Jabar Bangun Masjid Apung Rp1 Triliun, Desainnya Bikin Takjub

Destination | Jumat, 22 Desember 2017 16:11
Jabar Bangun Masjid Apung Rp1 Triliun, Desainnya Bikin Takjub

Reporter : Puri Yuanita

Diperkirakan bangunan masjid ini akan dapat menampung sekitar 50 ribu jamaah. Masya Allah.....

Dream - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat akan membangun Masjid Raya Provinsi yang dirancang di atas danau. Rencananya masjid megah yang dibangun menggunakan rumus matematika itu akan diberi nama Al-Jabbar. Pembangunan masjid mulai direalisasikan tahun 2017 dan ditargetkan selesai pada tahun 2018.

Masjid terapung ini rencananya akan berdiri di atas danau buatan Gedebage, Bandung. Bangunan masjid ini berbentuk persegi dengan ukuran 99 x 99 meter. Diperkirakan bangunan masjid dapat menampung sekitar 50 ribu jamaah. Selain sebagai tempat beribadah, masjid ini juga dilengkapi fasilitas untuk kegiatan dakwah Islam seperti museum.

" Nanti di sini bisa untuk manasik, ada juga Museum Asmaul Husna, Museum Nabi Muhammad SAW, sejarah Islam Indonesia, sejarah Islam Jabar. Ada tempat untuk menginap, pelatihan, perpustakaan, pertemuan dan seminar," ujar Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher).

Masjid megah ini dibangun menggunakan APBD Jawa Barat tahun 2017, jumlahnya diperkirakan mencapai Rp600 miliar sampai Rp1 triliun. Selain dimanfaatkan untuk membangun masjid, danau buatan ini juga dirancang untuk memenuhi kebutuhan air baku Kota Bandung setara 15 meter kubik per detik. Ada 21 hektare total lahan yang dibebaskan, 10 hektare di antaranya digunakan untuk badan air danau buatan Gedebage dengan kedalaman 3 meter dan bisa menampung air hujan.

Terkait pembangunan masjid terapung di Jabar ini, Walikota Bandung Ridwan Kamil juga pernah berkomentar lewat akun Instagramnya. Dalam akun Instagramnya, Kang Emil mengunggah beberapa foto desain Masjid Terapung Gedebage itu.

" Kualitas hidup kita diukur dari tindakan-tindakan nyata kita. Selamat berkarya di hari senin ini. foto: Masjid terapung Gedebage untuk Propinsi Jawa Barat. Di atas danau pengendali banjir. Karya desain tahun 2015," tulis Ridwan Kamil.

Berikut foto-foto unggahannya:

 masjid terapung
© dream

 masjid terapung
© dream

 masjid terapung
© dream

(Sumber: bandung.merdeka.com)

 

Join Dream.co.id