini memiliki sentuhan Prancis, dimana para staf sangat ahli dalam membuat baguettes renyah dengan isian berkualitas tinggi dan unik. Baguettes ini pun selalu dipanggang secara langsung sehingga masih segar saat disajikan di hadapan kamu.

Hidangan yang disajikan di sini terinspirasi dari hidangan tradisional Eropa yang diubah menjadi cepat saji, cocok untuk memulai pagi di pesisir pantai. Di dalam menu juga terdapat sup, hidangan pencuci mulut, yoghurt, salad, dan hidangan untuk sarapan lainnya. Menu tersebut juga dilengkapi dengan es teh, kopi, minuman favorit seperti teh Karak dan teh mint Moroko. Untuk 2 orang, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar AED 80 atau 290.000.

- Pagi Hari di Masjid Jumeirah

Datang dan bergabung dalam suatu kesempatan unik untuk mempelajari kebudayaan dan agama Emirati di masjid yang nyaman, santai, dan terbuka ini. Masjid Jumeirah adalah salah satu dari dua masjid di Dubai yang terbuka untuk pengunjung non-muslim.

Salah satu bangunan indah di Dubai ini dapat menampung hingga 1.200 jamaah. Masjid ini dibangun sepenuhnya menggunakan batu putih di tradisi Fatimiyah Abad Pertengahan dimana terdapat dua menara yang membingkai masjid utama. Jangan lupa untuk membawa kamera saat ke sini! Biaya masuk ke sini untuk 2 orang adalah AED 40 atau IDR 145.000.

Siang

- Siang Hari di Ras Al Khor Wildlife Sanctuary

Diterjemahkan sebagai 'Cape of the Creek', Ras Al Khor terletak di bibir Dubai Creek dan menjadi salah satu area urban dilindungi di dunia, area penting untuk burung-burung yang bermigrasi di rute Afrika Timur ke Asia Barat. Tiga pusat penangkaran membentuk perimeter suaka marga satwa dimana terdapat aneka satwa seperti flamingo, grey herons, great egrets, reef herons, cormorants, black-winged stilts, sandpipers dan jenis burung lainnya.

Marga satwa ini terbentang seluas 6 kilometer persegi dan memiliki dataran garam, lumpur intertidal, mangrove dan laguna serta menjadi tempat bagi 20.000 burung air dan 67 spesies. Tempat ini juga menjadi habitat bagi lebih dari 500 spesies flora dan fauna dan menjadi salah satu suaka marga satwa yang memiliki manajemen paling baik di Timur Tengah. Tempat ini gratis bagi individu maupun keluarga.

Sore

- Sore hari dikelilingi air

The Dubai Fountain

Manjakan dirimu dengan pemandangan air mancur menari terbesar di dunia dimana pertunjukan air mancur menari akan diiringi dengan permainan musik dan cahaya lampu. Berada di 12 hektar Burj Khalifa Lake, air mancur ini dapat mengeluarkan air setinggi 150 meter yang setara dengan tinggi gedung 50 lantai.

Tinggi the Dubai Fountain adalah 275 meter yang berbentuk lima lingkaran beraneka ukuran dan dua sudut utama yang didesain oleh WET yang berbasis di California, pembuat yang sama dengan Fountains of Bellagio di Las Vegas. Pertunjukan sore akan dimulai pukul 6 sore dan akan berlangsung setiap 30 menit hingga 11 malam di hari biasa dan 11.30 malam pada akhir minggu. The Dubai Fountain gratis bagi pengunjung.

Dubai Canal

Nikmati sebuah pemandangan kota dengan sudut pandang baru melalui Dubai Water Canal, sebuah terusan air berukuran panjang 3,2 km yang terhubung dengan the Creek dan Teluk Arab melalui Business Bay. Terusan ini pun memiliki kawasan untuk pejalan kaki termasuk air terjun buatan, yang mengalir setiap sore dan dapat membelah secara otomatis agar kapal dapat lewat diantara terusan tersebut. Lima trotoar perjalan kaki dibuat melintasi Dubai Canal yang memungkinkan para pengunjung untuk menikmati pemandangan perkotaan Dubai. Kamu bisa menikmati itu semua secara gratis.

- Makan malam di Operation:Falafel

Menyempurnakan satu resep dalam satu waktu, Operation:Falafel adalah sebuah restoran yang tidak hanya menyajikan suatu hidangan yang dimasak dan ditata namun dibentuk secara khusus dan disajikan oleh chef yang merupakan ahli di bidang street food Arab di sebuah restoran yang modern.

Hidangan spesial restoran ini adalah pita yang disajikan dengan falafels gurih yang dibalur dengan saus tahini dan salad. Setiap hidangannya dibuat dan dikreasikan secara sempurna. Untuk 2 orang setidaknya kamu akan membutuhkan biaya sebesar AED 70 atau IDR 255.000.

Perjalanan hari kedua di Dubai hanya akan menghabiskan biaya sebesar AED 290 / IDR 1.050.000.

 

 

Berjalan Santai di Area Al Serkal Avenue

3. Hari Ketiga

Pagi

- Sarapan di Hapi

Hapi adalah sebuah kafe sehat dan ramah lingkungan terbaru di Dubai, namun kata mentah dan vegan tidak masuk dalam kamus HAPI. Dengan satu mangkok telur, kaldu bernutrisi yang disajikan dengan roti bap, sirloin steak, atau salmon asap dengan potato wedges manis and es krim lembut di dalam menu, HAPI menganut filosofi makan, bergerak, dan bermain. Tidak pernah berkompromi soal rasa, HAPI selalu memperhatikan kesegaran dan kesehatan hidangan. Makan di sini untuk 2 orang akan menghabiskan biaya sebesar AED 100 atau IDR 360,000.

- Berjalan santai di area Al Serkal Avenue

Alserkal Avenue adalah tempat bagi seni modern dan kontemporer berkumpul di bangunan yang bergaya seperti gudang di daerah industry Al Quoz. Selain galeri terkemuka seperti Carbon 12 Dubai, Isabelle Van den Eynde Gallery dan Green, kamu juga dapat menemukan Salsali Private Museum, museum pribadi pertama Dubai, serta beragam restoran dan kafe.

Area ini juga merupakan tempat bagi Satellite, sebuah ruang seni yang mendukung para seniman lokal, regional, dan internasional ke galeri tersebut dan memberikan kesempatan, waktu, dan ruang untuk menghasilkan suatu karya baru dan original. Tempat ini bisa dikunjungi secara gratis.

Siang

- Makan siang di Restoran Maraheb, Global Village

Menciptakan sebuah pengalaman bersantap yang tak terlupakan dan masuk ke dalam budaya Arab dan hidangannya, Maraheb khusus menyajikan Mandi, hidangan yang berasal dari Yaman. Mandi mendapatkan namanya dari Bahasa Arab 'nada' (artinya embun), dikarenakan oleh nasi yang dimasak dengan sempurna bersama daging yang lembut dan bawang, yang dimasak dengan kunyit, kapulaga dan cengkeh. Makan di sini untuk 2 orang hanya akan menghabiskan biaya sebesar AED 100 atau IDR 360.000.

- Siang hari di Dubai Miracle Garden

Kamu pasti terpukau dengan keajaiban dunia di Dubai Miracle Garden. Terletak di Al Barsha Selatan, taman sebesar 72.000 meter persegi ini adalah taman bunga terbesar di Timur Tengah dengan lebih dari 45 juta bunga bermekaran yang dipamerkan dengan bentuk dan desain yang menarik dan menawan. Nikmati pemandangan piramida, bintang, igloo, dan hati yang bermekaran, serta dinding bunga pemecah rekor, atau berjalan santai di bawah payung berwarna-warni. Masuk ke sini untuk 2 orang, kamu hanya harus merogoh kocek sebesar AED 80 atau IDR 300.000.

Sore

- Sore Hari di Global Village

Global Village adalah destinasi wisata kebudayaan dan hiburan keluarga terbaik dengan cara berbelanja yang unik dengan adanya 70 negara yang berpartisipasi di lebih dari 36 paviliun. Menawarkan berbagai pilihan hidangan internasional dimana juga terdapat atraksi menegangkan di Global Village's Fantasy Island. Destinasi belanja tahunan ini dibuka dari November hingga April. Biaya masuk untuk 2 orang adalah sebesar AED 30 atau IDR 110.000.

- Makan malam di pesisir pantai di Bu Qtair

Berlokasi di area perumahan di Jumeirah Road, melupakan sejenak kemegahan Burj Al Arab, tidak ada reservasi di restoran seafood ini–siapa yang datang terlebih dahulu yang akan dilayani pertama. Kamu dapat mengantre dari pukul 7 malam.

Salah satu restoran favorit bagi warga Dubai ini menyediakan ikan bawal, udang pedas, dan ikan hammour lokal yang dibumbui sedikit pedas sebelum digoreng dan disajikan bersama nasi atau prata dan saus kari. Bu Qtair sudah berdiri selama dua dekade dan selalu menyediakan hidangan laut yang segar dengan harga terjangkau. Makan di sini untuk 2 orang hanya membutuhkan anggaran sekitar AED 100 atau IDR 360.000.

Petualangan hari ketiga di Dubai hanya akan menghabiskan anggaran sebesar AED 410 / IDR 1.500.000.

Nah, setelah melihat rangkaian panduan perjalanan di atas, sekarang Sahabat Dream Travel percaya kan kalau ternyata jalan-jalan di Dubai itu nggak selalu harus mahal. Budget liburan bisa diminimalisasi, asalkan kita cermat dalam memilih dan menentukan destinasi mana saja yang bakal dikunjungi.

Semoga panduan tersebut bermanfaat ya buat Sahabat semua dan segera saja deh rencanakan liburanmu ke Dubai. 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
4 Persiapan Penting Agar Traveling di Dubai Lebih Seru

4 Persiapan Penting Agar Traveling di Dubai Lebih Seru

Nikmati petualangan yang penuh dengan pengalaman tak terlupakan di Dubai.

Baca Selengkapnya
Jelajah Dubai Cuma 24 Jam, Sensasi Traveling Makin Sempurna

Jelajah Dubai Cuma 24 Jam, Sensasi Traveling Makin Sempurna

Biasanya, masyarakat Indonesia singgah di Dubai usai jalani perjalanan Umrah.

Baca Selengkapnya
Liburan Mencekam Keluarga Anang Hermansyah Dikepung Banjir di Dubai: Air Keluar dari Plafon Parkir Mall, Zikir Sepanjang Jalan

Liburan Mencekam Keluarga Anang Hermansyah Dikepung Banjir di Dubai: Air Keluar dari Plafon Parkir Mall, Zikir Sepanjang Jalan

Keluarga Anang Hermansyah terjebak banjir di Dubai saat kunjungi mal.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Daftar 10 Negara yang Dinobatkan Jadi Destinasi Bisnis Terbaik Dunia

Daftar 10 Negara yang Dinobatkan Jadi Destinasi Bisnis Terbaik Dunia

Inilah 10 negara yang dinobatkan jadi destinasi bisnis terbaik dunia

Baca Selengkapnya
Lakukan Pemetaan Dasar Samudera, Ilmuwan Temukan Gunung Setinggi 2 Kali Burj Khalifa Tersembunyi di Bawah Laut

Lakukan Pemetaan Dasar Samudera, Ilmuwan Temukan Gunung Setinggi 2 Kali Burj Khalifa Tersembunyi di Bawah Laut

Penemuan gunung bawah laut tingginya 2 kali Burj Khalifa di kedalaman Samudera Pasifik

Baca Selengkapnya
Cara Baru Menikmati Traveling ke Singapura dan Kuala Lumpur

Cara Baru Menikmati Traveling ke Singapura dan Kuala Lumpur

Kamu bisa merasakan sensasi baru traveling ke dua negara itu selama enam hari lima malam.

Baca Selengkapnya
25 Destinasi Terbaik Bulan Madu 2024 Versi Tripadvisor, Bali Nomor Satu Disebut Surga Indonesia bak Fantasi

25 Destinasi Terbaik Bulan Madu 2024 Versi Tripadvisor, Bali Nomor Satu Disebut Surga Indonesia bak Fantasi

Bali menempati posisi puncak sebagai destinasi terbaik untuk bulan madu

Baca Selengkapnya
4 Trik Berburu Tiket Pesawat Termurah untuk Pulang Kampung

4 Trik Berburu Tiket Pesawat Termurah untuk Pulang Kampung

Beli tiket lebih mudah untuk perjalanan selama Ramadan dan Lebaran dengan melakukan 4 tips sederhana.

Baca Selengkapnya
Kisah Penumpang Pesawat Terjebak Banjir di Dubai, Tak Ada Makanan, Bandara Mewah Berubah Jadi 'Tempat Pengungsian'

Kisah Penumpang Pesawat Terjebak Banjir di Dubai, Tak Ada Makanan, Bandara Mewah Berubah Jadi 'Tempat Pengungsian'

Ketika transit untuk bertolak ke Tokyo, mereka tidak bisa terbang dan terjebak di sana selama 13 jam

Baca Selengkapnya