Menikmati Pantai Selatan Pacitan, Pesona Pembuat Takjub

Destination | Kamis, 3 Oktober 2019 11:11

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Pacitan punya banyak pantai mempesona yang wajib dikunjungi.

Dream - Kawasan selatan Pulau Jawa menawarkan pemandangan yang sangat mempesona. Setiap kabupaten di kawasan ini selalu menarik dikunjungi.

Salah satu kabupaten itu adalah Pacitan yang terletak di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah. Memiliki banyak sekali gua, Pacitan mendapat julukan sebagai Kota 1001 Gua. 

Letaknya yang tepat di pesisir Selatan membuat Pacitan memiliki banyak sekali pantai yang cantik dengan debur ombak yang kencang. Pantai-pantai tersebut sangat pas untuk melepas penat. 

Banyak pantai terkenal di Pacitan, mulai dari Klayar, Teleng Ria, Watukarung, dan sebagainya. Bahkan masih banyak pantai tersembunyi dengan pemandangan tak kalah menarik. 

Bagi Sahabat Dream yang hendak berlibur ke Pacitan, coba kunjungi 10 pantai di bawah ini, dijamin akan membuat liburan kalian tambah berkesan.

Menikmati Pantai Selatan Pacitan, Pesona Pembuat Takjub
Pantai Klayar (Sumber: Shutterstock)
2 dari 6 halaman

Pantai Kasap dan Watukarung

Pantai Kasap 

Tempat satu ini mungkin masing asing dibandingkan pantai-pantai populer seperi Klayar dan Teleng Ria. Eits, jangan salah. Pemandangan Pantai Kasap sangat indah dan unik. Banyak yang bilang mirip Raja Ampat.

Pantai ini masih satu kawasan dengan Watukarung, tepatnya di Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku. Pemandangan senja di pantai ini sangat khas dan indah, dijamin tak akan menyesal bermalam di sini.

Pantai Watukarung

 Pantai di Pacitan
© http://pacitantourism.net/category/destinasi/wisata-pantai/

Tak jauh dari Pantai Kasap, ada satu pantai yang terkenal dengan ombaknya. Pantai Watukarung jadi idola bagi para peselancar dunia karena punya ombak yang menantang.

Selain itu, pantai ini punya pasir putih dan pemandangan yang indah. Fasilitas di pantai ini juga cukup lengkap, ada penginapan, persewaan alat selancar, dan fasilitas wisata lainnya.

Sedangkan untuk akses ke Watukarung cukup sulit, karena hanya bisa dijangkau dengan mobil tertentu dan sepeda motor saja.

3 dari 6 halaman

Pantai Srau dan Pancer Dorr

Pantai Srau

Kebanyakan pantai di Pacitan punya lanskap indah dengan hiasan batu dan tebing karang. Begitu pula dengan Pantai Srau yang berlokasi di Dusun Srau, Desa Candi, Kecamatan Pringkuku.

Pantai ini punya tanda ikonik yaitu lubang di tebing karangnya. Srau juga cocok untuk berselancar karena ombaknya yang cukup besar.

Akses ke pantai ini hampir sama dengan menuju Watukarung, kurang lebih 1.5 jam dari pusat Kota Pacitan. Tapi, harus berhati-hati karena ada beberapa jalur yang sempit, menanjak dan terjal.

Pantai Pancer Dorr

 Pantai di Pacitan
© http://pacitantourism.net/category/destinasi/wisata-pantai/

Pantai Pancer Dorr terkenal dengan ombak menantang yang tinggi dan kedalamannya landau. Sangat pas untuk berselancar. Selain itu, pemandangan di pantai ini tak kalah indah dengan pantai Pacitan lainnya.

Bagi wisatawan yang ingin menginap di pantai ini tak perlu khawatir. Di kawasan ini sudah banyak penginapan dan berbagai fasilitas wisata lainnya.

4 dari 6 halaman

Pantai Kali Uluh dan Pidakan

Pantai Kali Uluh

Perpaduan pantai dan kesejukan sawah bisa Sahabat Dream dapatkan di Pantai Kali Uluh. Pantai ini berlokasi di Desa Klesem, Kecamatan Kebonagung. Di sekitar pantai ini, wisatawan akan disuguhi pemandangan hijau sawah yang berjajar rapi.

Selain bisa berselancar, di pantai ini wisatawan juga bisa datang ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dan membeli ikan segar. Akses menuju pantai ini sudah memadai, kendaraan pribadi bisa lewat Jalur Lingkar Selatan (JLS) menuju arah Sidomulyo dan belok kiri setelah sampai di Flyover Gayam.

Pantai Pidakan

 Pantai di Pacitan
© http://pacitantourism.net/category/destinasi/wisata-pantai/

Kalau Sahabat Dream tak ingin ribet mencari pantai indah, ada rekomendasi pantai yang aksesnya sangat mudah. Tempat itu adalah Pantai Pidakan. Pantai ini memiliki pemandangan unik, minim pasir dan lebih banyak bebatuan pantai di sepanjang bibir pantainya.

Walau begitu, pemandangan pantai ini tak kalah indah. Fasilitas di kawasan pantai ini juga lengkap, dari kamar mandi, penginapan hingga mushola.

Aksesnya sangat mudah, lewat JLS, dan perhatikan sisi kanan jalan ketikan memasuki wilayah Pantai Soge, dan tinggal ikuti petunjuk jalan saja.

5 dari 6 halaman

Pantai Soge dan Tawang

Pantai Soge

Tak jauh dari Pantai Pidakan, ada satu pantai yang disebut-sebut sebagai Kuta-nya Jawa. Nama tempat itu adalah Pantai Soge.

Pantai Soge punya kawasan pasir yang luas dan tekstur pasir lembut. Letaknya berada tepat di pinggir Jalan Lintas Selatan, jadi aksesnya sangat mudah.

Ombak di pantai ini sangat tenang, cocok untuk bersantai dan menikmati matahari terbenam sambil menikmati es degan.

Pantai Tawang

 Pantai di Pacitan
© http://pacitantourism.net/category/destinasi/wisata-pantai/

Kalau pantai-pantai sebelumnya cocok untuk berselancar, pantai satu ini punya suasana berbeda. Lokasinya berada di teluk di ujung timut Pacitan, tepatnya di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo.

Pantai ini dipenuhi dengan kapal-kapal nelayan yang siap melaut, dan dihiasi perbukitan hijau yang asri. Pantai Tawang sangat cocok untuk bersantai, menikmati pemandangan laut lengkap dengan ikan segar yang siap disantap.

6 dari 6 halaman

Pantai Teleng Ria dan Taman

Pantai Teleng Ria

Dua rekomendasi pantai selanjutnya lebih cocok untuk liburan keluarga. Pantai Teleng Ria punya suasana tenang, kawasan pasir yang luas dan ombaknya tenang, sangat cocok untuk bermain bersama anak-anak.

Salah satunya kawasan Pantai Wisata Teleng Ria, yang sudah dilengkapi dengan fasilitas hiburan keluarga dan anak.

Akses menuju pantai ini juga sangat mudah dan dekat dari pusat kota, bahkan bis wisata bisa masuk ke kawasan pantai ini.

Pantai Taman

 Pantai di Pacitan
© http://pacitantourism.net/category/destinasi/wisata-pantai/

Satu lagi pantai di Pacitan yang cocok jadi destinasi wisata keluarga, yaitu Pantai Taman. Di pantai ini terdapat banyak fasilitas wisata, seperti penangkaran penyu hingga wahana permainan flying fox dengan panjang 450 meter.

Tapi sayangnya akses ke pantai ini belum bisa dimasuki bus pariwisata, dan hanya bisa diakses dengan mobil dan motor saja. Walau begitu, wisata pantai ini dijamin akan membuat seluruh anggota keluarga bersenang-senang.

Sumber: Pacitan Tourism

Join Dream.co.id